Tahukah Anda? Penggunaan car seat tidak dianjurkan lebih dari 30 menit

Membawa bayi berusia 0-3 bulan jalan-jalan menaiki mobil dan menggunakan car seat memang sudah benar, namun terlalu lama berada pada car seat dapat membuat bayi sesak napas.

321 views   |   3 shares
  • Bepergian bersama buah hati memang menyenangkan, apalagi memang dilakukan dalam rangka liburan keluarga menuju suatu destinasi menggunakan kendaraan. Banyak keluarga yang menyediakan tempat duduk khusus bagi bayi di dalam mobil mereka. Car seat memang diperuntukkan bagi bayi yang akan ikut mengendarai mobil, memang terdengar sangat aman jika dilihat dari fungsi dan bentuknya yang sangat terlihat cocok untuk anak bayi. Namun ternyata hal ini bukan berarti tidak memiliki risiko. Tahukah Anda bahwa bayi tidak boleh duduk di car seat lebih dari 30 menit? Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan sebuah tim dari Bristol University, Inggris.

  • "Dari penelitian selama satu jam di car seat, level oksigen pada tubuh bayi menurun drastis dan detak jantungnya meningkat", kata Profesor Fleming, salah seorang peneliti.

  • Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan simulator ini menganalisis level oksigen pada bayi yang cenderung menurun ketika terlalu lama di car seat, atau tepatnya lebih dari 30 menit. Profesor Fleming menyarankan agar selalu ada orang yang selalu duduk di samping bayi untuk mengawasi. Membawa bayi berusia 0-3 bulan jalan-jalan menaiki mobil dan menggunakan car seat memang sudah benar, namun terlalu lama berada pada car seat dapat membuat bayi sesak napas. Guncangan dan getaran yang terus menerus dari gerakan mobil dapat membahayakan bayi yang duduk di car seat lebih dari waktu tersebut.

  • Saat bayi mengalami sesak napas, bisa saja ia tak menunjukkan reaksi menangis atau rewel, oleh karena itu penting sekali untuk selalu memperhatikan napas bayi. Napas yang lebih cepat dari biasanya, wajah yang memerah adalah tanda - tanda bayi mengalami sesak napas.

  • Berdasarkan penelitian lainnya yang meneliti tingkat oksigen dalam darah bayi pada posisi duduk, dibandingkan dengan posisi tidur, disimpulkan bahwa satu jam adalah waktu maksimum. Meski para produsen car seat mengklaim bahwa car seat aman digunakan selama dua jam, tetapi para ahli kesehatan anak menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh lebih dari satu jam dengan bayi berada di car seat.

  • Bayi yang baru lahir tidak memiliki otot leher yang cukup kuat untuk menanggung getaran atau guncangan mobil yang berjalan. Berbahaya sekali jika tiba-tiba kepala bayi jatuh kedepan akibat gerakan mobil yang tiba-tiba, karena akan memicu sesak napas yang cukup parah pada bayi.

  • Proses belajar duduk bagi bayi memerlukan waktu sekitar 6-12 bulan atau lebih dan dilakukan secara perlahan-lahan, pertama kali bayi dapat duduk umumnya belum dapat menyeimbangkan tubuhnya dengan baik dan belum dapat terlalu lama. Ketika tubuhnya lelah ia akan menggulingkan atau menjatuhkan secara tiba-tiba. Oleh karena itu, ketika bayi duduk dibutuhkan peran orang tua untuk selalu mendampinginya.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Tahukah Anda? Penggunaan car seat tidak dianjurkan lebih dari 30 menit

Membawa bayi berusia 0-3 bulan jalan-jalan menaiki mobil dan menggunakan car seat memang sudah benar, namun terlalu lama berada pada car seat dapat membuat bayi sesak napas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr