6 hal yang seringkali memicu pertengkaran antara suami dan istri

Berikut 6 hal yang seringkali menjadi pemicu pertengkaran antara suami istri.

2,289 views   |   16 shares
  • Pertengkaran dalam rumah tangga itu sudah biasa. Tidak perlu kaget mendapati pasangan suami istri yang bertengkar. Ibarat masakan, pertengkaran itu seperti garam yang berfungsi sebagai bumbu pelengkap. Tanpa garam, masakan akan hambar. Tanpa pertengkaran, rumah tangga tidak berwarna. Tidak ada pernikahan yang sempurna.

    Namun, Anda jangan sampai menyalahartikan ungkapan tersebut. Meskipun pertengkaran adalah bagian dari bumbu-bumbu pernikahan, tidak berarti Anda harus bertengkar setiap saat dengan pasangan Anda. Pertengkaran hanya bagian kecil dari kehidupan rumah tangga, jangan menjadikannya sesuatu yang besar. Jangan sampai bagian yang kecil itu merusak hubungan Anda dan pasangan.

    Ketika seseorang memutuskan untuk menikah, itu artinya ia harus siap menghadapi setiap permasalahan yang nanti terjadi. Meskipun telah menjadi satu dalam satu ikatan suci, suami istri tetaplah dua kepala yang berbeda yang di antaranya akan ada banyak perbedaan. Satu tujuan belum tentu satu jalan. Satu masalah belum tentu satu solusi. Nah, inilah yang menjadi pemicu konflik terjadi.

    Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya pertengkaran suami istri, namun keenam hal yang berikut adalah yang seringkali menjadi penyebabnya:

  • 1. Keuangan

    Sangat penting bagi suami istri sebelum menikah untuk membicarakan terlebih dahulu tentang bagaimana membuat perencanaan mengenai masalah keuangan rumah tangga. Buat kesepakatan bersama di awal agar ketika di perjalanan pernikahan terjadi perbedaan pengelolaan menyangkut masalah keuangan, Anda dan pasangan tidak stres. Keuangan yang menipis, banyaknya pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan, tagihan dan utang yang semakin membengkak. Semua ini menyebabkan cek-cok di antara suami istri sering terjadi.

  • 2. Orang ketiga

    Bukan hal baru lagi bahwa hadirnya orang ketiga dalam hubungan suami istri dapat menghancurkan pernikahan. Tidak hanya pertengkaran yang terjadi, bahkan perceraian pun sangat mungkin terjadi. Sebenarnya ini menyangkut tentang bagaimana suami istri bisa tetap konsisten akan komitmen pernikahan mereka. Senantiasa jagalah kesetiaan dan kepercayaan yang diberikan pasangan.

  • 3. Anak-anak

    Ketika belum memiliki anak, pertengkaran yang terjadi hanya seputar konflik suami dan istri saja. Namun, hal tersebut akan berbeda ketika Anda memiliki anak. Mengapa kehadiran anak memicu pertengkaran? Jawabannya, karena ketidakkompakan dalam mengasuh dan mendidik anak. Antara suami dan istri tentu mempunyai caranya masing-masing dalam menyikapi perilaku anak, cara mendidiknya, pendidikan seperti apa yang pantas buat anak dan sebagainya. Dan pandangan dari pasangan seringkali bertentangan dengan apa yang Anda inginkan, sehingga beda pendapat pun terjadi.

  • 4. Pekerjaan

    Sama halnya masalah keuangan, masalah pekerjaan harus dikomunikasikan sebelum Anda menikah. Rundingkan dan buat kesepakatan tentang bagaimana membagi peran dalam berumah tangga. Misalnya setelah menikah, yang boleh bekerja hanya suami saja, sedangkan istri bertanggung jawab dalam mengurus keluarga dan anak-anak.

  • 5. Seks

    Ketika kebutuhan seks tidak terpenuhi atau di antara suami dan istri tidak lagi dapat memberikan kepuasaan dalam hal keintiman kepada pasangannya, maka pertengkaran tak dapat dihindari. Masalah kepuasaan tidak boleh diabaikan. Hal ini adalah kebutuhan dalam pernikahan.

  • 6. Kebiasaan buruk pasangan

    Mempunyai pasangan yang memiliki kebiasaan buruk pasti sangat menyebalkan walaupun Anda tahu bahwa Anda sendiri juga memiliki sisi buruk dalam hidup Anda. Ketika hal-hal yang Anda tidak sukai dari pasangan tidak dikomunikasikan dan tidak dicari solusinya maka pertengkaranlah yang terjadi.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

6 hal yang seringkali memicu pertengkaran antara suami dan istri

Berikut 6 hal yang seringkali menjadi pemicu pertengkaran antara suami istri.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr