Ini yang perlu Anda ketahui, sebelum mengharapkan anak kembar

Sungguhkah Anda siap menerima anugerah anak kembar?

1,595 views   |   11 shares
  • Mempunyai anak kembar merupakan impian beberapa pasangan. Pasalnya banyak yang beranggapan, mempunyai anak kembar sama saja diberi bonus beli satu gratis satu. Tentu saja lucu melihat dua bayi kembar tumbuh besar bersama, dengan segala tingkah laku mereka yang sedari kecil sudah memiliki 'teman' berbagi.

  • Tampaknya mungkin menyenangkan ya, memiliki anak kembar yang bisa didandani barang sama dan serupa lucunya. Saya pun akan sangat senang sekali jika memiliki anak kembar. Tapi apakah Anda tahu, merawat dan mengasuh anak kembar tidak selamanya mudah. Bahkan mungkin jauh lebih menantang ketimbang membesarkan anak tunggal atau satu saja. Ada beberapa hal yang tidak diketahui orang pada umumnya, bahwa mengasuh anak kembar membutuhkan tips dan trik tersendiri. Apa saja?

  • Mereka tetap dua individu yang berbeda

  • Dibalik kemiripannya, anak kembar adalah dua pribadi yang berbeda. Atau bahkan mungkin sangat bertolak belakang. Tidak hanya kepribadian, bisa jadi keinginan dan selera mereka pun tidak serupa wajahnya. Bayangkan jika Anda memasak masakan kesukaan si A, namun si B memilih tutup mulut? Pasti pusing kan. Perlu Anda ingat, mereka tetaplah orang yang berbeda satu sama lain. Sikap orangtua dalam pengasuhan juga harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Mereka dapat merasakan cemburu dan sedih karena sesuatu hal yang berbeda, karenanya orangtua haruslah peka akan perbedaan-perbedaan ini.

  • Anak kembar tidak bisa sendiri

  • Bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa sendiri, namun secara tidak langsung ada beberapa hal di mana mereka tidak nyaman melakukan hal-hal seorang diri tanpa kehadiran saudara kembarnya. Inilah yang perlu diperhatikan oleh orangtua, ada ikatan batin dan emosional yang sangat kuat di antara anak kembar.

  • Mereka adalah tim yang hebat

  • Secara emosional kedekatan anak kembar tidak perlu diragukan lagi. Begitu pula pada saat diminta untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, mereka adalah tim yang hebat. Tetapi kehebatan yang mereka miliki bisa berarti dua hal, hebat menyelesaikan hingga akhir atau justru sebaliknya, hebat dalam mengerjai orangtuanya. Jika sudah begini, maka bersiaplah karena mereka mempunya trik untuk selalu membuat orangtua mereka merasa geram dengan kekompakan mereka yang usil.

  • Semua hal serba sama, benarkah?

  • Banyak yang berasumsi bahwa anak kembar mempunyai selera yang sama, salah satunya mainan. Padahal kenyataannya tidak harus demikian. Seringkali mereka malah mempunyai bakat, hobi dan minat yang berbeda. Terkadang orangtua lupa akan hal ini, sehingga memutuskan untuk membelikan mainan yang sama dengan harapan tidak perlu saling berebutan. Tentu saja hal ini tidak terlalu berpengaruh, karena pada akhirnya mereka tetap saja akan meributkan sesuatu.

  • Advertisement
  • Ternyata mempunyai anak kembar susah-susah gampang kan? Tidak semudah yang kita bayangkan seperti halnya mengasuh anak pada umumnya. Tentu saja kesabaran dan kemampuan orangtua yang memiliki anak kembar juga harus berlipat ganda. Masih berani untuk memiliki anak kembar?

Bagikan pada teman dan keluarga..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Ini yang perlu Anda ketahui, sebelum mengharapkan anak kembar

Sungguhkah Anda siap menerima anugerah anak kembar?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr