Katakan Hal-Hal yang Baik

Jika Anda ingin merasa bahagia, katakan sesuatu yang baik tentang pasangan Anda. Itulah salah satu jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pernikahan yang bahagia.

3,879 views   |   shares
  • Jika Anda ingin merasa bahagia, katakan sesuatu yang baik tentang pasangan Anda. Itulah salah satu jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pernikahan yang bahagia. Salah satu hambatan dalam perjalanan menuju kebahagiaan itu adalah berfokus pada dan berbicara tentang aspek negatif pasangan Anda.

  • Seorang teman kami bersedih karena percakapannya dengan menantu perempuannya yang tinggal cukup jauh darinya. Dia berkata:

  • “Setiap kali saya berbicara dengannya di telepon, dia selalu mengeluh tentang suaminya, anak saya! Mengapa dia melakukan itu? Saya itu ibu suaminya! Hal-hal yang dikeluhkan menantu saya sama sekali bukan hal-hal serius. Saya sedang berusaha membangun hubungan baik dengan menantu saya dan yang dilakukannya itu tidak membantu. Saya jadi resah karena dia tidak mampu melihat hal-hal baik yang suaminya lakukan, bahwa suaminya adalah tulang punggung keluarga, pekerja keras, mampu memperbaiki kerusakan-kerusakan di rumahnya, dan seterusnya. Mengapa menantu saya tidak pernah berbicara tentang hal-hal baik itu!”

  • Menantu perempuan itu menceritakan tentang kekurangan suaminya kepada ibu mertuanya mungkin karena dia ingin ibu mertuanya melakukan intervensi dan “menegur putranya”. Ini menimbulkan pertanyaan: Pria dewasa mana yang ingin ditegur oleh ibunya? Ibu kandung menantu perempuan ini meninggal dunia beberapa tahun lalu, jadi dia tidak bisa curhat tentang masalah pernikahannya kepada ibunya sendiri.

  • Untuk menciptakan hubungan pernikahan yang penuh kasih, pasangan suami istri perlu mempertimbangkan tiga panduan berikut. Panduan ini seperti lampu lalu lintas di persimpangan jalan. Kita semua tahu merah artinya berhenti, kuning artinya hati-hati, dan hijau artinya jalan. Inilah saatnya menaati rambu-rambu yang membimbing kita dalam perjalanan pernikahan kita.

  • Berhenti! Ada Bahaya

  • Hubungan baik dapat rusak ketika hal-hal tidak menyenangkan terus diceritakan mengenai pasangan Anda kepada orangtua Anda sendiri atau mertua Anda. Itulah yang akan dilihat orangtua, bahkan jika sebenarnya pasangan ini masih saling mencintai dan tahu banyak kualitas baik dalam diri pasangannya. Orangtua tidak akan bisa melihat kebaikan menantunya jika mereka hanya mendengar keluhan saja, dan penilaian mereka akan terganggu atau mereka akan memberikan nasihat yang kurang baik. Dalam beberapa kasus, kita telah melihat orangtua menjadi sangat marah kepada menantu mereka bahkan menganjurkan perpisahan atau perceraian. Ini adalah kesalahan tragis.

  • Advertisement
  • Jadi simpanlah hal-hal buruk dan mengganggu untuk diri Anda sendiri. Jika itu membebani Anda, bicarakanlah berdua dengan pasangan Anda untuk mencapai solusi bersama. Jika itu adalah hal serius, bicarakanlah dengan pemimpin agama Anda atau penasihat pernikahan.

  • Hati-Hati! Buatlah Batasan

  • Di sisi lain, jika orangtua yang terus menceritakan kepada anak mereka betapa bodohnya menantu mereka, si anak mungkin akan mulai mempercayai orangtuanya. Hubungan antara suami istri dapat rusak karena hal ini. Ini akan terus berlanjut kecuali batasan telah dibuat oleh si anak, yang dengan penuh hormat namun tegas mengatakan kepada orangtua yang menjelek-jelekkan menantunya, “Jangan berbicara buruk tentang suami/istri saya lagi. Kita bisa bicara nanti ketika Anda siap berbicara yang baik-baik tentang pasangan saya”. Peganglah teguh batasan Anda itu.

  • Jalan! Katakan Hal-Hal yang Baik

  • Ingatlah, pernikahan Anda lebih berharga daripada hubungan apapun dalam hidup Anda. Ketika membicarakan pasangan Anda, pastikan untuk berbagi hal-hal yang baik yang sedang terjadi. Tidak hanya orang lain, tetapi Anda sendiri pun akan berpikir baik tentang pasangan Anda. Itulah saatnya kasih dan rasa hormat Anda kepada satu sama lain akan bertambah kuat dan menjadikan perjalanan pernikahan Anda lebih menyenangkan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Tell the good stuff" karya Gary dan Joy Lundberg.

Baca, hidupkan, bagikan!

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

Katakan Hal-Hal yang Baik

Jika Anda ingin merasa bahagia, katakan sesuatu yang baik tentang pasangan Anda. Itulah salah satu jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pernikahan yang bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr