6 cara bermetamorfosa dari 'cupu' menjadi pribadi yang diperhitungkan

Sulit bergaul di tengah komunitas karena seringkali tidak dianggap? Ini caranya

803 views   |   3 shares
  • Menjadi terpandang dan dihargai orang banyak adalah harapan setiap orang. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menjadi orang yang luwes bergaul dengan siapapun, di mana saja dan kapan saja. Tapi pada beberapa orang, seringkali tertancap predikat 'cupu' atau tidak keren. Hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri untuk bergaul, atau malah menjadi over pede hingga menjadi bulan-bulanan dalam pergaulan.

    Tentu Anda tidak ingin dibilang 'cupu' bukan? Coba terapkan cara-cara di bawah ini untuk dapat menarik perhatian dalam pergaulan, tanpa harus berlebihan dan menjadi bahan tertawaan setiap orang.

  • 1. Merawat diri dan penampilan

    Salah satu cara menjadi pusat perhatian adalah ketika Anda memiliki penampilan yang menarik. Karenanya rawatlah diri Anda dari ujung kaki sampai ujung kepala. Selalu gunakan baju rapi dan tepat sesuai tempatnya dan selaras memadu padankan pakaian dan aksesoris yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda dicap 'cupu' karena salah kostum ya! Oh ya, berpenampilan berantakan dan tampak tidak menarik juga dapat membuat orang lain menjauhi dan menganggap Anda tidak menyenangkan untuk diajak bergaul.

  • 2. Pintar berbicara

    Agar tidak dibilang cupu, Anda juga perlu pintar berbicara. Dalam melakukan hal ini, diperlukan pengetahuan yang luas. Untuk itu, Anda juga perlu memperdalam pengetahuan umum Anda ya. Topik-topik yang biasanya menarik untuk diperbincangkan seperti misalnya trend masa kini, tempat-tempat baru yang lagi populer, topik-topik menarik dan up-to-date. Jika dapat 'nyambung' berbicara dengan orang lain dari berbagai kalangan, Anda akan semakin dihargai.

  • 3. Percaya diri

    Jangan takut untuk berbaur dengan orang lain, bahkan jika orang tersebut baru Anda kenal. Anda harus nampak percaya diri, sehingga orang tidak akan sungkan dan dapat terbuka dengan Anda. Orang menjadi cupu karena memiliki krisis percaya diri. Oleh karena itu, jangan sampai itu terjadi pada Anda!

  • 4. Jangan terkesan terlalu pintar

    Terlihat pintar boleh saja, tetapi jangan terkesan 'terlalu pintar' ya. Saat bergaul, Anda tidak perlu terlalu banyak membahas tentang ilmu pengetahuan hanya untuk terdengar hebat. Orang-orang cenderung bosan mendengarkan hal ini. Apalagi jika Anda menjadi terlalu dominan dan 'lebih pintar' di antara yang lain. Hal ini hanya akan membuat orang-orang canggung dan enggan berbicara banyak dengan Anda. Orang-orang yang seringkali sangat pintar biasanya akan kesulitan bergaul karena suka terlalu fokus membicarakan sesuatu tanpa menghiraukan reaksi orang lain. Hal ini tentu akan membosankan bagi mereka yang tidak memiliki minat sama dengan Anda, membuat Anda dicap 'cupu'.

  • 5. Memiliki keahlian

    Untuk menarik di mata orang, Anda juga perlu memiliki keahlian. Jika punya keahlian khusus, misalnya keahlian dalam berbisnis, menjadi penasihat yang baik, di bidang fashion dan lain sebagainya. Namun walau Anda memiliki kemampuan tersebut, tetaplah rendah hati bergaul dengan siapa saja, agar Anda terlihat menarik dalam pergaulan dan tidak dijauhi karena 'sok pintar'.

  • 6. Selalu up-to-date

    Agar tidak dibilang cupu, Anda perlu mengisi diri Anda dengan hal-hal menarik dan topik trend yang sedang terjadi di sekitar Anda saat ini. Seperti perkembangan zaman, trend masa kini, informasi yang sedang populer dan lain sebagainya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

6 cara bermetamorfosa dari 'cupu' menjadi pribadi yang diperhitungkan

Sulit bergaul di tengah komunitas karena seringkali tidak dianggap? Ini caranya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr