Ternyata, ini resep menjalani pernikahan yang harmonis untuk para istri

Bangunlah tim yang solid bersama suami menuju rumah tangga yang kuat dan tak tergoyahkan

2,891 views   |   26 shares
  • Apakah Anda pernah merasa sangat jengkel kepada suami? Rasa jengkel merupakan hal yang wajar dan itu menandakan emosi Anda masih normal. Namun, akibat terlalu jengkel tidak sedikit wanita yang kemudian justru berubah benci kepada suaminya, bahkan hingga menggugat cerai sang suami dengan alasan sudah tidak ada lagi kecocokan.

  • Senada dengan hal tersebut, kepala Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama, Muharam Marzuki, mengatakan "Dari 2 juta pasangan menikah sebanyak 15 hingga 20% berakhir dengan perceraian. Berdasarkan data dari Badan Peradilan Agama, Mahkamah Agung (MA), dalam lima tahun terakhir kasus cerai gugat mencapai 59 hingga 80%. Kementerian Agama khawatir sebab jumlah kasus cerai gugat jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan cerai talak atau cerai biasa. Hal ini pula menunjukkan para istri yang paling mendominasi melakukan gugatan cerai ketimbang suaminya."

  • Adakah suami yang sempurna?

  • Sangat jelas, tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna, seorang suami hanyalah lelaki biasa yang memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan. Oleh karena itu, mengharapkan suami menjadi sosok yang sempurna tentu saja sangat mustahil.

  • Lantas apa yang harus dilakukan?

  • Rumusnya sangat sederhana, sadari tidak ada seorang pun yang sempurna. Ketika dengan rendah hati seorang istri mau menerima kelemahan suaminya, maka niscaya perasaan ikhlas akan selalu dimiliki.

  • Mengapa seorang istri tidak boleh pisah dari sang suami?

  • Indahnya sebuah pernikahan tidak hanya dinilai dari seberapa romantis hubungan Anda berdua. Ada beberapa alasan lain yang tidak kalah penting yang sebaiknya Anda renungkan, sehingga Anda bisa menyadari betapa berharganya kehadiran suami di sisi Anda.

  • 1. Suami adalah sahabat dan rekan terbaik Anda

  • Setiap istri yang menganggap suami mereka sebagai sahabat terbaik memiliki level kebahagiaan hidup paling impresif. Seorang peneliti dari Departement of Finance Canada, Shawn Grover, sebagaimana dimuat dalam laman Huffington Post, mengatakan "Memiliki pasangan yang bisa diajak bicara dan pendengar yang baik merupakan anugerah yang menenangkan dan mampu membuat Anda optimis dalam menghadapi kehidupan." Faktanya, para wanita yang merasakan dan mengaku bahwa suami mereka adalah sahabat terbaik, memiliki usia pernikahan paling lama dan langgeng.

  • 2. Suami adalah ayah dari anak Anda

  • Banyak wanita berpikir dirinya mampu menjadi seorang single parentdan menganggap kehadiran seorang suami tidaklah terlalu penting. Namun demikian tidak dengan anak-anak, anak-anak sangat membutuhkan kehadiran sosok ayah dalam kehidupannya. Anak-anak membutuhkan sosok teladan yang mampu mengajarkan kepadanya arti kemandirian, ketegasan, kejujuran, integritas serta disiplin. Seorang peneliti dari University of Oxford, Eirine Flouri, mengatakan "Seorang ayah yang terlibat dalam pengasuhan dan memperhatikan pendidikan anak-anaknya, mampu menciptakan anak-anak berprestasi di sekolah, emosi anak juga cenderung lebih stabil dan memiliki peluang lebih besar meraih kesuksesan di masa depan."

  • Advertisement
  • 3. Suami adalah pelindung kehormatan Anda

  • Masyarakat masa kini masih menganggap bahwa wanita bersuami memiliki tingkat martabat yang lebih baik daripada mereka yang hidup sendiri. Apalagi didukung oleh kemampuan yang dimiliki oleh suami seperti latar belakang pendidikan, keahlian, kemampuan memimpin dan kebijaksanaannya dalam menyelesaikan masalah membuat orang lain menaruh respek kepada Anda sebagai istri serta kepada anak-anak Anda.

  • 4. Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga dan bertanggung jawab penuh kepada keluarga

  • Meskipun mungkin Anda bekerja dan memiliki penghasilan lebih baik daripada suami, ia tetaplah kepala rumah tangga serta tulang punggung keluarga. Kodrat ini merupakan pemberian Ilahi dan tidak bisa digantikan, sebagai seorang istri Anda wajib mendukungnya dan jadilah penasihat terbaik bagi dirinya.

  • 5. Bersama suami Anda bisa menjadi wanita yang lebih bahagia

  • Kehidupan sebagai seorang wanita tidak akan pernah lengkap tanpa hadirnya seorang suami di sisi Anda, merupakan sebuah kebahagiaan ketika Anda dan suami bisa saling mengasihi dan membantu satu sama lain dalam segala kondisi. Kasih karunia Tuhan akan lebih terasa ketika bersama suami Anda membangun rumah tangga dan membesarkan putra-putri Anda dalam kasih dan kebenaran.

  • Semoga Anda memahami betapa pentingnya kehadiran seorang suami. Memang, dalam kehidupan ini kadang apa yang diharapkan seorang istri tidak mampu dipahami dengan baik oleh suaminya. Alih-alih kebahagiaan justru sengsara serta kepedihan yang dirasakan.

  • Ketika Anda mengalami situasi semacam ini ingat bahwa kebahagiaan yang dicita-citakan kadang harus melalui beberapa ujian dan kesulitan. Bertahanlah sampai akhir, milikilah iman dan berdoalah selalu baginya supaya hati dan pikirannya boleh dilunakan.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Ternyata, ini resep menjalani pernikahan yang harmonis untuk para istri

Bangunlah tim yang solid bersama suami menuju rumah tangga yang kuat dan tak tergoyahkan
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr