Mengapa perasaan paling nyaman adalah ketika berada di rumah sendiri?

Home sweet home. 'Semewah' apapun rumah sendiri, pasti selalu bisa membuat penghuninya nyaman.

499 views   |   4 shares
  • Pasti Anda sudah sering mendengar istilah yang mengatakan rumahku adalah istanaku bukan? Ya memang benar adanya, pergi kemanapun kita dan dimanapun sudah pasti yang paling membuat nyaman diri kita adalah berada di rumah kita sendiri. Itulah mengapa kebanyakan orang selalu bercita-cita untuk dapat memiliki rumah sendiri ketika mereka sudah berumah tangga dan bekerja. Berada di rumah sendiri tidak dapat disamakan walaupun Anda sedang menginap di rumah bernilai milyaran, hotel berbintang lima, maupun sedang berkunjung ke rumah saudara tetapi bukan area Anda sendiri.

  • Banyak sekali unsur-unsur yang menimbulkan perasaan ini. Pada dasarnya rumah memang ditujukan agar penghuni di dalamnya dapat terlindung dari panas dan hujan, namun jika kita lihat pada fungsi lainnya yang dimiliki sebuah rumah tentu Anda akan mengerti mengapa sebuah rumah yang kita miliki sendiri menjadi sangat nyaman ketika berada di dalamnya. Beberapa fungsi lain rumah yang dapat kita ketahui adalah karena rumah adalah tempat kita melakukan berbagai aktivitas dan tempat awal untuk melakukan berbagai kegiatan. Dari mandi, beristirahat, sampai sebagai tempat untuk bersosialisasi pun rumah memiliki fungsi yang luar biasa terhadap hidup seseorang.

  • Selain itu adanya privasi kita yang terlindungi pada sebuah rumah juga membuat kita akan merasa selalu nyaman berada di rumah sendiri, berbeda halnya jika berada di tempat lain yang bukan rumah kita, tentu akan ada banyak hal yang menjadi terbatas untuk kita lakukan. Berada di hotel termahal sekalipun di mana kita mengeluarkan biaya untuk berbagai fasilitas untuk memanjakan diri belum tentu akan dapat membuat kita nyaman berada disana.

  • Bagi seseorang yang sudah memiliki rumah sendiri apalagi berasal dari jerih payah sendiri mendapatkannya, sekecil apapun pasti akan merasa lebih senang berada di rumahnya. Justru akan memberi banyak hal lain yang akan membuatnya senang dan bangga akan rumah yang dimiliki tersebut, seperti misalnya dapat mendekorasi setiap ruangan dengan cara dan seleranya sendiri, meletakkan berbagai perabotan sesuai keinginan, melakukan apapun yang disukai bersama keluarga atau teman atau mungkin merenovasi rumah nya dengan desain yang diinginkan.

  • Atas semua alasan itulah maka rumah tidak dapat hanya diartikan sebagai bangunan saja, kecil, besar, mewah ataupun sederhana rumah seperti apapun adalah istana bagi pemiliknya. Dari rumahlah sejarah kehidupan bermula, bahkan banyak sekali rumah tempat kelahiran orang-orang terkenal yang seringkali sampai dilestarikan hingga saat ini, begitu juga dengan rumah kita sendiri yang sudah pasti memiliki nilai tersendiri di hati. Pada sebuah rumah dapat menyimpan banyak cerita hidup yang pastinya selalu berbeda di tiap keluarga. Oleh karena itu, pergi kemanapun pasti rasa rindu pada rumah akan selalu muncul, itu lah mengapa rumah sendiri adalah yang terbaik. Dan rumahku istanaku adalah istilah yang ternyata benar-benar mewakili semua perasaan di atas.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Mengapa perasaan paling nyaman adalah ketika berada di rumah sendiri?

Home sweet home. 'Semewah' apapun rumah sendiri, pasti selalu bisa membuat penghuninya nyaman.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr