Si kecil ingin memelihara anjing di rumah. Apa yang perlu dipersiapkan?

Sebelum mengabulkan atau menolak idenya, pertimbangkan dulu 5 hal ini masak-masak.

130 views   |   shares
  • Teman terbaik manusia, si bulu lebat yang menggonggong ceria dan menggoyangkan ekornya. Anjing adalah hewan peliharaan yang begitu digemari karena aktif, loyal, dan membangkitkan semangat. Kehadiran anjing peliharaan di rumah juga dapat mendatangkan energi positif bagi penghuninya, termasuk kepada anak-anak.

  • Anjing dapat menghindarkan anak dari depresi dan kesepian. Karakter enerjiknya juga membantu anak menggerakkan fisiknya dan mengembangkan aneka keterampilan motorik. Memelihara anjing juga membantu anak belajar arti tanggung jawab dengan menjaga kesehatan dan hidupnya. Bermain dengan anjing, rupanya juga dapat mengurangi agresivitas dan hiperaktif pada anak berkebutuhan khusus.

  • Tatkala si kecil mengajukan keinginannya untuk memelihara anjing, meskipun dengan berbagai manfaat yang akan tersedia, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa aspek sebelum memutuskan mengabulkan atau menolaknya. Berikut 5 hal yang dapat Anda pikirkan dan diskusikan sebelum mengadopsi penghuni baru keluarga Anda:

  • 1. Dampak kesehatan

  • Binatang peliharaan seyogyanya tidak hanya menghadirkan kebahagiaan dan kegembiraan, namun juga berdampak sekecil mungkin terhadap kesehatan. Anda perlu memeriksa riwayat alergi anggota-anggota keluarga Anda dengan melakukan tes alergi atau penelusuran medis. Adakah yang mengidap alergi bulu hewan? Sudahkah para anggota keluarga mendapatkan vaksinasi lengkap, termasuk rabies? Pelajari lengkap apa saja dampak pemeliharaan anjing terhadap kesehatan, termasuk penyakit-penyakit yang mungkin dihantarkannya dan bagaimana cara pencegahannya.

  • 2. Tempat tinggal yang memadai

  • Salah satu kewajiban dari empunya anjing peliharaan adalah menyediakan rumah yang layak untuk si teman berbulu. Rumah tidak hanya sebagai tempatnya bernaung dari panas hujan dan siang malam. Anda perlu menyediakan sarana rekreasi untuknya supaya ia tidak stres dan dapat beraktivitas dengan leluasa. Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang sempit, sebaiknya Anda menunda dulu rencana memelihara anjing ini. Ia perlu lahan yang cukup dan nyaman untuk menjalani hari-harinya.

  • Advertisement
  • 3. Tujuan pemeliharaan

  • Tidak semua jenis anjing akan menjadi teman yang bersahabat. Anda perlu bertanya kepada seluruh keluarga, apa tujuan utama Anda memelihara anjing? Sebagai kawan bermain? Penjaga rumah yang gagah? Si cantik yang akan mengikuti lomba-lomba? Berdiskusi dengan pembiak anjing juga akan membantu Anda sekeluarga mendapatkan informasi mengenai anjing apa yang cocok dengan karakter keluarga dan tujuan pemeliharaan. Lengkapi dengan informasi penanganan yang perlu dikuasai untuk menenangkan anjing yang memang dalam kondisi tak bersahabat demi kenyamanan dan keamanan keluarga. Salah satunya dengan mengetahui perintah-perintah dasar kepatuhan anjing, seperti yang dipraktikkan oleh sang Dog Whisperer terkemuka, Cesar Milan.

  • 4. Tanggung jawab pemeliharaan

  • Meskipun memelihara anjing tak sama dengan merawat bayi, Anda tetap harus memastikan secara rinci pembagian tanggung jawab pemeliharaannya dalam keluarga. Sederet rutinitas telah menanti, baik kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, tidur, hingga kegiatan bermain sebagai rekreasi dan perawatan jika sang anjing berkembang biak. Apakah seluruh anggota keluarga setuju untuk ambil bagian dalam perawatan Guguk tersayang? Tak hanya kegiatan di rumah, namun juga dalam kunjungan ke luar rumah seperti tempat-tempat umum dan fasilitas kesehatan serta perawatan. Pastikan keputusan pemeliharaan ini diambil berdasarkan kerelaan dari semua anggota keluarga untuk menyisihkan waktu dan perhatian kepada anjing peliharaan tersayang.

  • 5. Kesiapan biaya

  • Memelihara dan membesarkan hewan peliharaan tentu membutuhkan biaya ekstra. Mulai dari kebutuhan makan harian, produk perawatan, biaya vaksinasi, aneka aksesoris, hingga bagaimana jika jumlahnya bertambah karena berkembang biak. Perencanaan keuangan terhadap hewan peliharaan ternyata perlu dilakukan. Termasuk memasukkan anjing peliharaan Anda ke dalam asuransi. Pertanyaannya adalah apakah keuangan keluarga Anda memungkinkan untuk memiliki tambahan anggota keluarga? Bagaimana nasibnya jika keluarga Anda tidak lagi bersatu atau Anda meninggal dunia? Pastikan anjing keluarga Anda tidak begitu saja terlantar atau hidup mengenaskan karena keteledoran Anda merancang masa depannya.

  • Advertisement
  • Memelihara hewan tidak cukup hanya bermodalkan kasih sayang. Anda perlu memastikan bahwa secara nyata, ia ternafkahi dengan layak dan mendapatkan kehidupan yang baik. Berikan pengertian kepada Si Kecil, apabila ternyata keinginannya ini tidak dapat terpenuhi karena satu dan lain hal, ia masih tetap dapat menyalurkan kasih sayangnya kepada hewan-hewan tanpa memelihara. Biarkan ia memahami bahwa ini adalah bentuk rasa syukur kepada ciptaan Yang Kuasa yang perlu selalu dipupuk demi keharmonisan hidup di dunia.

Bantu kami menyebarkan

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Si kecil ingin memelihara anjing di rumah. Apa yang perlu dipersiapkan?

Sebelum mengabulkan atau menolak idenya, pertimbangkan dulu 5 hal ini masak-masak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr