Tren penyimpanan darah tali pusat, pentingkah?

Sel stem darah tali pusat dipercaya mampu mengobati berbagai masalah penyakit bagi anak dan kerabat terdekatnya. Apakah Anda berminat?

1,013 views   |   3 shares
  • Belakangan ini marak menyimpan darah tali pusat di bank darah penyimpanan tali pusat. Sebenarnya pentingkah menyimpan tali pusat tersebut?

  • Darah tali pusat merupakan darah yang masih tertinggal di dalam tali pusat pada saat bayi baru dilahirkan. Biasanya darah ini terlihat setelah tali pusat dipotong. Darah tali pusat ini disebut juga darah plasenta yang biasanya di Indonesia ikut dibuang atau ditanam bersama ari-ari atau plasenta. Tujuan dari pengambilan darah tali pusat ini adalah untuk mengambil sel induk yang terdapat di dalamnya.

  • Belakangan diketahui jika sel darah tali pusat dapat berkembang menjadi sel lain di dalam tubuh manusia. Darah tali pusat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker darah, sindrom kegagalan sumsum tulang, kelainan darah seperti thalasemia, kelainan metabolisme turunan, defisiensi kekebalan tubuh, jantung dan saraf. Bahkan darah tali pusat bisa digunakan sesama anggota keluarga misalnya saudara kandung dan orang tua dengan tingkat kecocokan yang lebih kecil daripada darah tali pusat milik sendiri. Darah tali pusat ini bisa disimpan di bank darah tali pusat sampai anak berumur 21 tahun.

  • Saat ini penyimpanan darah tali pusat tidak lagi perlu ke luar negeri, Indonesia sendiri sudah banyak tempat yang menyediakan penyimpanan darah tali pusat. Bank penyimpanan darah tali pusat pertama di Indonesia diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009, pada tanggal 14 Oktober 2006. Bank ini hadir di Indonesia karena semakin banyaknya permintaan untuk penyimpanan darah tali pusat di Indonesia.

  • Darah disimpan 40 sampai 100 cc dengan cara diambil pada saat pemotongan tali pusat di hari kelahiran bayi sehingga tidak menyakitkan baik untuk si ibu maupun untuk bayi. Tali pusat akan diambil darahnya dan dilakukan pemisahan stem cell pada laboratorium. Selanjutnya akan disimpan pada suhu -196 derajat celcius dalam nitrogen cair di sebuah alat yang disebut sebagai cryotank, sehingga sel tetap dalam kondisi baik dan stabil.

  • Sebenarnya stem cell ini sendiri juga terdapat di sumsun tulang belakang, namun stem cell yang terdapat dalam darah tali pusat memiliki kelebihan yaitu di antaranya lebih muda dan lebih murni sehingga jarang ditemukan menyerang diri sendiri karena tingkat kecocokan yang tinggi bila dipakai sendiri. Beberapa penyakit yang bisa diterapi dengan stem cell antara lain leukemia, neuroblasma, thalesemia serta kanker tulang.

  • Namun perlu diingat, di samping kelebihan tersebut jika Anda berniat untuk menyimpan darah tali pusat maka harus mempertimbangkan bahwa penyakit-penyakit tersebut di atas tidak sepenuhnya bisa disembuhkan seketika dengan adanya stem cell. Namun kemungkinan untuk sembuh lewat terapi ini tetaplah ada. Jika memerlukan stem cell saat sudah usia dewasa maka darah tali pusat yang diperoleh saat kelahiran tentunya sudah tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhannya.

  • Advertisement
  • Namun karena banyak kelebihan dan keuntungannya, maka tidak ada salahnya jika Anda memiliki dana lebih dan berminat untuk mencoba menyimpan darah tali pusat bayi Anda. Biaya yang perlu dikeluarkan di awal memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan biaya tahunannya, namun tidak masalah jika Anda memiliki anggaran lebih dan jika stem cell tersebut berguna kelak bagi kesehatan anak Anda. Sebagai gambaran untuk menyimpan darah tali pusat ini, di sebuah bank darah tali pusat di Indonesia pada tahun 2013 dihargai sekitar 40 juta. Apakah Anda berminat?

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Tren penyimpanan darah tali pusat, pentingkah?

Sel stem darah tali pusat dipercaya mampu mengobati berbagai masalah penyakit bagi anak dan kerabat terdekatnya. Apakah Anda berminat?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr