Anggaran belanja Anda sangat ketat? Ini cara cerdas mengatasinya

Setiap keluarga pasti pernah mengalami ini, kebingungan menghadapi akhir bulan. Bagaimana cara menyiasatinya?

761 views   |   1 shares
  • Setiap keluarga pasti pernah mengalami ini, kebingungan menghadapi akhir bulan. Bagaimana cara menghindarinya? Sekali lagi yang terpenting bukanlah berapa penghasilan Anda, melainkan berapa pengeluaran Anda. Anda boleh saja memiliki penghasilan berjuta-juta, tetapi bila pengeluaran Anda tidak terkendali Anda tetap akan tekor di akhir bulan. Jadi pertanyaannya ialah bagaimana mengatur anggaran belanja yang sesuai dengan penghasilan Anda.

  • Menyusun anggaran

  • Anda dapat menggunakan beberapa amplop untuk membagi uang Anda. Untuk membayar sewa/cicilan rumah, untuk membayar listrik/telepon, itu adalah pengeluaran yang sudah dapat Anda pastikan. Berapa sisanya, bagilah menjadi empat minggu anggaran makanan. Cobalah setiap minggu untuk tidak melebihi apa yang sudah Anda jatahkan. Terserah jika hari Senin Anda ingin makan bistik dan hari Minggu terpaksa Anda makan sayur bayam saja. Yang afdol tentunya bila Anda menyediakan amplop untuk pengeluaran tidak terduga, seperti ban mobil pecah, aki mobil mati, anak perlu ke dokter dan sebagainya. Bila anggaran ini tidak terpakai, masukkanlah ke tabungan Anda. Tabungan ini juga perlunya untuk menghadapi keadaan darurat di mana Anda memerlukan biaya bagi hal-hal yang tidak dianggarkan.

  • Menghemat

  • Temukan cara-cara menghemat yang berharga. Misalnya Anda tidak lagi membeli air minum botolan, selain untuk menghijaukan lingkungan dengan mengurangi limbah plastik, Anda juga dapat menghemat banyak. Sebagai gantinya belilah alat untuk menyaring air supaya layak diminum. Atau kurangilah acara makan di luar. Jika biasanya seminggu sekali, Anda dapat melakukannya sebulan dua kali saja. Sebagai gantinya adakanlah hari tertentu di mana Anda masak sesuatu yang istimewa dan keluarga berkumpul menikmatinya dengan permainan, nonton televisi atau kegiatan lainnya.

  • Pokoknya sesuatu yang lebih murah daripada nonton di bioskop dan makan di restoran. Pelajarilah resep-resep baru di televisi atau majalah atau situs-situs di internet untuk dapat menyuguhkan sesuatu yang istimewa namun tidak terlalu mahal bagi keluarga Anda. Anda dapat memasak makanan khas India, menugasi anak-anak untuk menyajikan sedikit geografi dan budaya orang India. Kemudian menonton film India yang Anda sewa. Dengan demikian keluarga Anda belajar bersama tentang dunia sekitar Anda sementara menghemat anggaran.

  • Mencari tambahan

  • Tentu saja salah satu cara untuk menanggulangi ketekoran ialah mencari pekerjaan tambahan. Bila Anda memiliki waktu luang untuk mencari uang, misalnya dengan melakukan sesuatu di rumah yang dapat menghasilkan tambahan pendapatan seperti membetulkan mobil, menjahit baju, menjaga anak, dan lain-lain. Namun seperti yang disebutkan di atas, bukan berapa pemasukan Anda, melainkan bagaimana Anda mengatur pengeluaran Anda agar sesuai dengan pemasukan. Anda tidak perlu menjadi ahli matematika untuk menguasai ini, cukup dengan hitungan sederhana, menambah dan mengurangi.

  • Advertisement
  • Menyimpan uang akhir bulan

  • Sediakan uang khusus untuk akhir bulan, di rumah atau di bank, pokoknya di tempat aman yang tidak akan Anda sentuh sampai akhir bulan. Kemungkinan uang belanja Anda akan lebih sempit di pertengahan bulan, tidak apa-apa, karena Anda memiliki jaminan bahwa itu bukan uang terakhir Anda. Itu lebih baik, daripada Anda merasa masih mempunyai cukup uang dan membelanjakannya, ternyata tidak cukup sampai akhir bulan, ke mana Anda harus mencarinya?

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anggaran belanja Anda sangat ketat? Ini cara cerdas mengatasinya

Setiap keluarga pasti pernah mengalami ini, kebingungan menghadapi akhir bulan. Bagaimana cara menyiasatinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr