Rasa ingin tahu, kunci menuju kemajuan

Rasa ingin tahu bisa menjadi penyelamat Anda dalam menjalani hidup. Asalkan..

199 views   |   shares
  • Bila Anda memiliki rasa ingin tahu, hal itu tidak selalu buruk, Anda malah dapat terpicu untuk mengetahui lebih banyak. Curiosity kills the cat, kata orang Barat. Mungkin ada kucing yang berjalan di pinggir kali dan melihat banyak ikan berseliweran. Kucing itu terjun untuk menangkapnya dan ternyata kali itu cukup dalam sehingga dia tenggelam dan mati. Tetapi perkataan ini juga mungkin sebagai peringatan bagi orang yang suka ingin tahu. Jika rasa ingin tahunya hanya bersifat suka ikut campur urusan orang lain, mungkin itu akan melibatkan dia kepada sesuatu yang buruk. Misalnya saja dia ingin tahu mengapa tetangganya begitu kaya dan dapat membeli apa saja yang diinginkannya. Ternyata tetangganya itu Mafia yang berurusan dengan jual beli narkoba, jika dia mengetahui rahasia ini mungkin dia dapat dibunuh.

  • Namun jika rasa ingin tahunya bersifat mencari pengetahuan, maka hal ini akan menjadi kunci kemajuannya. Misalnya dia ingin tahu bagaimana dokter dapat menyembuhkan pasiennya dan dia masuk sekolah kedokteran, maka dengan begitu dia dapat menjadi dokter yang mampu menyembuhkan orang-orang sakit. Atau dia melihat berbagai lukisan yang indah dan ingin tahu bagaimana orang dapat menciptakan lukisan-lukisan seperti itu. Lalu dia mengambil kursus melukis sehingga dia sendiri mampu menciptakan lukisan yang indah. Nah, contoh-contoh seperti inilah yang dikatakan kunci menuju kesuksesan.

  • Bayangkan sampai sekarang kita masih akan hidup dalam kegelapan seandainya Edison tidak ingin tahu tentang arus tenaga listrik. Begitu juga seandainya Alexander Graham Bell tidak ingin tahu tentang suara dari jauh yang dapat dihubungkan dengan telepon, kita tidak akan memiliki smartphone yang begitu canggih seperti sekarang ini. Atau jika dua bersaudara Wright tidak ingin tahu tentang caranya pesawat terbang berjalan, Anda mungkin sampai sekarang tidak dapat melompat dari benua ke benua dengan pesawat terbang. Rasa ingin tahu dari para penemu inilah yang membuat dunia maju seperti sekarang. Ini terus dilanjutkan dengan penemuan-penemuan lain pada masa kini, entah itu dibidang kedokteran atau dibidang ilmiah lainnya.

  • Kita mungkin tidak akan menjadi penemu besar seperti yang disebutkan di atas tetapi bila kita memupuk rasa ingin tahu kita dengan baik dan ke arah yang benar, hal itu dapat membantu kita menjadi berhasil. Katakanlah Anda ingin tahu mengapa tetangga Anda sukses dan Anda melihat bahwa dia bekerja keras serta tekun. Anda mengikuti teladannya dan Anda sendiri menjadi sukses. Hal-hal kecil seperti ini menjadikan rasa ingin tahu Anda kunci keberhasilan Anda.

  • Advertisement
  • Ketika AIDS baru dikenal orang di sekitar tahun 80-an, seluruh dunia ketakutan dan menganggapnya sebagai momok yang mengerikan. Namun dengan adanya orang-orang yang bersimpati serta mulai mencari obat penangkalnya, akhirnya dunia dapat menerimanya seperti penyakit lainnya. Banyak badan dunia yang bekerja sama untuk menanggulanginya khususnya di negara-negara ketiga seperti di Afrika. Para dokter ingin tahu apa yang dapat mereka perbuat untuk memperbaiki tingkat kesehatan penduduk di negara-negara itu. Inilah yang menjadi kunci bagi perbaikan keadaan di Afrika. Orang tidak hanya lari ketakutan dan menghindari diri dari penyakit itu, mereka mencari tahu apa penyebabnya sehingga dapat menemukan penangkalnya.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Rasa ingin tahu, kunci menuju kemajuan

Rasa ingin tahu bisa menjadi penyelamat Anda dalam menjalani hidup. Asalkan..
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr