6 kebiasaan ini Anda lakukan sehari-hari dan ternyata membahayakan. Hentikan segera!

6 kebiasaan yang dekat dengan keseharian Anda dan harus segera Anda ubah

1,696 views   |   16 shares
  • Hidup sehat dimulai dari hal-hal kecil yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan rajin berolahraga, Anda juga perlu meninggalkan beberapa kebiasaan yang berdampak negatif bagi kesehatan.

  • Dari sekian banyak kebiasaan yang merugikan kesehatan Anda, inilah 6 kebiasaan yang dekat dengan keseharian Anda dan perlu segera Anda ubah demi peningkatan kualitas hidup:

  • 1. Melewatkan sarapan

  • Pepatah mengatakan bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam hari Anda. Namun, pada kenyataannya, banyak orang melewatkan waktu sarapan dengan alasan kesibukan dan kepraktisan. Padahal, melewatkan sarapan memiliki sederet dampak negatif bagi kesehatan Anda.

  • Pertama, melewatkan sarapan akan membuat Anda cenderung makan berlebihan sepanjang hari, dengan alasan untuk "mengejar" asupan yang terlewat di pagi hari. Akibatnya, Anda rentan terkena obesitas dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengannya, seperti penyakit jantung koroner dan diabetes. Kedua, Anda akan sulit berkonsentrasi dan merasa bad mood. Belum lagi karena rendahnya gula darah, Anda akan merasa lemas, pusing, kepala berkunang-kunang, dan gemetaran. Ketiga, wanita yang kerap melupakan sarapan cenderung memiliki masalah saat PMS dan datang bulan. Dengan melewatkan sarapan, tubuh Anda tidak mendapatkan asupan secara optimal sehingga fungsi-fungsi tubuh Anda pun tidak berjalan baik. Sebuah penelitian menyebutkan, waktu terbaik untuk sarapan adalah sekitar pukul 7 pagi. Pilihlah menu makanan bergizi seimbang dan tidak melupakan konsumsi serat serta air dalam menu Anda. Dawn Jackson Blattner, seorang ahli diet terkemuka, menyarankan untuk memasukkan beberapa bahan ini dalam sarapan sehat Anda. Beri-berian, sereal dingin, cottage cheese, telur, teh hijau, oatmeal, selai kacang, smoothies, roti gandum utuh, dan yogurt akan menjadikan Anda siap mengarungi hari dengan awal asupan sehat bergizi.

  • Advertisement
  • 2. Menggunakan gadget sebelum tidur

  • Hidup di era milenial, tak afdol rasanya jika tidak menggunakan gadget dalam rutinitas harian Anda. Yang kerap terjadi, Anda menggunakan gadget nyaris tanpa jeda, termasuk menjelang tidur malam. Efek negatif yang mengancam Anda telah menanti. Radiasi elektronik yang dipancarkan gadgetAnda dapat menyebabkan gangguan tidur dan masalah pada otak. Selain itu, radiasi ini dikategorikan sebagai karsinogen kelas B dimana dalam jumlah besar dan jangka waktu panjang dapat menyebabkan gangguan pada janin hingga alterasi DNA. Menurunnya daya penglihatan dapat terjadi pula, disertai aneka gangguan mata seperti rasa gatal dan mata berair. Tak cuma orang dewasa, anak-anak Anda pun terancam kesehatannya saat penggunaan gadget dilakukan terlalu dini dan dalam frekuensi berlebihan. Tumbuh kembang si kecil akan terhambat, sehingga Anda perlu sangat membatasi penggunaannya.

  • 3. Lalai merawat gigi

  • Sebagai gerbang masuknya makanan ke dalam tubuh, gigi berperan penting dalam kesehatan. Saat Anda lalai merawatnya, maka kesehatan pun mudah terganggu. Jika Anda mengira menyikat gigi secara rutin sehabis makan dan sebelum tidur sudah cukup untuk memastikan gigi Anda bebas masalah, hal ini tidak sepenuhnya benar. Apakah Anda telah menyikat gigi dengan tepat? Yaitu, menggunakan sikat yang lembut, dilakukan 3 kali sehari (menyikat gigi berlebihan akan merusak enamel dan melukai gusi), durasi setidaknya 2 menit, dan dilanjutkan dengan penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi Anda. Selain itu, Anda sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang merusak gigi. Menggigiti kuku, menggemeretakkan gigi, menghancurkan es batu dengan gigi, dan menggunakan gigi untuk membuka barang seperti tutup botol, berisiko merusakkan gigi dari lapisan-lapisan pelindungnya sehingga gigi Anda menjadi sangat rapuh.

  • Advertisement
  • 4. Memakan buah tepat setelah makan besar

  • Kebiasaan ini telah lumrah dilakukan, mengonsumsi buah segar atau jus buah sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut. Alih-alih untuk menambah asupan serat dan melancarkan pencernaan, menyantap buah dengan cara dan waktu yang salah justru akan memberatkan kerja pencernaan Anda. Buah-buahan paling baik dikonsumsi saat perut Anda kosong, yaitu di pagi hari sebagai makanan pertama Anda atau sebagai hidangan kudapan di antara waktu sarapan dan makan siang. Santaplah satu jam sebelum makan hidangan utama atau beri jeda minimal 2 jam setelah jam makan utama. Ketika Anda mengonsumsi buah dalam waktu sangat berdekatan dengan makanan utama, buah-buahan ini tertahan lama di dalam usus, kemudian berfermentasi, tak jarang membusuk. Akibatnya, perut pun akan terasa tak enak, kembung, dan banyak gas terjebak di saluran pencernaan Anda.

  • 5. Malas mencuci tangan

  • Meskipun terlihat sederhana, kegiatan mencuci tangan seringkali disepelekan. Anda mungkin menganggap kuman-kuman banyak tersebar di tempat-tempat yang terlihat kotor dan tertutup, seperti toilet dan tempat sampah. Padahal, banyak tempat umum yang juga menjadi sumber kuman. Sebut saja, tombol lift, saklar lampu, mesin ATM, bahkan lembaran menu di restoran favorit Anda. Cucilah tangan dengan air bersih dan sabun selama paling tidak 20 detik. Bersihkan seluruh bagian, termasuk pergelangan tangan, sela-sela jari, punggung tangan, dan di bawah kuku untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Advertisement
  • 6. Menggunakan sandal jepit

  • Karena kepraktisan dan kenyamanannya, banyak orang memilih sandal jepit sebagai penutup kaki. Ternyata, sandal santai nan simpel ini merugikan kesehatan. Sebut saja, kisah yang dialami oleh Cindy (44 tahun) dan Verka (36 tahun) yang mengalami kelainan pada otot kaki akibat penggunaan sandal jepit pada jangka waktu lama. Cindy didiagnosa terkena plantar fasciitisdimana terjadi inflamasi pada otot dan jaringan yang menghubungkan tulang tumit dengan jari-jari kaki. Sedangkan Verka, terjatuh sehingga tulang kakinya retak akibat insiden yang melibatkan sandal jepit kesayangannya. Dianjurkan kepada wanita untuk memilih alas kaki dengan hak sekitar 3-4 cm untuk mengurangi beban pada telapak kaki dan otot tumit. Selain itu, hindari menggunakan sandal jepit saat berkendara bermotor dan menaiki eskalator, untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat sandal jepit yang terlepas di waktu yang tidak tepat.

  • Mulailah dari yang kecil dan mulailah sekarang juga. Sedikit demi sedikit, dengan mengganti 6 kebiasaan ini dengan kebiasaan baru yang lebih sehat, Anda pun akan segera merasakan manfaatnya. Hidup yang lebih bermutu dan tentunya, masa depan yang kian cerah.

Baca, hidupkan, bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

6 kebiasaan ini Anda lakukan sehari-hari dan ternyata membahayakan. Hentikan segera!

6 kebiasaan yang dekat dengan keseharian Anda dan harus segera Anda ubah
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr