Hai calon Ayah, sudahkah Anda lakukan hal ini menjelang persalinan istri?

Jelang persalinan seorang ibu, para calon ayah perlu turut mempersiapkan diri. Karena peran mereka, sama pentingnya bagi perjuangan yang akan dilakukan oleh para ibu.

1,510 views   |   20 shares
  • Memasuki trimester ketiga kehamilan istri, seorang suami perlu mulai bersiap diri untuk mendampingi istri dan calon buah hatinya. Meski istrilah yang nantinya melewati segala proses persalinan, namun sebagai suami Anda juga memiliki peran penting untuk mewujudkan lancar atau tidaknya persalinan tersebut. Saat istri sedang hamil besar, ia menemui banyak kesulitan untuk dapat mempersiapkan kelahiran anaknya seorang diri. Di sinilah tugas dan peran suami dimulai, dengan benar-benar mengurus dan mempersiapkan segala kebutuhan istri hingga menjelang persalinan.

  • Apa sajakah itu? Berikut hal-hal yang harus dilakukan oleh suami menjelang istri melahirkan:

  • 1. Rutin mendampingi istri check up

  • Beberapa pasangan memilih tidak melakukan check up dikarenakan sang istri yang tidak pernah mengalami keluhan semasa kehamilan. Ini salah! Sebaik apapun kondisi istri Anda, upayakan untuk membawa dan mendampingi saat ia memeriksakan kandungannya agar Anda dan istri dapat mengetahui kondisi kesehatan bayi setiap bulan. Apalagi jika kehamilan sang istri memasuki trimester ketiga, Anda memerlukan informasi kapan perkiraan waktu melahirkan, bagaimana kondisi kelahiran yang mungkin akan terjadi dan apa yang bisa Anda lakukan jika tanda-tanda persalinan terjadi. Informasi-informasi ini perlu Anda ketahui agar selalu siaga menjelang persalinan.

  • 2. Rencanakan proses kelahiran

  • Ini merupakan hal penting yang perlu Anda persiapkan. Rencanakan proses persalinan yang akan dilakukan, beberapa bulan sebelum waktu yang ditentukan. Bagaimana Anda memilih prosesnya? Persalinan di rumah sakit, di klinik atau di rumah dengan bantuan bidan, siapa dokter atau bidan yang membantu, dan lain sebagainya. Rencanakan dengan baik agar tidak terjadi kepanikan saat waktu melahirkan tiba.

  • 3. Menyiapkan biaya persalinan

  • Mempersiapkan biaya persalinan juga hal yang sangat penting. Walau Anda mempersiapkan persalinan normal yang tidak memakan terlalu banyak biaya, tetap siapkan dana ekstra jika ada hal-hal darurat yang membuat istri Anda harus melalui persalinan dengan cara bedah cesar.

  • 4. Menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan

  • Menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk administrasi rumah sakit dan urusan pencatatan lahir anak. Terlihat sepele, namun seringkali terlupakan dan nantinya justru akan merepotkan Anda. Umumnya para suami lupa menyiapkan dokumen seperti, KTP suami istri, kartu keluarga atau surat nikah.

  • 5. Menyiapkan perlengkapan bayi

  • Advertisement
  • Lakukan persiapan ini jauh sebelum waktu persalinan. Mulailah mempersiapkan segala kebutuhan calon bayi Anda, mulai dari segala kebutuhan untuk di rumah hingga persiapkan perlengkapan bayi untuk Anda bawa pada saat istri Anda akan melahirkan.

  • 6. Ajak istri melakukan olahraga ringan dan banyak berjalan

  • Wanita yang hamil di trimester akhir, disarankan untuk mempersiapkan fisiknya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang atau senam relaksasi. Hal ini diperlukan untuk memperlancar proses persalinannya kelak. Tugas Anda sebagai suami adalah menemani istri berolahraga ringan seperti berjalan pagi keliling kompleks setiap pagi, atau berenang bersama. Namun selalu ingat untuk menjaga agar istri Anda tidak kelelahan yang mungkin dapat berakibat buruk bagi janinnya.

  • 7. Dukungan 101%

  • Hamil bukan proses yang mudah. Istri akan melalui sebuah proses persalinan yang menyakitkan dan melelahkan. Karena tidak dapat berbagi perasaan tersebut, lakukan apa yang bisa Anda lakukan seperti memberi semangat dan dukungan Anda saat ia melewati semuanya. Buat istri Anda merasa nyaman dengan kehadiran Anda di sampingnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Hai calon Ayah, sudahkah Anda lakukan hal ini menjelang persalinan istri?

Jelang persalinan seorang ibu, para calon ayah perlu turut mempersiapkan diri. Karena peran mereka, sama pentingnya bagi perjuangan yang akan dilakukan oleh para ibu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr