Berkebun: Pengalaman Belajar yang Akan Menguatkan Keluarga Anda

Berkebun mengajarkan bahwa hal-hal tersebut perlu dirawat secara berkesinambungan agar mencapai hasil yang diinginkan. Dengan menjadi malas dan membiarkan untuk tidak melakukan apa-apa bisa menjadi bencana.

875 views   |   2 shares
  • Berkebun adalah perwujudan kehidupan. Alur ceritanya dapat ditemukan dan dibangun di dalam sebuah taman. Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa berkebun dan pelajaran-pelajaran berharga yang telah mengajar saya, ini adalah keyakinan abadi saya yang telah membangun karakter dan masyarakat.

  • Bertentangan dengan keyakinan yang sudah ada, berkebun bukan hanya sekedar kegiatan musim semi dan musim panas. Selalu ada sesuatu untuk dilakukan sepanjang tahun. Bahkan pada musim dingin, menyemai benih bisa mulai dilakukan di dalam rumah atau di dalam rumah kaca untuk kemudian ditanam pada musim semi dan masa panen bisa direncanakan dan membuatnya bagaikan permadani dari bunga. Oleh karena itu, hal ini bisa dilihat sebagai kegiatan kelas sepanjang tahun.

  • Berikut adalah sedikit pelajaran berharga berkebun yang bisa diajarkan:

  • Etos kerja yang kuat

  • Bunga-bunga, semak-semak, pohon-pohon dan sayuran-sayuran jangan dibiarkan tumbuh dengan sendirinya – ada proses pengairan dan penyiangan yang perlu dilakukan, dan lahan yang perlu dipersiapkan. Anda harus memperhatikan hama dan temperatur yang bisa mempengaruhi tanaman. Berkebun mengajarkan bahwa hal-hal tersebut perlu dirawat secara berkesinambungan agar mencapai hasil yang diinginkan. Dengan menjadi malas dan membiarkan untuk tidak melakukan apa-apa bisa menjadi bencana.

  • Kesabaran dan berurusan dengan keanekaragaman

  • Perlu waktu bertahun-tahun untuk memperbaiki tanah yang terabaikan, kadang-kadang sulit untuk menentukan apa yang bisa tumbuh dengan baik pada lokasi tertentu. Dari tahun ke tahun cuaca dapat berubah, mengakibatkan kegagalan. Akan ada kemenangan dan kekecewaan dan pemeliharaan merupakan investasi yang diperlukan untuk membawa hadiah kebun yang diinginkan. Tapi betapa besar sukacita ketika “mencoba, mencoba lagi” menghasilkan keberhaslan yang indah dan lezat!

  • Perencanaan akan menjadi sifat dasar kedua

  • Ketidakteraturan dan asal-asalan dalam berkebun akan menyebabkan kegagalan. Perencanaan, oleh karena itu, sangat penting dan nampaknya akan terjadi secara alami seiring berjalannya waktu. Perencanaan taman mengajarkan nilai-nilai menatap ke depan dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

  • Menghargai alam dan keajaiban kehidupan

  • Bukankah menakjubkan melihat seluruh tanaman berkecambah dan mengeluarkan akar dari sebuah biji yang kecil? Atau tidakkah terinspirasi melihat sebuah pohon muda tumbuh menjadi pohon yang besar, atau menemukan bahwa sebuah biji bisa menjadi buah besar yang bisa dimakan? Bahkan dalam sebuah taman yang kecil, bisa ada seluruh komunitas tanaman dan hewan yang saling tergantung satu sama lain. Anda bisa menemukan sesuatu yang dapat membantu Anda lebih memahami keajaiban hidup dengan sepenuhnya.

  • Advertisement
  • Saling berbagi

  • Bekerja sama sebagai keluarga dalam sebuah proyek, saling berbagi dalam tanggung jawab, dan menuai kegagalan dan penghargaan adalah pengalaman yang mengikat. Berkebun juga bisa memberikan pengalaman spiritual dan pengalaman luar biasa dalam kehidupan pribadi seseorang sewaktu alam tersibak sebagai pelajarannya.

  • Alam adalah guru yang hebat dan dengan demikian, itu adalah alat yang sempurna untuk belajar. Ketika Anda sedang menggali tanah dengan tangan Anda, Anda sedang berkomunikasi dengan alam. Persekutuan ini menghubungkan kita dengan serangkaian siklus dari mana kita belajar untuk bekerja keras, menjadi lebih sabar, menghargai alam dan keajaiban hidup, dan di mana kita pada akhirnya bisa mendapatkan kebijaksanaan.

  • Jika Anda belum pernah menanam di kebun sebelumnya, mulailah dengan mencari cara terbaik untuk menumbuhkan sesuatu di lahan yang Anda miliki dan di daerah di mana Anda tinggal. Bahkan jika Anda tinggal di sebuah apartemen dan tidak memiliki lahan di luar ruangan, Anda masih bisa menanam di sebuah taman teras kecil atau bahkan sebuah kebun dalam ruangan. Jika musim tanam telah berakhir dan kebun Anda berhenti memproduksi untuk musim panas, buatlah catatan tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak sehingga Anda akan memiliki catatan untuk musim semi berikutnya. Jika itu adalah saatnya untuk ke luar dan memulai kebun Anda, tantang diri Anda untuk mencoba satu sayuran baru atau buah yang Anda tidak pernah menanam sebelumnya dan buatlah rencana untuk bagaimana dan di mana Anda akan menanam tahun ini.

  • “Segala sesuatu yang memperlambat dan memaksa kesabaran kita, segala sesuatu yang membuat kita mundur kembali ke dalam lingkaran lambat dari alam, adalah membantu. Berkebun adalah sebuah alat kasih karunia.” Mary Sarton.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Gardening an ongoing learning experience that will strengthen your family” karya Charles Senseman.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Charles lives in Colorado with his wife Irina. They are parents to five children. He received his MA in Political Science from Indiana State University and his BS from Utah State University.

Berkebun: Pengalaman Belajar yang Akan Menguatkan Keluarga Anda

Berkebun mengajarkan bahwa hal-hal tersebut perlu dirawat secara berkesinambungan agar mencapai hasil yang diinginkan. Dengan menjadi malas dan membiarkan untuk tidak melakukan apa-apa bisa menjadi bencana.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr