Trik mengamankan dompet si 'shopaholic'

Jangan sampai menyesal saat tagihan-tagihan utang bermunculan. Sebelum belanja, ikuti trik ini!

120 views   |   1 shares
  • Setiap orang tentu senang berbelanja. Tetapi jika seringkali merasa kesulitan menghentikan hasrat berbelanja, itu baru bahaya. Ya, jika Anda salah satu yang demikian maka bisa jadi Anda tergolong sebagai shopaholic atau si 'gila belanja'. Kalau mau dipikir, kenapa harus ditakutkan? Toh bukan sesuatu yang merugikan orang lain. Namun, tetaplah berhati-hati karena meski bukan penyakit hal ini tetap harus diwaspadai. Apalagi jika Anda kerap membeli barang tanpa tujuan berarti, tidak sesuai kebutuhan dan bahkan sampai membuat keuangan Anda bermasalah.

    Agar isi dompet tetap "aman" dan tidak menyesal nantinya, lakukan trik ini jika Anda sulit mengerem hasrat berbelanja:

  • 1. Jangan berbelanja sendiri

    Sering kali, ketika memiliki kesenangan berbelaja maka akan sulit untuk mengerem diri sendiri ketika melihat barang-barang menarik. Sebaiknya, carilah teman berbelanja yang dapat membantu Anda mengontrol diri. Misalnya sahabat atau pasangan yang mengerti Anda. Jangan ajak teman yang juga hobi berbelanja atau mengompori Anda ya.

  • 2. Jangan ke tempat perbelanjaan tanpa tujuan

    Biasanya orang menjadikan kegiatan ke pusat perbelanjaan sebagai cara untuk menyegarkan pikiran atau refreshing. Tujuannya hanya untuk cuci mata saja. Tetapi, bagi Anda yang sulit mengerem hasrat belanja, jangan pernah ke tempat perbelanjaan tanpa tujuan atau hanya untuk alasan cuci mata saya deh. Alih-alih pikiran menjadi segar, mungkin Anda malah jadi lebih stres karena sulit mengerem belanja sehingga pengeluaran membengkak.

  • 3. Mengalihkan kebiasaan

    Bagi Anda yang memiliki kebiasaan belanja, coba alihkan hobi Anda dengan hal lain seperti berjalan-jalan ke museum, perpustakaan, belajar memasak, atau sekadar menghabiskan waktu di rumah sambil menonton televisi dan kegiatan positif lainnya.

  • 4. Buat list kebutuhan sebelum berbelanja

    Terkadang, berbelanja tanpa kesiapan membuat kita membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Karenanya biasakan membuat dan membawa catatan daftar belanja sebelum pergi berbelanja. Disiplinlah dengan hanya membeli barang yang tertera dalam list, agar belanja jadi lebih terfokus. Beli barang yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda atau yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat.

  • 5. Hindari pemakaian kartu kredit dan gunakan cash

    Bagi Anda pencinta belanja, sebaiknya hindari memiliki kartu kredit. Apalagi dua hingga lebih kartu kredit dengan plafon hutang yang besar. Kartu kredit dapat memancing hasrat belanja semakin besar, sehingga sulit untuk dikendalikan. Sebaiknya pilih penggunaan cash untuk berbelanja agar Anda tetap merasa aman dan menghindari utang. Jika memang benar-benar memerlukan kartu kredit untuk pegangan di kala darurat, pilihlah kartu dengan plafon yang tidak terlalu tinggi atau simpan kartu kredit Anda di rumah.

  • 6. Jangan membawa uang banyak

    Seseorang cenderung 'lapar mata' bilang memiliki uang. Karenanya, sebaiknya Anda membawa uang tunai secukupnya daripada kesulitan mengerem hasrat berbelanja. Jika uang pas-pasan, Anda tentu enggan untuk banyak berbelanja kan?

  • 7. Selalu ingat prioritas Anda

    Ketika hasrat berbelanja mulai muncul, ingatlah prioritas Anda. Misalnya kebutuhan anak-anak, kebutuhan keluarga, atau kebutuhan lainnya yang lebih prioritas. Cara ini dapat membantu Anda mengerem hasrat berbelanja.

    Nah! Tidak ada alasan 'kantong bolong' di tengah bulan lagi ya. Jadilah smart shopperdengan mengikuti 7 kiat di atas. Selamat mencoba!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Trik mengamankan dompet si 'shopaholic'

Jangan sampai menyesal saat tagihan-tagihan utang bermunculan. Sebelum belanja, ikuti trik ini!
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr