Apa yang saya lakukan jika istri bukan tipe Ibu Rumah Tangga ideal?

Bagaimana jika setelah menikah, Anda baru mengetahui kekurangan yang membuatnya jauh dari tipe ideal seorang istri di bayangan Anda.

499 views   |   4 shares
  • Bagaimana tipe Ibu Rumah Tangga ideal menurut Anda? Hampir semua pria berpendapat serupa: tipe ideal adalah seorang wanita yang pengertian, perhatian, penyayang, bisa masak, sabar, lemah lembut dan memiliki semua karakter ideal seorang wanita. Kebanyakan pria tentu ingin memiliki istri yang sempurna. Namun, bagaimana jika setelah menikah ternyata Anda baru mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya dan membuat istri menjadi terlihat jauh dari kriteria istri idaman? Adakah cara mengubah hal tersebut? Ini yang dapat Anda lakukan:

  • Tidak memaksanya menjadi 'orang lain'

  • Jangan terlalu memaksakan istri untuk mengubah kebiasaannya menjadi seperti yang Anda harapkan. Orang lain hanya dapat berubah lewat kemauannya sendiri, bukan dari paksaan seseorang. Proses perubahan pun tidak dapat dilakukan secara instan. Yang dapat Anda lakukan adalah terus mendukungnya, mengarahkannya, bersabar dan menjadi inspirasi baginya agar kelak dia mau berubah menjadi seseorang yang ideal dan sempurna bagi Anda.

  • Selalu berupaya menjadi terbaik baginya

  • Ada pepatah mengatakan, jika menginginkan orang lain menghargai Anda maka terlebih dahulu Anda harus menghargai orang lain. Begitupula jika Anda menginginkan istri bersikap baik pada Anda, maka bersikap baiklah juga padanya. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti lebih memberikan perhatian, memujinya, bertuturkan kata lembut, bersikap baik dan penuh kasih sayang dan sebagainya. Ini dapat menjadi contoh dan teladan baginya, sehingga dia dapat bersikap serupa seperti apa yang Anda lakukan padanya.

  • Jujur tanpa menyakiti perasaannya

  • Jika ada sikap atau perkataan istri yang tidak sesuai dengan harapan Anda, jujurlah katakan padanya Anda tidak menyukai atau sependapat dengan itu. Meskipun menyayangi istri Anda, jangan abaikan kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. Karena jika Anda biarkan, hal tersebut akan menjadi kebiasaan hingga nantinya ia tidak akan menganggap perbuatan tersebut sebagai sesuatu yang salah. Terkadang kita melakukan kesalahan tanpa disadari, dan dapat menyakitkan bagi orang lain. Istri Anda pun dapat demikian. Peran Anda sebagai pasangan adalah jujur mengatakan kesalahannya. Lakukan dengan cara yang penuh kasih dan tanpa armarah agar tidak menyakiti perasaannya.

  • Menerima apa adanya

  • Saat memutuskan untuk menikah dengannya, Anda telah melakukan komitmen untuk menerima istri apa adanya. Ketika dia bukanlah tipe Ibu Rumah Tangga ideal, ingatlah apa yang telah membuat Anda pertama kali jatuh cinta padanya. Tentu dari segala macam kekurangannya, pasti banyak juga kelebihan yang membuat Anda jatuh cinta padanya.

  • Advertisement
  • Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini. Tidak istri Anda dan tidak juga Anda. Berfokuslah melihat kelebihan istri Anda ketimbang kekurangannya. Dan hindari hanya menuntut, jadilah pasangan yang memberi solusi dan saling melengkapi. Hidup harmonis dengan menghargai kelebihan kekurangan masing-masing tentu akan membuat penikahan kalian menjadi lebih harmonis.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Apa yang saya lakukan jika istri bukan tipe Ibu Rumah Tangga ideal?

Bagaimana jika setelah menikah, Anda baru mengetahui kekurangan yang membuatnya jauh dari tipe ideal seorang istri di bayangan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr