5 hal yang harus Anda lakukan setelah mengalami kegagalan

Tidak semua usaha membuahkan kesuksesan, adakalanya Anda menemui kegagalan. Tentu saja Anda kecewa berat, namun itu bukan berarti Anda harus berhenti sampai di situ saja, bukan?

99 views   |   shares
  • Tidak semua usaha membuahkan kesuksesan, adakalanya Anda menemui kegagalan. Tentu saja Anda kecewa berat, namun itu bukan berarti Anda harus berhenti sampai di situ saja, bukan? Setiap orang pasti pernah menemui kegagalan, entah itu dalam usahanya berbisnis atau dalam urusan pendidikan untuk meraih gelar, atau bahkan dalam bercinta. Ketika gagal dalam suatu usaha Anda tidak boleh terpuruk menyesali nasib dan berhenti sampai di situ saja. Orang bijak mengatakan bahwa kegagalan adalah cambuk untuk keberhasilan. Memang benar bahwa sebaliknya dari menyesali kegagalan itu, Anda seharusnya merasa dipecut untuk bangkit dan berusaha lagi sampai berhasil. Apa yang dapat membuat Anda berhasil sesudah itu?

  • Menerima kenyataan

  • Betapapun pahitnya kenyataan yang Anda hadapi Anda harus menerimanya dengan ikhlas. Tidak semua orang dapat berusaha dan langsung berhasil, ada yang harus jatuh bangun beberapa kali. Bila Anda dapat menerima kenyataan ini, Anda dapat melapangkan pikiran untuk mengkaji apa yang salah dalam usaha Anda itu. Apakah Anda harus belajar lebih banyak, atau apakah Anda harus mengubah halauan supaya usaha Anda itu berhasil. Anda tidak perlu menyesali kesalahan Anda, yang penting Anda dapat mengubahnya untuk maju dan berhasil.

  • Meminta bantuan

  • Mungkin Anda memerlukan bantuan orang lain untuk melihat kesalahan Anda karena Anda sendiri tidak dapat menemukannya. Jangan pernah merasa malu untuk berbuat itu. Berlapang dadalah untuk meminta bantuan orang lain demi keberhasilan Anda. Pendapat yang jujur dan terus terang lebih berharga daripada yang sekedar memuji Anda dan menutup-nutupi kesalahan Anda. Anda juga harus mampu menerima kritik yang membangun betapapun pedasnya kritikan itu.

  • Mengubah haluan

  • Jika usaha Anda kurang tepat saatnya atau jika ini mengenai pendidikan dan jurusan yang Anda ambil kurang cocok, janganlah segan-segan untuk mengubah haluan sesudah Anda mendengarkan pendapat dan bimbingan orang lain. Jika usaha Anda berkaitan dengan hubungan cinta, janganlah kecil hati dan berkeras dengan kehendak Anda. Karena hal ini menyangkut perasaan orang lain, hargailah perasaan itu. Mungkin dia bukanlah orang yang tepat bagi Anda, bukalah hati Anda bagi orang lain yang lebih sesuai dan berharga bagi cinta Anda.

  • Bangkit kembali

  • Jika kegagalan Anda dalam bidang bisnis, Anda mungkin memerlukan waktu untuk membina modal Anda sebelum dapat memulai usaha yang lain. Begitupun bila kegagalan Anda di bidang pendidikan atau cinta, Anda tetap memerlukan waktu untuk belajar atau menemukan pasangan lain. Kunci dari semua ini ialah kesabaran. Tanpa kesabaran Anda akan tergopoh-gopoh melakukan sesuatu yang keliru. Namun bila dengan sabar Anda memperhitungkan segala sesuatunya dengan baik, kemungkinan Anda untuk berhasil akan lebih besar. Luangkanlah waktu untuk mencari bimbingan, merintis usaha untuk bangkit kembali dan lakukanlah langkah-langkah ini dengan tujuan pasti.

  • Advertisement
  • Ketekunan

  • Ini adalah sifat yang penting, karena tanpa ketekunan Anda tidak akan memiliki tekad untuk bangkit kembali. Anda dapat menaruh cita-cita Anda setinggi bintang, namun tanpa ketekunan Anda akan berhenti di tengah jalan dan meninggalkannya. Kesabaran dan ketekunan berjalan seiring, tanpa keduanya Anda akan gagal di tengah jalan. Seperti atlit yang menyimpan sebagian tenaganya untuk memenangkan pertandingan, Anda harus tetap mempertahankan kesabaran dan ketekunan Anda untuk mencapai garis kesuksesan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 hal yang harus Anda lakukan setelah mengalami kegagalan

Tidak semua usaha membuahkan kesuksesan, adakalanya Anda menemui kegagalan. Tentu saja Anda kecewa berat, namun itu bukan berarti Anda harus berhenti sampai di situ saja, bukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr