Cara membangun komunikasi yang baik dengan guru anak Anda di sekolah

Dengan berjalannya komunikasi yang baik antara orangtua murid dengan guru di sekolah akan banyak mendukung proses pengajaran yang optimal terhadap sang anak.

390 views   |   2 shares
  • Peran orang tua dan guru sangat penting dalam perkembangan anak didik di sekolah. Selain pemerintah yang turut berperan dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, orang tua dan guru juga memiliki tanggung jawab yang sama besar nya untuk perkembangan karakter dan pendidikan seorang anak. Dengan optimalnya peran orang tua dan guru banyak sekali hal negatif yang dapat dicegah yang dewasa ini banyak terjadi pada anak-anak di sekolah maupun di luar sekolah.

  • Untuk mewujudkan hal tersebut dan mengoptimalkan hubungan antar pemegang tanggung jawab yakni orang tua dan guru ini perlu dibangun komunikasi yang baik dan konsisten secara terus menerus. Dengan berjalannya komunikasi yang baik antara orang tua murid dengan guru di sekolah pula yang juga akan banyak mendukung proses pengajaran yang optimal terhadap sang anak.

  • Untuk dapat membangun komunikasi yang baik dan juga sehat baik oleh guru dan orang tua ada beberapa hal yang dapat diperhatikan, yaitu:

  • 1. Sikap menghargai

  • Baik orang tua atau pun guru baiknya sejak awal memiliki sikap yang menghargai satu dengan yang lainnya, khususnya orang tua yang kebanyakan merasa karena sudah membayar kewajibannya di sekolah lalu merasa seperti tidak perlu menghargai guru di sekolah. Hal ini tidaklah benar, karena demi anak perasaan seperti ini tidak perlu dimunculkan.

  • 2. Rasa empati

  • Dengan ber-empati orang tua ataupun guru akan mampu menempatkan diri masing-masing pada situasi yang tepat sehingga kedua pihak akan merasa nyaman dan memudahkan untuk saling bertukar informasi yang bermanfaat bagi anak.

  • 3. Mau mendengar

  • Kebanyakan orang tua memang umumnya lebih banyak hanya ingin semuanya sesuai dengan kehendak mereka tanpa mau mendengar dan mengerti tentang hal lain di luar keinginan nya. Dengan mau mendengar tentang informasi dari guru atau sekolah, orang tua juga akan dapat melengkapi setiap kekurangan yang terjadi pada anak.

  • 4. Mau menerima

  • Setelah mendengar dan mendapatkan informasi dari pihak sekolah ataupun pihak orang tua murid, masing-masing komponen harus dapat menerima setiap tugas atau pun kritikan yang didapatkan. Karena bagaimanapun tujuannya adalah demi anak murid.

  • 5. Kerendahan hati

  • Yang terakhir untuk dapat membangun sebuah komunikasi yang baik antara orang tua dan guru adalah sikap yang selalu rendah hati. Dengan rendah hati tentu yang diutamakan bukanlah hanya kepentingan sendiri tetapi lebih mengutamakan kepentingan tujuan yang akan dicapai yaitu suksesnya pengajaran terhadap anak murid.

  • Advertisement
  • Lima sikap di atas adalah sikap yang mendasar yang harus diutamakan oleh para orang tua dan guru untuk dapat bersama membangun sebuah komunikasi yang baik dan sehat dengan tujuan yang sama. Dengan adanya sikap yang saling membangun inilah yang akan membuat hubungan yang akrab dan hangat sehingga anak tidak hanya mendapat pengajaran selama di sekolah saja, tetapi mendapatkan pendidikan yang berlangsung berkesinambungan baik anak berada di sekolah maupun berada di rumah. Tentu anak yang berprestasi akan membawa prestasi pula bagi orang tua dan gurunya serta sekolah bahkan negara di mana ia berada.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Cara membangun komunikasi yang baik dengan guru anak Anda di sekolah

Dengan berjalannya komunikasi yang baik antara orangtua murid dengan guru di sekolah akan banyak mendukung proses pengajaran yang optimal terhadap sang anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr