9 trik mengetahui bahwa pasangan sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda

Tak selamanya pasangan memiliki komitmen sekuat Anda dalam pernikahan atau menjunjung arti kejujuran dalam hubungan. Entah kebohongan kecil atau besar, ungkap ketidakjujuran suami Anda dengan 9 trik berikut ini.

8,946 views   |   32 shares
  • Bertahun-tahun Anda dan suami mengarungi biduk rumah tangga, dua kemungkinan dapat terjadi. Pertama, Anda telah saling mengenal satu sama lain sehingga tanpa banyak bicara, Anda saling mengerti isi pikiran dan hati masing-masing. Kedua, dan yang banyak terjadi pada pasangan-pasangan pada umumnya, Anda terjebak dalam zona nyaman dan kepekaan Anda terhadap pasangan menurun. Anda tak cukup tanggap terhadap sinyal-sinyal yang sepatutnya Anda waspadai.

  • Tak selamanya pasangan memiliki komitmen sekuat Anda dalam pernikahan atau menjunjung arti kejujuran dalam hubungan. Entah dalam bentuk kebohongan kecil yang disebut "bohong putih" ataupun menyelubungi masalah serius dalam rumah tangga Anda, Anda perlu menyingkap ketidakjujuran ini segera. Gunakan 9 trik berikut untuk mengetahui bahwa pasangan Anda sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda:

  • 1. Perhatikan reaksinya saat Anda bertanya

  • Seseorang yang sedang menutupi sesuatu selalu merasa tidak nyaman ditanyai. Meskipun, pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan sederhana dan rutin diajukan, seperti "Bagaimana harimu hari ini?" Setiap pertanyaan seakan mengarah kepada niat interogasi, mencari celah kebohongan dalam setiap kalimat mereka. Jangan kaget, jika perhatian kecil Anda justru ditanggapi dengan segala bentuk perilaku defensif, mulai dari kegusaran, jawaban asal-asalan, dan berujung kepada pasangan yang menghindari Anda di sepanjang sisa hari.

  • 2. Minta ia menjelaskan jawaban-jawabannya

  • Saat mereka "terjebak" dalam situasi di mana perlu menjawab pertanyaan dan tidak dapat menghindar, para pasangan yang sedang menyembunyikan sesuatu akan cenderung menjawab dengan panjang lebar, terlalu rinci malah. Dengan menyebutkan berbagai detail (yang jika dipikir, tidak perlu dijabarkan sedemikian rupa), Anda patut merasa curiga. Pasangan Anda sedang mencoba menggiring Anda kepada anggapan bahwa ia begitu fasih bercerita dan Anda tidak perlu lagi mengajukan pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut. Seseorang yang sedang menumpuk alasan untuk mengubur kebohongan, memiliki segudang skenario cerita yang telah dipersiapkan matang.

  • 3. Bubuhkan banyak spontanitas dalam berkegiatan bersama

  • Berhubungan dengan persiapan matang dan gudang skenario yang diciptakan, spontanitas adalah musuh besar para pria yang sedang berlaku tidak jujur di belakang istri tercinta. Anda cukup menguji dengan mengubah tempat tujuan saat pergi bersama keluarga atau melakukan aktivitas di luar rutinitas seperti tiba-tiba muncul di kantornya untuk lunch date. Apabila suami Anda mendadak gusar dan menolak dengan alasan yang dibuat-buat, maka sudah saatnya Anda menggali ada apa di balik keanehan sikapnya itu.

  • Advertisement
  • 4. Amati rutinitas kerjanya

  • Seseorang yang tengah berbohong akan mengurangi waktu kebersamaan dengan orang yang dibohonginya. Amati kebiasaan kerja suami Anda. Jika ia berangkat jauh lebih pagi dan pulang terlambat tanpa ada alasan jelas (misalnya memang ada perubahan jadwal kerja atau kondisi lalu lintas yang memburuk), Anda perlu bertanya-tanya maksud dari tindakannya. Selain itu, pantau pula aktivitas dinasnya, apakah memang sesuai dengan penugasan perusahaannya? Jika ternyata tidak ada relevansi secara profesional, saatnya Anda duduk berdua dan menuntut kejujurannya untuk berterus terang.

  • 5. Carilah pola pengeluaran keuangan yang mendadak berbeda

  • Tagihan kartu kredit dan catatan transaksi kartu debit adalah jejak yang sulit dihapus. Mereka yang sedang menyembunyikan sesuatu, misalnya perselingkuhan atau kegiatan ilegal, akan memilih untuk membayar tunai. Sebagai manajer keuangan keluarga, rutinlah mengawasi pergerakan keuangan pasangan berupa besaran dan rincian transaksi. Amati pola-pola yang terjadi di luar kebiasaan dan mintalah klarifikasi dari pasangan. Jika mendadak suami jarang memakai kartu kredit, namun mengalami pembengkakan pengeluaran secara tunai, letakkan kartu Anda di atas meja dan ajak ia mengungkapkan apa yang sesungguhnya terjadi.

  • 6. Stalkingmedia sosial

  • Memantau aktivitas media sosial atau yang populer disebut stalking adalah salah satu cara efektif untuk melihat kejujuran pasangan. Bagaimana pola interaksinya di media sosial? Apabila sebelumnya ia begitu aktif, tiba-tiba menjadi jarang eksis, Anda perlu menaruh kecurigaan. Besar kemungkinan ia menghentikan diri untuk menghapus jejak atau malah membuat akun lain yang tidak terkoneksi dengan Anda. Periksa friend list-nya dan apabila ada lawan jenis yang tidak Anda kenal baik, namun intens berhubungan dengan suami Anda, mintalah penjelasan dari pasangan. Apabila Anda bertemu muka dengan orang tersebut, berinisiatiflah memperkenalkan diri sebagai sang istri, setidaknya untuk membuat statement tentang batasan norma hubungan antar lawan jenis yang pantas.

  • 7. Lihat tingkat privasinya akhir-akhir ini

  • Advertisement
  • Suami yang awalnya begitu hangat dan terbuka, mendadak menjadi dingin dan bersikap penuh rahasia bak agen spionase. Berarti, ada yang disimpannya dari Anda. Berbicara dengan volume berbisik-bisik saat menelepon, gadget yang diproteksi penuh dengan aneka password, kode-kode dalam pembicaraan dengan orang-orang tertentu, ini adalah beberapa tanda yang perlu segera ditangkap radar Anda. Seolah kini privasi adalah sesuatu yang diagungkannya, termasuk dari istri tercintanya.

  • 8. Kecanggungan sikap orang-orang terdekatnya

  • Biasanya, kebohongan tidak ditanggung sendirian. Ada pendukung di balik ketidakjujurannya. Keluarga, sahabat, ataupun rekan kerja akan bersatu menutupi kebohongannya, atau setidaknya memperlama waktu untuk Anda mengetahui kebenarannya hingga masalah misteri tersebut terselesaikan. Jika Anda menyadari ada kecanggungan dan perubahan sikap pada orang-orang terdekatnya terhadap Anda, tak salah jika Anda menaruh curiga bahwa suami sedang 'main belakang' akan suatu masalah dan mereka sedang berkonspirasi untuk membiarkannya terjadi.

  • 9. Caranya mengajukan pertanyaan kepada Anda

  • Di samping caranya merespon pertanyaan Anda, perhatikan pula cara suami mengajukan pertanyaan kepada Anda. Adakah pertanyaan yang terkesan konyol dan dipaksakan? Atau pertanyaan yang diajukan setelah Anda bertanya? Ini adalah caranya mengulur waktu demi mengarang alasan yang semasuk akal mungkin kepada Anda. Seseorang yang jujur dan tidak dibebani masalah rahasia, akan mengalirkan pembicaraan tanya-jawab yang luwes dan alami. Tak perlu banyak jeda waktu untuk berpikir, terlebih jika tidak ada konflik di antara Anda berdua.

  • Tetaplah berkepala dingin saat menghadapi suami yang telah terbukti tidak jujur. Jika Anda merasa berat untuk menyelesaikan masalah ini berdua saja, gunakan jasa psikolog atau konselor pernikahan sebagai penengah yang objektif demi menghadirkan solusi terbaik dalam rumah tangga Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

9 trik mengetahui bahwa pasangan sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda

Tak selamanya pasangan memiliki komitmen sekuat Anda dalam pernikahan atau menjunjung arti kejujuran dalam hubungan. Entah kebohongan kecil atau besar, ungkap ketidakjujuran suami Anda dengan 9 trik berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr