Pasangan hobi mengatur. Bagaimana saya harus bersikap?

Pasangan Anda memiliki pendapat yang kuat tentang apa saja yang Anda lakukan? Apakah Anda merasa kurang senang karena hal ini?

253 views   |   1 shares
  • Pasangan Anda memiliki pendapat yang kuat tentang apa saja yang Anda lakukan? Apakah Anda merasa kurang senang karena hal ini? Ataukah Anda merasa itulah caranya menunjukkan perhatiannya kepada Anda? Atau Anda merasa terlalu dikontrol karena hal itu?

    "Bune, busyet, mengapa memakai perhiasan seperti mau kondangan ke rumah menteri. Kan kita cuma mau ke sunatan si Taufik? Tolong dicopotin saja ah, nanti dikira kita mau pamer!" Komentar Pak Sastro melihat istrinya seperti toko perhiasan berjalan.

    "Bang, masa pakai baju merah dan celana hijau, emangnya natalan? Ganti, ah, malu-maluin aja. Aku ogah pergi kalau Abang gak mau ganti baju." celoteh Laras melihat cara suaminya yang kurus itu berpakaian.

    Komentar-komentar seperti di atas merupakan salah satu tanda bahwa pasangan Anda suka mengatur. Dalam hal-hal kecil maupun besar dia akan mencoba menanamkan pendapatnya. Cara Anda berpakaian, cara Anda berhias, di mana makan malam, ke sekolah mana anak-anak harus masuk, dialah yang menentukan. Dalam keadaan seperti ini kadang-kadang Anda ingin berteriak dan berontak, namun demi menjaga ketenteraman rumah tangga Anda mengalah untuk dijajah. Mengapa ada pasangan yang begitu suka mengontrol?

  • Dia merasa benar

    Dia kurang menghargai pendapat Anda karena dia selalu merasa dirinyalah yang benar. Memang kadang-kadang Anda harus mengakui bahwa keputusannya benar, namun Anda merasa tidak mempunyai hak apa-apa di rumah tangga Anda.

  • Dia merasa lebih berkuasa

    Sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah dia merasa lebih mempunyai hak untuk menentukan segala hal dalam keluarganya. Dia lupa akan emansipasi dan demokrasi dalam rumah tangga. Dia lupa bahwa Anda juga bekerja membantu menghidupkan dapur keluarga. Sudah seharusnya Anda juga mempunyai hak berbicara serta mengambil keputusan. Pasangan seperti ini lebih pantas hidup di zaman kolonial. Mintalah bantuan mertua atau orang yang dia segani untuk menasihati bahwa dia bukan tiran yang dapat berbuat semena-mena terhadap orang-orang di sekitarnya.

  • Dia merasa ingin dihormati

    Pasangan seperti ini sebenarnya hanya ingin dihormati oleh orang-orang di sekelilingnya. Karena yang terdekat adalah keluarganya, jadi dia mencetuskan keinginannya itu terhadap keluarganya. Mungkin bila Anda ingin menyampaikan pendapat Anda, inilah yang harus Anda katakan, "Sayang, dengan segala rasa hormat aku ingin menyampaikan pendapatku juga."

  • Dia adalah "macho man"

    Seperti orang zaman batu yang membiarkan istri dan anak-anaknya tinggal di gua sementara dia keluar melawan macan bertaring panjang, dia ingin melindungi keluarganya dari segala mara bahaya. Dia akan merasa dirinya yang bersalah jika sampai ada sesuatu yang menimpa keluarganya. Karena itu dialah yang harus mengambil keputusan dalam segala hal. Barulah dia merasa aman buat dirinya dan keluarganya. Pasangan yang seperti ini harus dibujuk dengan lemah lembut dan menyadarkan dia bahwa tidak ada salahnya jika dia mengikuti kemauan salah satu anggota keluarga lain.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pasangan hobi mengatur. Bagaimana saya harus bersikap?

Pasangan Anda memiliki pendapat yang kuat tentang apa saja yang Anda lakukan? Apakah Anda merasa kurang senang karena hal ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr