Karier 'mandek'? Ini saatnya, tunjukkanlah 'suara'-mu!

Menjadi pribadi yang berani vokal dan dapat berpengaruh, terutama di lingkungan pekerjaan, adalah sebuah kelebihan tersendiri yang dapat menguntungkan perjalanan karier seseorang.

121 views   |   shares
  • Pribadi yang berani vokal dan dapat berpengaruh, terutama di dalam lingkungan pekerjaan merupakan sebuah kelebihan tersendiri yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perjalanan karier seseorang. Akan tetapi untuk menumbuhkan karakteristik tersebut, dibutuhkan waktu dan usaha. Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami rambu-rambunya jika ingin menjadi seseorang yang dapat berpengaruh di lingkungan kerja. Lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Bangun kepercayaan dengan rekan kerja

  • Pengaruh yang paling sering dan paling mudah diciptakan adalah melalui kepercayaan. Ketika rekan kerja percaya pada Anda, dia akan menyadari pengaruh Anda. Orang akan mendengarkan Anda, ketika mereka telah percaya pada Anda.

  • Selalu konsisten dan dapat diandalkan

  • Inkonsistensi adalah cara tercepat untuk merusak reputasi Anda. Konsistensi adalah cara yang efektif dan tepat yang dapat membuat orang datang untuk bergantung pada Anda. Ketika mampu konsisten dalam setiap pekerjaan, orang akan menyadari kinerja Anda dan dapat mengandalkan perilaku Anda. Mereka akan dengan mudah memercayai Anda, sehingga apa yang Anda sampaikan pun dapat diterima dengan baik.

  • Jadilah asertif, tidak agresif

  • Bersikap tegas adalah salah satu cara membuat Anda menjadi perhatian. Terutama ketika Anda bersaing agar dapat menonjol dalam sebuah pertemuan penting. Namun tentu, ada perbedaan antara menjadi asertif dan agresif. Anda harus menyajikan pikiran dan ide-ide dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, menunjukkan keyakinan Anda, tetapi tidak berlebihan. Ketika bersikap terlalu berlebihan, atau tampak sangat agresif, orang dapat menilai Anda sebagai pribadi yang terlalu arogan. Untuk itu, berhati-hatilah untuk bersikap atau saat menyajikan pikiran di luar keahlian Anda.

  • 'Act Louder'

  • Mencoba untuk membangun pengaruh melalui kata-kata tidak ada gunanya. Jika Anda ingin membangun pengaruh di tempat kerja, bicara melalui tindakan Anda, bukan hanya sekedar bicara saja. Atau setidaknya Anda sudah terbukti memiliki kapasitas kerja yang sesuai dan mendukung kata-kata Anda tersebut.

  • Mau mendengarkan orang lain

  • Poin terakhir yang perlu Anda ingat bahwa pengaruh adalah jalan dua arah. Semakin Anda mau percaya dan menerima pandangan orang lain, maka mereka pun akan menaruh segan dan kepercayaan pada Anda. Luangkan waktu untuk mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain, biarkan mereka tahu bahwa Anda menghargai mereka. Sehingga dengan demikian, apapun yang Anda katakan dan lakukan juga mendapat perhatian dan pengaruh terhadap orang lain.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Karier 'mandek'? Ini saatnya, tunjukkanlah 'suara'-mu!

Menjadi pribadi yang berani vokal dan dapat berpengaruh, terutama di lingkungan pekerjaan, adalah sebuah kelebihan tersendiri yang dapat menguntungkan perjalanan karier seseorang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr