7 hal yang pantang dilakukan setelah sembuh dari sakit

Seseorang yang baru sembuh dari sakit akan merasakan tubuhnya sangat lemah dan tidak memiliki tenaga, hal ini sebenarnya wajar karena sebagian besar energi tubuh digunakan dalam proses pemulihan.

341 views   |   1 shares
  • Tidak seorang pun ingin jatuh sakit, sebab sakit akan menyebabkan seseorang tidak mampu beraktivitas dengan normal, bahkan tak jarang justru merepotkan orang lain. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting untuk itu hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk agar penyakit tidak mudah menyerang.

    Mengutip sebuah laman kesehatan, www.mayoclinic.com, ketika seseorang baru sembuh dari sakit orang tersebut sebetulnya belum benar-benar sembuh, tetapi tubuh butuh waktu beberapa saat hingga benar-benar bisa pulih 100%. Berikut beberapa pantangan untuk tidak dilakukan oleh seseorang ketika baru sembuh dari sakit, di antaranya:

  • Berpergian ke luar kota

    Tanpa rekomendasi dari dokter hindari bepergian ke luar kota untuk sementara waktu. Perbanyaklah istirahat, jangan terlalu capek, supaya tubuh bisa memperoleh kembali tenaga dan antibodi mampu bekerja mencegah supaya penyakit tidak kambuh lagi.

  • Mengonsumsi makanan cepat saji

    Seringkali setelah sembuh dari sakit seseorang langsung tergoda ingin segera mengonsumsi makanan cepat saji yang menjadi kegemarannya, bagi sebagian orang memang sulit untuk menghilangkan kebiasaan ini. Namun, ingat tubuh Anda masih lemah dan makanan cepat saji dapat memperburuk keadaan Anda.

  • Beraktivitas terlalu berat

    Jangan melakukan aktivitas terlalu berat, jangan berolahraga berlebihan dan hindari stres, sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

  • Menghentikan pengobatan

    Meskipun tubuh sudah terasa lebih segar, tetapi untuk beberapa jenis penyakit seperti tifus pengobatan (antibiotik) yang diberikan oleh dokter sebaiknya jangan dihentikan hingga obat benar-benar habis. Ini penting untuk memastikan agar bakteri penyebab penyakit tifus benar-benar hilang dari tubuh Anda.

  • Mengonsumsi makanan atau minuman energi

    Seseorang yang baru sembuh dari sakit akan merasakan tubuhnya sangat lemah dan tidak memiliki tenaga, hal ini sebenarnya wajar karena sebagian besar energi tubuh digunakan dalam proses pemulihan. Tidak jarang untuk mengatasi hal ini seseorang mengonsumsi makanan atau minuman energi dengan harapan mampu memulihkan kembali stamina yang loyo. Jika Anda memiliki pemahaman semacam ini sebaiknya segera hentikan, makanan atau minuman energi tidak dapat mengembalikan stamina Anda secara instan. Biarkan tubuh Anda pulih secara alami, konsumsilah lebih banyak makanan sehat (sayur, buah dan ikan).

  • Diet ketat

    Karena mungkin tuntutan profesi mengharuskan seseorang untuk tetap menjaga penampilan fisik meskipun baru sembuh dari sakit. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan, sebab selama masa pemulihan tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi agar memiliki tenaga untuk meregenerasi sel-sel yang telah rusak akibat penyakit. Untuk sementara waktu jangan pedulikan masalah penampilan, tetapi fokuslah bagaimana supaya Anda bisa segera sembuh dan mampu beraktivitas secara normal kembali.

  • Tidur larut malam

    Setelah sembuh dari sakit sebisa mungkin hindari kebiasaan tidur larut malam, sebab di malam hari tubuh butuh istirahat minimal 8 jam agar mampu menetralisir racun dan meregenerasi ulang sel-sel yang telah mati. Sebaliknya, kebiasaan begadang akan membuat jam biologis tubuh menjadi kacau, sehingga tubuh tidak mampu melakukan detoksifikasi. Namun, jika Anda terpaksa harus bekerja di tengah malam, maka bantu tubuh agar tetap sehat dengan tidak merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kopi, minuman berenergi, camilan dengan garam atau gula tinggi.

    Jangan biarkan penyakit yang pernah Anda alami kembali menyerang, jangan biarkan kesehatan tubuh Anda dirampas akibat kelalaian yang sebetulnya bisa dihindari. Semoga dengan selalu meningkatkan kehati-hatian, maka tubuh Anda akan senantiasa sehat dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

7 hal yang pantang dilakukan setelah sembuh dari sakit

Seseorang yang baru sembuh dari sakit akan merasakan tubuhnya sangat lemah dan tidak memiliki tenaga, hal ini sebenarnya wajar karena sebagian besar energi tubuh digunakan dalam proses pemulihan.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr