Kenali penyebab gusi Anda berdarah setiap kali menggosok gigi

Gusi berdarah setiap kali Anda menggosok gigi? Jangan-jangan...

1,034 views   |   3 shares
  • Pernahkah Anda mengalami atau melihat adanya darah yang keluar ketika Anda sedang menggosok gigi Anda? Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal ini, memang tidak selalu terasa sakit namun Anda akan dapat melihat darah yang bercampur dengan busa dari pasta gigi ketika sedang menggosok gigi Anda. Cara menggosok gigi yang terlalu keras akan dapat melukai gusi dan menyebabkan berdarah dan jenis sikat gigi yang kurang baik bagi rongga mulut juga dapat menyebabkan benturan pada gusi yang mengakibatkan gusi terluka dan berdarah. Tetapi ternyata gusi berdarah yang sering terjadi ketika saat menggosok gigi ini dapat menjadi tanda penyakit tertentu yang harus penting diperhatikan agar kita dapat selalu menjaga kesehatan rongga mulut.

  • Gusi berdarah dapat diketahui juga dari ciri-ciri gusi yang memerah atau bengkak, dalam kondisi seperti ini gusi dapat mengeluarkan darah meski tidak sedang menggosok gigi. Selain dapat menjadi gejala seperti gingivitis atau radang gusi, berdarahnya gusi juga dapat membuat masalah utama terhadap bau mulut. Selain itu ada beberapa penyebab lain juga yang dapat menyebabkan gusi berdarah seperti dikutip dari women's health edisi minggu 27 november 2016, yaitu:

  • 1. Lupa menggosok gigi

  • Lupa untuk membersihkan dan menggosok gigi dapat membuat bakteri tumbuh dengan cepat di dalam rongga mulut yang dapat mengakibatkan plak dan melukai gusi.

  • 2. Pengaruh hormon

  • Pada wanita, hormon yang berubah saat pubertas, hamil, menstruasi berpengaruh pada kesensitifan gusi. Potensi timbulnya plak yang dapat memicu gusi berdarah menjadi sangat mudah.

  • 3. Stres, kurang tidur dan diet

  • Stres, kurang istirahat dan makan makanan kurang sehat karena berdiet juga dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini dapat memicu terjadinya gusi berdarah.

  • 4. Efek obat-obatan

  • Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi oleh manusia memiliki efek samping yang membuat mulut menjadi kering. Dengan kondisi mulut yang kekurangan air liur menyebabkan bakteri yang berada di dalam mulut menjadi berkembang lebih tinggi jumlahnya sehingga dapat membuat gusi membengkak dan berdarah.

  • 5. Pertanda bahaya

  • Gusi berdarah dan bengkak yang berlangsung lama, bahkan jika sampai memakan waktu berminggu-minggu sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter. Hal ini dapat menjadi pertanda gejala penyakit yang mungkin belum diketahui sebelumnya seperti diabetes, leukemia atau pun HIV.

  • Advertisement
  • Demikian beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan gusi berdarah, bagaimanapun kesehatan area rongga mulut memang harus dijaga kesehatannya dengan selalu rajin menggosok gigi secara teratur dengan baik dan benar, serta rajin memeriksakan kesehatannya ke dokter selama periode tertentu. Selain itu, banyak mengonsumsi vitamin khususnya vitamin C juga dapat membantu untuk memberikan daya tahan pada tubuh untuk bertahan dari segala macam serangan penyakit yang tidak kita inginkan. Namun jika memang tidak disebabkan oleh penyakit yang serius, gusi berdarah biasanya dapat sembuh dengan cepat, dan akan sangat berbeda jika berdarahnya gusi akibat suatu gejala penyakit yang lebih berat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kenali penyebab gusi Anda berdarah setiap kali menggosok gigi

Gusi berdarah setiap kali Anda menggosok gigi? Jangan-jangan...
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr