Hanya Sejam Seminggu Berdampak Besar Seumur Hidup: Pentingnya Malam Keluarga Mingguan

Kita adalah orang tua bertanggung jawab yang mengasihi anak-anak kita dan ingin melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan bagi mereka. Oleh karena itu, kita mengadakan malam keluarga mingguan.

947 views   |   shares
  • Jujur saja, terkadang kita sebagai orang tua lebih suka mengerjakan tugas rumah tangga selama berjam-jam daripada mengadakan malam keluarga secara teratur. Atau mendorong keluarga kita untuk berpartisipasi sementara kita menyelinap pergi untuk tidur siang. Namun, kita adalah orang tua bertanggung jawab yang mengasihi anak-anak kita dan ingin melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan bagi mereka. Oleh karena itu, kita mengadakan malam keluarga mingguan.

  • Tradisi memberikan rasa aman tambahan bagi anak-anak. Anak-anak juga suka konsistensi. Malam keluarga adalah tradisi ideal dan setelah itu dilaksanakan, itu benar-benar lebih mudah daripada kedengarannya. Itu dapat berlangsung selama 15 menit hingga 2 jam, tergantung pada jadwal keluarga Anda.

  • Gunakan satu malam setiap minggu. Di rumah kami, itu adalah hari Minggu atau Senin, tergantung pada saat seluruh keluarga bisa berada di sana. Ini adalah yang kami sebut “Malam Keluarga,” dan kami seringkali menghabiskan waktu membahas hal-hal rohani atau keagamaan. Dari mana lagi anak-anak Anda akan belajar akhlak, budi pekerti, dan pengajaran penting lainnya jika tidak di rumah? Atau, jika Anda sedang tidak ingin belajar, pergilah bermain bowling!

  • Malam keluarga adalah gagasan luar biasa untuk banyak alasan. Ini adalah waktu untuk:

  • Mengatur jadwal

  • Malam keluarga adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dan membuat jadwal bersama, atau merencanakan kegiatan minggu yang akan datang. Jika Anda punya banyak anak dengan jadwal sibuk ditambah jadwal Anda sendiri, gunakan waktu ini untuk merencanakan antar-jemput anak-anak dan berbagi pengingat tenggat waktu proyek sekolah, pertandingan olahraga, dan sebagainya.

  • Mengadakan urusan keluarga

  • Gunakan waktu ini untuk membahas masalah keluarga. Ingatkan anak-anak Anda untuk kesekian kalinya untuk membersihkan kamar atau mencuci piring mereka sendiri. Biarkan anak-anak Anda menyuarakan keluhan mereka dan memberikan saran. Rencanakan liburan keluarga berikutnya, mengulas akibat dari melanggar peraturan, dan menjatahkan uang jajan anak-anak.

  • Memberikan tugas kepada anak-anak

  • Malam keluarga Anda dapat mencakup pelajaran atau pengajaran singkat, doa keluarga, permainan atau kegiatan menyenangkan, dan cemilan. Rotasikan tanggung jawab atau tugas kepada setiap anggota keluarga Anda. Ini memungkinkan setiap anggota keluarga untuk menjadi bertanggung jawab dan berpartisipasi, bahkan anak bungsu Anda.

  • Bekerja atau bermain

  • Advertisement
  • Anak-anak senang ketika orang tua mereka bermain dengan mereka. Dan bekerja dengan mereka memberikan teladan dan membantu mereka belajar keterampilan. Tergantung pada penjadwalan waktu Anda, keluarkan permainan papan, bermain bola di taman, membaca cerita, pergi berseluncur, memberikan pelayanan kepada tetangga atau teman yang membutuhkan, menulis surat kepada tentara yang sedang pergi berperang, pergi membeli es krim, mencuci mobil Anda, membuat perabot, atau memanggang kue.

  • Jangan lupa cemilan!

  • Bagi banyak anggota keluarga, cemilan adalah bagian terpenting malam keluarga. Jangan pernah lupa menyiapkan cemilan.

  • Bagi anak-anak, kasih diukur oleh waktu. Kenangan yang mereka ingat akan menjadi momen yang kita habiskan bersama mereka lebih dari mainan baru dan barang materi yang kita berikan. Bagi kebanyakan keluarga, kehidupan menjadi semakin rumit sewaktu anak-anak kita bertumbuh dan semakin tenggelam dalam kegiatan dan teman-teman mereka sendiri. Mengadakan malam keluarga mingguan akan memperkuat anak-anak Anda secara emosional. Keluarga Anda akan berkomunikasi lebih baik. Dan Anda selalu dapat mengerjakan tugas rumah tangga atau tidur siang nanti.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Just an hour a week results in the payoff of a lifetime The importance of a weekly family night" karya Megan Gladwell.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

Hanya Sejam Seminggu Berdampak Besar Seumur Hidup: Pentingnya Malam Keluarga Mingguan

Kita adalah orang tua bertanggung jawab yang mengasihi anak-anak kita dan ingin melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan bagi mereka. Oleh karena itu, kita mengadakan malam keluarga mingguan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr