Masih adakah alasan bertahan dalam pernikahan yang terlanjur rusak akibat perselingkuhan?

Benarkah perceraian adalah jalan terbaik? Baca dulu, sebelum Anda memutuskannya.

3,361 views   |   33 shares
  • Perselingkuhan kerap kali menghampiri sebuah hubungan. Tentunya saat mengalami hal tersebut, banyak pasangan yang akan merasa kecewa, emosi, sakit hati, sedih bercampur amarah yang menggebu-gebu akibat pengkhianatan yang dilakukan pasangannya.

    Tentu tidak mudah untuk menerima apalagi memaafkan pasangan yang berselingkuh. Namun, apakah Anda akan begitu saja terbakar amarah dengan mengakhiri pernikahan Anda selama ini? Ataukah memilih untuk tidak terlalu berfokus pada satu kesalahan pasangan dan melupakannya demi masa depan rumah tangga Anda?

    Ada banyak alasan yang dapat menjadi pertimbangan, mengapa Anda harus memertahankan pernikahan Anda 'rusak' akibat perselingkuhan yang dilakukan pasangan Anda. Ini 5 alasan di antaranya:

  • 1. Cinta

    Cintalah yang mampu membuat kita dapat luluh dan mau menerima pasangan dengan segala kelemahannya. Rasa cinta pula yang mampu mendorong Anda untuk memaafkan pasangan walau telah berkhianat, dan kuat untuk kembali. Ingatlah kembali melanjutkan hubungan Anda. Yakinkan diri Anda, bahwa cinta masih dapat 'diselamatkan' dan dipupuk kembali jika Anda mau berkorban bagi pasangan dan juga pernikahan kalian.

  • 2. Tidak ada manusia yang sempurna

    Tidak ada manusia yang sempurna. Jika Anda mencintai pasangan dan berharap kesempurnaan, tentu hal tersebut hanya akan menyakitkan Anda. Apalagi saat dihadapkan dengan pengkhianatan pasangan seperti ini. Ingatlah bahwa pasangan Anda juga manusia biasa, bisa saja tergoda dengan kenikmatan-kenikmatan dunia termasuk di antaranya perselingkuhan.

  • 3. Anak-anak membutuhkan kedua orang tuanya

    Dalam kondisi seperti ini, jangan terlalu fokus atau egois pada diri sendiri tanpa memikirkan perasaan atau dampak yang dirasakan anak-anak Anda nantinya. Masalah dengan pasangan, cukup Anda dan pasanganlah yang menyelesaikannya dengan baik. Ingatlah, perceraian akan mengganggu dan menghancurkan kehidupan anak-anak Anda. Keputusan untuk memaafkan pasangan yang berselingkuh adalah pilihan terbaik untuk kesehatan mental dan perkembangan anak-anak. Karena bagaimanapun fatalnya kesalahan yang dilakukan orangtua, anak-anak tetap selalu membutuhkan keluarga dengan orang tua yang utuh.

  • 4. Kesempatan yang kedua

    Walaupun berat atau sulit memaafkan kesalahan pasangan Anda, namun cara ini paling efektif untuk menyakinkan Anda bahwa pasangan mau berusaha untuk berubah dan berjanji untuk tidak jatuh pada kesalahan yang sama. Dengan memberikan kesempatan kedua, pasangan tentu akan merasa bersalah dan berpikir seribu kali untuk melakukan kesalahan yang sama. Ia pun menyadari betapa besar hatinya Anda untuk mau memaagkan kesalahan fatalnya, sehingga ia akan lebih respek terhadap Anda.

  • 5. Karena 'status'

    Anda juga perlu mempertimbangkan kembali nama baik, status dan kondisi finansial rumah tangga Anda. Jangan gegabah memutuskan untuk bercerai karena masalah ini dan tidak mempertimbangkan aspek struktural. Banyak orang yang menjadi hancur setelah melakukan perceraian karena terlalu egois dan gensi untuk memaafkan pasangannya, tanpa memikirkan dampak di masa depan.

    Sesakit-sakitnya sebuah pengkhianatan karena perselingkuhan, Anda akan timpang sebelah saat melanjutkan kehidupan tanpa support dan kehadirannya. Seberat apapun kesalahan pasangan, pertimbangan secara matang dan dengan 'kepala dingin' sebelum memutuskan langkah Anda selanjutnya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Masih adakah alasan bertahan dalam pernikahan yang terlanjur rusak akibat perselingkuhan?

Benarkah perceraian adalah jalan terbaik? Baca dulu, sebelum Anda memutuskannya.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr