Bagaimana Berbicara kepada Anak-Anak tentang Berat Badan Mereka

Berat badan orang dewasa adalah masalah sensitif demikian pula dengan masalah berat badan anak-anak. Jadi harus berhati-hati bila membicarakannya dengan anak-anak.

400 views   |   shares
  • “Kamu sudah cukup banyak makan Jennie,” adalah kata-kata yang biasa terdengar di rumah saya ketika saya masih kecil. Berat badan adalah subjek yang peka untuk orang dewasa, jadi, dapat dibayangkan betapa sulitnya anak-anak memahami “pembicaraan tentang berat badan”. Sekarang saya sendiri telah menjadi orang tua dan saya tahu bahwa berbicara kepada anak-anak tentang berat badan mereka harus berhati-hati. Mereka perlu sadar tentang kekhawatiran Anda tanpa meninggalkan perasaan ditolak atau diabaikan. Ingatlah pesan berikut sementara Anda membahas masalah berat badan.

  • Pilihlah saat yang tepat

  • Tak seorang pun suka ditegur di depan umum, jadi, simpanlah komentar tentang seberapa banyak - atau sedikit - seorang anak makan untuk diri Anda sendiri dan tunggu saat yang tepat. Saya suka membahasnya secara empat mata dengan anak-anak sesaat sebelum mereka tidur. Itu adalah saat yang baik untuk berbicara karena mereka biasanya ingin tetap terjaga sampai malam. Di saat seperti itu, mereka cenderung terbuka dengan opini mereka.

  • Jangan membuat pembahasannya berkisar tentang diri Anda

  • Sebagai orang tua, kita tentu tidak ingin anak-anak kita membuat kesalahan yang sama yang pernah kita lakukan. Namun demikian, menonjolkan ketakutan kita akan bentuk tubuh kita kepada anak-anak dengan masalah berat badan memberi tekanan yang tak adil untuk mereka. Hindarilah kalimat seperti “Saya tidak ingin orang lain mempermainkan kamu …” Tetapi tanyakanlah “Bagaimana perasaan kamu tentang tubuhmu?” Dengarkanlah jawaban mereka dengan perhatian. Jangan terkejut dengan apa yang Anda dengar.

  • Menekankan kesehatan

  • Daripada terdengar seperti kuliah, jadikanlah pembicaraan Anda sebuah pembahasan tentang kesehatan secara umum. Menyentuh aspek lain tentang tubuh manusia juga mencangkup pengetahuan, latihan, istirahat, nutrisi dan kebersihan. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka suka dan yang tidak mereka suka tentang makanan dan olah raga. Buatlah daftar hal-hal yang mereka nikmati. Kemudian, gunakan daftar tersebut ketika sedang berbicara soal kesehatan. Tekankan bahwa dalam kesehatan, seperti segala sesuatu, tak berlebihan adalah kuncinya.

  • Bertanggung jawab

  • Bertanggungjawablah untuk contoh Anda – sehat atau sebaliknya. Buatlah komitmen yang dibutuhkan untuk berubah dan doronglah mereka melakukan hal yang sama. Seperti kata penyair Jerman, Goethe “Koreksi banyak gunanya. Dorongan lebih banyak lagi.”

  • Beri mereka alat

  • Menanamkan kata-kata untuk mengutarakan perasaan tentang berat badan dapat meringankan beban seorang anak. Kalimat pendek seperti, “Saya bukan berat badan saya,” “Saya adalah seorang gadis yang tabah,” dan “Saya memiliki banyak sifat baik,” akan membantu anak-anak kmengatasi perasaan rendah diri. Ahli kebugaran dan pencipta olah raga P90X, Tony Horton, mengingatkan kita, “Lakukan saja yang terbaik dan lupakan sisanya!”

  • Advertisement
  • Liz, seorang ibu dengan enam anak – dua di antaranya memiliki kesulitan dengan berat badan mereka, membantu anak-anak dengan saran untuk mengenali bagaimana perasaan mereka sebelum makan. Doronglah mereka untuk bertanya kepada diri sendiri, “Saya makan apakah karena lapar, atau hanya karena bosan, lelah, cemas atau merasa rentan?” Anda dapat juga bertanya, “Saya tidak makan apakah karena saya sedang mengendalikan sesuatu?”

  • Begitu Anda telah meletakkan landasan bagi kesehatan, awasilah perkembangannya. Jika tidak ada, Anda mungkin perlu memikirkan faktor seperti depresi, cemas, atau perundungan sebagai akibat ketidakteraturan makan mereka. Jangan takut meminta bantuan profesional jika diperlukan.

  • Nilailah jauh melampaui ukuran badan

  • Anak-anak yang kurus atau kelebihan berat badan biasanya mengetahuinya. Mereka semua terlalu terbiasa dengan kalimat pendek seperti “gepeng” atau “tambun.” Utarakan kasih Anda dengan membiarkan mereka tahu bahwa mereka bukan angka dalam timbangan badan. Mereka jauh lebih berharga daripada itu. Ini dapat merupakan karunia terbesar yang dapat Anda berikan kepada seorang anak yang mengalami kesulitan dengan berat badannya. Mereka butuh menyadari bahwa Anda menilai jauh melampaui ukuran badan mereka. Anda ada di sana untuk membantu mereka melihatnya juga.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “Seeing the soul behind the size: How to talk with kids about their weight” karya Jen Savage.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Jen Savage is a wife, mother and freelance writer who loves life in Arizona.

Bagaimana Berbicara kepada Anak-Anak tentang Berat Badan Mereka

Berat badan orang dewasa adalah masalah sensitif demikian pula dengan masalah berat badan anak-anak. Jadi harus berhati-hati bila membicarakannya dengan anak-anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr