Ketahui ini sebelum Anda mempraktikkan Yoga

Stres tidak mudah untuk diobati oleh pengobatan medis. Anda sudah pernah mencoba Yoga?

186 views   |   3 shares
  • Yoga merupakan kegiatan yang dilakukan dengan berlatih pikiran untuk dapat mengendalikan seluruh panca indera dengan tingkat konsentrasi yang tinggi. Seseorang yang melakukan yoga dituntut untuk dapat menyelaraskan pikiran mereka dengan jiwa dan tubuh sekaligus. Senam yoga sendiri sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan memang cukup bermanfaat untuk dapat mengurangi tingkat stres seseorang serta menyeimbangkan kehidupan mereka.

  • Di Indonesia yoga mulai dikenal sejak sekitar tahun 1990, sekian banyak fenomena yang terjadi di Indonesia pun membuat dampak yang sangat besar pada masyarakat sehingga yoga sendiri menjadi semakin banyak dikenal oleh orang-orang seiring dengan situasi tersebut. Seperti yang kita ketahui stres dapat memicu banyak sekali penyakit dari yang ringan hingga yang berat, sudah banyak orang meninggal dunia karena terkena penyakit parah yang awalnya hanya karena stres yang menyerang pikiran.

  • Stres tidak mudah untuk diobati oleh pengobatan medis, dan dengan manfaat yang ditawarkan oleh yoga sendiri membuat banyak orang mencoba dan mendapatkan manfaat yang besar darinya.

  • Dalam ilmu yoga diajarkan bagaimana setiap orang memiliki energi yang berasal dari dalam tubuh. Setiap orang yang mempelajari yoga akan mengerti bagaimana mereka dapat mengalirkan energi tersebut pada hal yang bersifat membangun bukan menghancurkan. Para ahli yoga menyebut yoga sebagai ilmu yang mempelajari olah seni dan jiwa sekaligus, karena yoga sangat berbeda dengan kegiatan fisik lainnya meskipun juga memberikan manfaat untuk memperkuat fisik tetapi yoga memberikan pengajaran bersamaan bagaimana untuk memusatkan pikiran dan konsentrasi sehingga bagi orang yang mempelajari yoga akan lebih dapat memanajemen emosi mereka dan memperbaiki tingkat daya ingat mereka.

  • Yang lebih penting lagi, yoga memiliki teknik pelaksanaan yang memberikan ketenangan luar biasa. Setiap pose atau pola gerakan dalam yoga membuat Anda bernapas secara halus dan teratur sehingga Anda dapat mengerti cara bernapas dengan benar. Namun meski begitu di dalam yoga ada beberapa aliran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Setiap modelnya pasti ada yang cocok dengan seorang yang ingin mencoba yoga, sebab yoga senditi memang selalu disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh yang juga tentu berbeda pada setiap orangnya.

  • Bagi Anda yang baru akan mencoba atau mungkin sudah berlatih yoga namun tidak merasakan kecocokan dengan latihan yang dijalani, Anda dapat memilih model yoga yang ada dan dapat Anda konsultasikan dengan instruktur yoga Anda mengenai model mana yang ingin Anda pilih. Jika kecocokan itu sudah Anda dapatkan, rasa semangat untuk terus berlatih yoga pun akan menuntun Anda dengan otomatis pada tingkat latihan yang akan terus berkembang dengan sendirinya. Inilah sebabnya mengapa siapapun dapat berlatih yoga tanpa terkecuali.

  • Advertisement
  • Bikram yoga, prenatal yoga, vinyasa yoga, hatha yoga, ashtanga yoga, iyengar yoga, kundauni yoga dan power yoga adalah beberapa model atau cabang yang ada pada yoga. Setiap modelnya memiliki cara dan manfaat yang berbeda-beda pula tapi umumnya memiliki manfaat yang sangat baik pada setiap orang yang melakukannya. Nah pada jenis yoga yang manakah Anda merasa cocok untuk berlatih yoga? Anda dapat segera mencobanya dan menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan manfaat dari yoga. Selamat mencoba!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ketahui ini sebelum Anda mempraktikkan Yoga

Stres tidak mudah untuk diobati oleh pengobatan medis. Anda sudah pernah mencoba Yoga?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr