Sudahkah Anda mengerti apa yang sesungguhnya membuat si kecil gelisah?

Apa penyebab si kecil begitu rewel? Mungkin dia sedang gelisah. Tugas Anda untuk mengetahui penyebabnya

157 views   |   shares
  • Bagi orang tua yang sudah memiliki anak lebih dari satu tentu sudah banyak pengalaman bagaimana merawat anak yang baik. Merawat anak memang tidak semudah kelihatannya, banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang akan didapat orang tua ketika membesarkan anak mereka. Orang tua dituntut untuk sigap dan cerdas dalam menangani setiap kendala atau masalah ketika merawat dan membesarkan anak. Bagaimana ketika anak rewel, marah, sedih, sakit dan lain sebagainya adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi orang tua terhadap anak mereka.

  • Dalam pertumbuhannya seorang anak akan mengalami berbagai perkembangan yang cukup signifikan sesuai dengan usianya, berbagai perasaan emosional pun juga mulai anak rasakan ketika mereka bertumbuh besar tidak terkecuali perasaan gelisah. Gelisah sendiri berarti suatu perasaan di mana seseorang menjadi tidak tenang, tidak sabar, cemas dan merasa tidak tenteram hatinya karena sesuatu sebab. Jadi gelisah merupakan perasaan hati yang berubah yang membuat pengaruh pada perilaku dan sikap seseorang. Seorang anak pun juga dapat merasakan perasaan ini, dan menjadi salah satu tantangan pula bagi orang tua untuk turut membantu anak yang merasa gelisah untuk dapat keluar dari perasaan tidak nyaman tersebut.

  • Bagi seorang anak yang sudah mampu berbicara dengan jelas tentu akan mudah bagi orang tua untuk mengetahui dan menyelesaikan kegelisahan yang dialami si anak, namun bagaimana kah jika anak yang merasa gelisah ini belum dapat berkomunikasi dengan jelas? Tentu akan menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit bagi orang tua untuk membantu anaknya jika orang tua sendiri tidak mengetahui apa saja dan penyebab seorang anak menjadi gelisah, terutama orang tua yang baru saja mengalami hal ini pertama kali pada anak pertamanya.

  • Di bawah ini ada beberapa penyebab yang seringkali membuat anak menjadi gelisah:

  • 1. Lingkungan membuatnya tidak nyaman

  • Lingkungan atau tempat di mana anak berada sangat berpengaruh pada kondisi emosionalnya. Lingkungan yang baik dan mendukung akan membuat anak nyaman berada di tempat tersebut, namun sebaliknya apabila anak berada di lingkungan yang membuatnya tidak nyaman akan membuatnya cepat merasa tidak betah dan merasa terganggu sehingga membuatnya menjadi gelisah.

  • 2. Waktunya mengganti pampers

  • Pampers atau popok yang sudah penuh akan membuat anak yang masih menggunakannya menjadi tidak nyaman. Walaupun sedang tertidur kondisi ini akan membuat anak gelisah sehingga biasanya akan terbangun dan menangis.

  • Advertisement
  • 3. Perasaan tidak nyaman di area perut

  • Lapar atau perut ber-gas seringkali membuat anak menjadi tidak nyaman. Hal ini dapat membuat anak menjadi sangat gelisah dan rewel.

  • 4. Kesehatan menurun

  • Kesehatan anak sangat berpengaruh pada aktivitas anak itu sendiri. Seorang anak yang sedang sehat dan fit akan jauh lebih aktif dibanding dengan anak yang mungkin sedang terkena serangan penyakit atau virus akan menjadi sering gelisah dan sering menangis.

  • Kegelisahan yang dialami oleh anak memang tidak hanya merupakan hal sederhana, kondisi ini biasanya akan cukup membuat repot orang tua yang juga memiliki aktivitas lainnya. Waktu dan perhatian akan banyak tersita karena keadaan sang anak. Namun pengetahuan yang cukup serta penanganan yang baik akan banyak membantu orang tua dalam menghadapi situasi ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan pada teman dan keluarga..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Sudahkah Anda mengerti apa yang sesungguhnya membuat si kecil gelisah?

Apa penyebab si kecil begitu rewel? Mungkin dia sedang gelisah. Tugas Anda untuk mengetahui penyebabnya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr