Menyimpan dendam dan kerugiannya untuk diri sendiri

Ketika seseorang merasa menjadi korban kesalahan orang lain, mungkin yang pertama-tama dipikirkannya ialah membalas dendam. Tetapi percayalah membalas dendam hanya mendatangkan kerugian pada diri kita sendiri.

737 views   |   6 shares
  • Ketika seseorang merasa menjadi korban kesalahan orang lain, mungkin yang pertama-tama dipikirkannya ialah membalas dendam. Tetapi percayalah membalas dendam hanya mendatangkan kerugian pada diri kita sendiri. Kita mengira akan memperoleh kepuasan mental karena dapat membalas dendam. Namun sementara itu dendam kesumat yang membakar hati Anda akan mengakibatkan perasaan sakit dan bukan kebahagiaan.

  • Seorang ibu yang kehilangan anak perempuan kecilnya dalam kecelakaan, memutuskan untuk memaafkan penabraknya. Dia tahu bahwa pengemudi mobil itu, seorang nenek tua, tidak sengaja menabrak anaknya dan sudah cukup merasa terhukum karena membunuh seseorang dengan mobilnya. Dia bahkan tidak menuntut secara hukum si ibu tua itu. Bayangkan seorang yang kehilangan putrinya masih sempat memikirkan beban orang lain yang mengakibatkan putrinya meninggal!

  • Dalam sebuah seri televisi Revenge yang panjang, dituturkan tokohnya melakukan pembalasan dendam terhadap keluarga yang mengakibatkan ayahnya dihukum tanpa alasan. Sepanjang perjalanannya membalas dendam, banyak korban berjatuhan sehingga akhirnya dia melihat bahwa pembalasan dendam hanyalah menghabiskan ketenteraman jiwanya.

  • Tidak jarang karena keinginan membalas dendam membutakan perasaan seseorang, dia tidak dapat melihat kehidupan yang lebih lapang dan bahagia tanpa dendam. Seorang wanita yang sangat membenci menantunya karena suatu kesalahan yang tidak sengaja, kehilangan kesempatan bercengkrama dengan cucu-cucunya karena dia tidak pernah mau berkunjung ke rumah mereka.

  • Kasih adalah dasar dari pengampunan, tanpa kasih dendam akan terus berkobar. Karena itu penting untuk memupuk perasaan kasih bahkan kepada orang-orang yang kita anggap sebagai musuh kita. Bila dendam diibaratkan sebagai api yang menyala, kasih adalah air yang dapat memadamkan api itu, mendinginkan hati yang penuh dendam.

  • Itulah pentingnya saling memaafkan pada hari raya Idulfitri dan perasaan kasih di hari Natal. Setiap agama mengajarkan Anda untuk mengasihi musuh-musuh Anda, berarti memaafkan kesalahan mereka dan tidak menaruh dendam dalam hati Anda. Untuk menimbulkan perasaan damai di hati dan ketenteraman di sekelilingnya.

  • Contoh yang paling gamblang dalam hal menyimpan dendam ialah bila mobil Anda tiba-tiba disalip di jalan dan Anda marah serta membalasnya sehingga timbul kejar-kejaran yang membahayakan lalu lintas di sekeliling Anda saat itu. Bagaimana seandainya mobil orang itu menabrak dan berakibat fatal, atau mobil Anda menabrak orang lain sehingga Anda menderita luka parah. Apa untungnya? Akibat buruknya mungkin akan terasa seumur hidup, sedangkan rasa puasnya hanya sekejap saja.

  • Advertisement
  • Dalam film terkenal Home Alone I si cilik Mcauley Culkin dalam perannya sebagai anak yang cerdik, menasihati seorang kakek yang tampak kesepian di gereja. Dia menganjurkan kakek itu agar berbaik dengan anak lelaki satu-satunya dan melupakan pertentangan yang terjadi dulu. Si kakek mengikuti nasihat anak kecil itu dan berbaik dengan anaknya sehingga dia tidak kesepian lagi.

  • Dari cerita-cerita di atas Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa menaruh dendam hanyalah mendatangkan kerugian. Hanya orang yang berpikiran sempit dan berjiwa kerdil lebih senang menyimpan dendam kesumat. Namun orang yang berpikiran luas dan berlapang dada sadar bahwa tidak ada gunanya menyimpan dendam. Orang Nasrani diajarkan untuk memberikan pipi yang sebelah lagi bila pipinya digampar orang. Ini tentunya pelajaran yang sulit, karena umumnya orang akan balas menggampar bila pipinya ditampar orang.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menyimpan dendam dan kerugiannya untuk diri sendiri

Ketika seseorang merasa menjadi korban kesalahan orang lain, mungkin yang pertama-tama dipikirkannya ialah membalas dendam. Tetapi percayalah membalas dendam hanya mendatangkan kerugian pada diri kita sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr