Waspada! 6 penyakit ini mengintai Anda saat cuaca panas

Saat musim kemarau atau panas, daya tahan tubuh Anda bisa saja menurun. Terlebih lagi bila musim panas yang berkepanjangan, Anda harus berhati-hati karena dalam kondisi cuaca tersebut, penyakit yang tak terduga kerap kali akan muncul.

316 views   |   1 shares
  • Penyakit datang memang tak mengenal musim dan waktu. Penyakit bisa menyerang siapa saja di setiap musim dan kondisi. Bukan hanya musim penghujan yang perlu Anda waspadai, musim panas pun perlu Anda waspadai.

  • Saat musim kemarau atau panas, daya tahan tubuh Anda bisa saja menurun. Terlebih lagi bila musim panas yang berkepanjangan, Anda harus berhati-hati karena dalam kondisi cuaca tersebut, penyakit yang tak terduga kerap kali akan muncul. Penyebabnya beragam, bisa karena memang daya tahan tubuh Anda yang tak mampu berdaptasi dengan cuaca yang begitu panas, bisa saja karena debu yang berterbangan, polusi udara, udara yang kotor dan kering yang Anda hirup, kurangnya sumber air bersih yang digunakan dan banyaknya lalat yang bermunculan pembawa sumber penyakit.

  • Hal-hal tersebut tidak bisa Anda cegah terjadi, namun Anda tetap bisa mengantisipasi atau mencegah penyakit itu datang menghampiri Anda dan keluarga Anda. Berikut 6 penyakit yang perlu Anda waspadai saat musim panas tiba.

  • 1. Hyperthermia

  • Hyperthermia atau demam tinggi bisa terjadi ketika cuaca dengan suhu yang sangat tinggi. Akibatnya temperatur tubuh Anda juga meningkat (panas) dan terjadilah demam tinggi. Artinya penyakit ini terjadi karena suhu badan Anda terlalu panas. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ-organ vital lainnya. Oleh sebab itu hindari paparan langsung dari panas matahari dan tetaplah berada dalam ruangan yang dilengkapi alat pendingin ruangan, agar suhu tubuh Anda tetap stabil.

  • 2. Sakit mata

  • Ketika musim kemarau tiba, udara pun menjadi tidak sehat. Debu, kotoran dan asap yang merajalela di jalanan menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit mata (mata merah, gatal atau panas). Khususnya bagi Anda pengendara sepeda motor, sebaiknya saat berkendara gunakan kacamata sebagai pelindung dari debu dan asap yang dapat mengganggu kesehatan mata dan kenyamanan penglihatan Anda.

  • 3. Sakit kepala sebelah

  • Cuaca yang panas dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala sebelah atau migrain. Selain udara yang panas, polusi udara yang tinggi juga bisa menjadi penyebabnya. Pencegahannya, hindari paparan langsung dari sinar matahari yang terik.

  • 4. Asma

  • Pemicu penyakit asma adalah peningkatan polusi udara, asap dan serbuk bunga yang berterbangan ketika musim kemarau atau cuaca panas tiba. Inilah yang harus Anda waspadai. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya hindari kegiatan-kegiatan di luar ruangan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Selalu gunakan masker atau pelindung wajah, agar tidak berkontak langsung dengan polusi udara. Karena penyakit asma akan bereaksi dengan udara panas.

  • Advertisement
  • 5. Diare

  • Diare bisa terjadi ketika lingkungan Anda menjadi kotor dan tercemar, makanan dan minuman yang Anda konsumsi terkontaminasi dengan debu, kuman dan lalat si sumber penyakit juga karena sulitnya mendapatkan air bersih. Kondisi demikian memungkinkan terjadi saat musim panas datang. Ketika lingkungan Anda tercemar maka penyakit diare akan lebih mudah menyerang Anda. Ingat, pada musim kemarau yang panas konsentrasi kuman pada air minum juga lebih banyak karena sumber mata air minum Anda juga mudah terkontaminasi dengan kuman saat musim kemarau.

  • 6. ISPA

  • Bahaya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) selama musim panas panjang harus Anda waspadai. Udara dan lingkungan yang kotor juga karena debu asap akan memengaruhi kesehatan Anda dalam hal ini berkaitan dengan masalah saluran pernapasan Anda.

  • Perilaku hidup bersih dan sehat artinya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta pola hidup sehat menjadi salah satu cara antisipasi yang dapat Anda lakukan, agar daya tahan tubuh Anda tetap kuat melawan virus, bakteri dan penyakit.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Waspada! 6 penyakit ini mengintai Anda saat cuaca panas

Saat musim kemarau atau panas, daya tahan tubuh Anda bisa saja menurun. Terlebih lagi bila musim panas yang berkepanjangan, Anda harus berhati-hati karena dalam kondisi cuaca tersebut, penyakit yang tak terduga kerap kali akan muncul.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr