Apa yang terjadi dengan rongga mulut ketika Anda lupa menggosok gigi?

Hal yang paling awal muncul dari akibat tidak menggosok gigi adalah munculnya bau mulut yang tidak sedap akibat dari meningkatnya jumlah bakteri dalam mulut yang tidak bersih.

190 views   |   3 shares
  • Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Menggosok gigi merupakan kebiasaan sehat yang harus dilakukan setiap hari oleh siapapun agar gigi selalu terjaga sehat dan kuat. Bahkan siapapun anda pastinya sejak kecil selalu di tanamkan oleh orang tua dan guru untuk menggosok gigi sebanyak minimal dua kali sehari. Memang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi saja tidaklah cukup, apalagi jika menggosok gigi dilakukan dengan cara yang kurang benar atau salah. Karena sebenarnya menggosok gigi pun memiliki cara yang baik dan benar agar kebersihan area gigi dan mulut dapat terjaga dengan maksimal.

  • Lalu bagaimanakah yang akan terjadi jika seseorang bahkan tidak menggosok giginya? Sudah jelas pasti masalah kesehatan yang ditimbulkan dari masalah kebersihan banyak macamnya. Di dalam area mulut banyak sekali tersimpan partikel-partikel makanan yang masuk melalui mulut. Hal yang paling awal muncul dari akibat tidak menggosok gigi adalah munculnya bau mulut yang tidak sedap akibat dari meningkatnya jumlah bakteri dalam mulut yang tidak bersih. Bahkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki aroma yang tidak mudah hilang dari mulut sekalipun anda telah menggosok gigi.

  • Di dalam dunia kesehatan sudah banyak dijelaskan bahwa banyak sekali penyakit yang timbul dari akibat tidak dijaganya kesehatan area mulut. Pada kondisi tertentu, masalah pada mulut dapat memicu penyakit lain yang lebih serius dari masalah mulut kering, sariawan, bahkan sampai bronchitis, diabetes dan penyakit ginjal. Tidak mengherankan memang mengingat banyak sekali syaraf yang terdapat pada gusi yang akan berpengaruh juga pada kesehatan tubuh lainnya jika area gigi dan mulut mengalami kerusakan.

  • Kebersihan yang tidak dijaga pada gigi dan mulut dalam sehari dapat mengawali proses kerusakan pada gigi. Plak tipis mulai menempel pada gigi dan bakteri akan berkembang. Jika hal ini sering kali dibiarkan, plak yang menempel tersebut semakin lama akan semakin banyak dan dapat menyerang gusi seperti gusi berdarah atau iritasi. Gangguan pada gusi ini juga lah yang akan juga menganggu kesehatan gigi menjadi mudah rusak dan berlubang. Gigi yang berlubang akan membuat makanan yang dikonsumsi masuk dan terhambat sehingga semakin sulit untuk dibersihkan dengan hanya cara menggosok gigi saja. Umumnya gigi berlubang diatasi dengan penambalan oleh dokter gigi. Namun jika antisipasi ini terlambat untuk dilakukan, gigi akan semakin rusak dan akan menyerang sistem syaraf dibawah nya yang akan mengakibatkan rasa sakit pada bagian tubuh lain seperti sakit kepala dan sebagainya.

  • Advertisement
  • Anda tentu tidak ingin apa yang telah diuraikan diatas terjadi pada anda bukan? Untuk itulah sangat dianjurkan untuk selalu rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari agar kesehatan area mulut selalu terjaga. Bahkan jika diperlukan anda juga dapat menambahkan obat antiseptik yang dapat digunakan setelah menggosok gigi untuk mengoptimalkan kebersihan mulut dan gigi anda. Selain itu juga jadwalkanlah setiap enam bulan sekali untuk pergi memeriksakan gigi anda ke dokter gigi agar jika ada masalah apapun pada gigi atau area mulut dapat lebih awal terdeteksi dan diatasi lebih cepat. Semoga bermanfaat!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Apa yang terjadi dengan rongga mulut ketika Anda lupa menggosok gigi?

Hal yang paling awal muncul dari akibat tidak menggosok gigi adalah munculnya bau mulut yang tidak sedap akibat dari meningkatnya jumlah bakteri dalam mulut yang tidak bersih.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr