Anak mudah merasa minder? Ini cara untuk meningkatkan rasa percaya dirinya

Anda sebagai orangtua adalah kunci utama dalam membentuk karakter anak

673 views   |   6 shares
  • Tiap orangtua pasti berharap memiliki anak dengan rasa percaya diri tinggi. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata si anak justru tumbuh menjadi pribadi gampang minder, pemalu dan juga penakut. Tentunya sebagai orangtua Anda tidak akan tinggal diam, membiarkan buah hati Anda menghadapi situasi semacam ini seorang diri.

  • Rendahnya rasa percaya diri pada seorang anak akan membuat anak mengalami kesulitan saat bersosialisasi. Tidak hanya itu, dampak negatif dari rasa kurang percaya diri akan membuat anak kesulitan ketika mencari pekerjaan layak dan mungkin jodoh yang ia dambakan saat sudah dewasa nanti.

  • Meningkatkan rasa percaya diri pada seorang anak bukanlah perkara mudah, butuh kesabaran dan pendampingan secara terus menerus dari kedua orangtua. Seorang psikolog dan juga tim dokter dari laman Dokita.com, Dra. Lidwina Banowati, M. Psi, memiliki sejumlah resep yang bisa orangtua terapkan untuk membantu anak-anak meningkatkan rasa percaya dirinya.

  • 1. Berikan motivasi serta dukungan pada anak sejak dini

  • Cara paling mudah dan sangat disarankan untuk mengajar kepada anak apa itu "percaya diri" adalah saat mereka mulai belajar berjalan. Pada masa ini anak-anak masih dipenuhi dengan keraguan terhadap kemampuan dirinya. Oleh karena itu, motivasi serta dukungan dari kedua orangtua mampu menyadarkan anak akan potensi dirinya, sehingga dengan sendirinya mampu meningkatkan keberanian serta rasa percaya diri anak.

  • 2. Berikan pujian dengan tulus

  • Anak-anak butuh pujian, pujian demi pujian yang orangtua berikan secara tulus mampu menumbuhkan rasa bangga dan memotivasi mereka untuk menjadi lebih penuh percaya diri. Namun, pujian yang orangtua berikan hendaknya memiliki alasan, sebisa mungkin hindari memberikan pujian untuk tujuan-tujuan (negatif) tertentu, seperti: Membohongi anak, mendukung kenakalan anak atau membujuk anak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan norma-norma.

  • 3. Bantu anak menyadari kelebihannya

  • Setiap anak memiliki talenta masing-masing. Karenanya, orangtua diharapkan mampu mengenali apa potensi terbaik yang dimiliki oleh buah hatinya. Bantu anak-anak untuk mengembangkan talenta mereka dan mintalah mereka untuk selalu mensyukuri apa yang telah dikaruniakan oleh Tuhan kepada dirinya.

  • 4. Berikan tanggung jawab kepada anak

  • Ketika anak-anak beranjak semakin besar berikan tanggung jawab kepada mereka, Anda juga tidak perlu terlalu banyak melarang saat anak-anak ingin melakukan sesuatu yang ingin mereka lakukan. Kebebasan semacam ini mampu melatih rasa tanggung jawab serta keberanian mereka, anak-anak pun tidak perlu lagi khawatir dibayang-bayangi oleh kemarahan Anda.

  • Advertisement
  • 5. Jangan memarahi anak karena gagal melakukan sesuatu

  • Ada kalanya saat ingin mencoba melakukan sesuatu anak-anak mengalami kegagalan, kegagalan yang mereka alami sebetulnya adalah bagian dari proses belajar. Anak-anak masih memiliki peluang untuk berhasil, di sinilah ketelatenan serta kesabaran Anda sebagai orangtua sedang diuji. Jangan pernah memarahi anak karena tidak mampu menyelesaikan apa yang seharusnya bisa ia lakukan. Sebaliknya, kemarahan Anda justru akan membuat anak semakin kehilangan rasa percaya dirinya dan menganggap bahwa dirinya lemah.

  • 6. Libatkan anak dalam komunikasi aktif

  • Membangun rasa percaya diri anak bisa orangtua lakukan melalui komunikasi secara aktif, orangtua bisa menanyakan atau sekedar mengajak buah hatinya berdiskusi dalam upaya menyelesaikan perkara-perkara ringan. Kedekatan dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara orangtua dan anak mampu meningkatkan pemahaman anak dan dengan sendirinya meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Anak mudah merasa minder? Ini cara untuk meningkatkan rasa percaya dirinya

Anda sebagai orangtua adalah kunci utama dalam membentuk karakter anak
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr