8 cara sederhana mengajar anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama

Dalam hidup bermasyarakat anak-anak perlu melihat setiap orang sebagai saudara, jangan pernah mengajarkan kepada mereka cara hidup eksklusif, sehingga anak-anak tidak merasa lebih baik dari orang lain.

392 views   |   4 shares
  • Kepribadian seorang anak tidak lepas dari bagaimana pola asuh orangtua. Melalui contoh serta teladan baik, seorang anak akan tumbuh dengan rasa kepedulian tinggi terhadap sesamanya. Namun, menanamkan sikap peduli pada anak memang tidak mudah, butuh kesabaran serta dedikasi, sehingga anak-anak mampu menyadari nilai-nilai yang diajarkan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa paksaan.

    Kira-kira hal apa saja yang perlu dilakukan oleh orangtua supaya anak-anak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama? Dilansir dari the asianparents, sedikitnya ada 8 hal yang bisa orangtua coba terapkan, di antaranya:

  • Mulailah dari diri Anda sendiri

    Sangat mustahil bagi seorang anak bisa belajar rasa welas asih, jika sebagai orangtua Anda tidak pernah memberikan contoh serta teladan. Cobalah untuk memahami hal ini, bahwa apa pun yang Anda lakukan, baik maupun buruk, disaksikan oleh anak-anak dan mereka akan meniru hal-hal tersebut.

  • Hiduplah dengan rukun bersama pasangan

    Bertengkar hebat di hadapan anak adalah hal yang sama sekali tidak boleh Anda lakukan. Sebab, anak-anak menganggap Anda berdua sebagai sosok figur yang patut untuk ditiru serta diteladani. Karenanya, jangan pernah hancurkan harapan anak-anak, berusahalah hidup rukun bersama pasangan dan tunjukan rasa kasih Anda terhadap satu sama lain.

  • Biasakan mengucapkan terima kasih

    Latih anak-anak agar tampil rendah hati dengan selalu mengucapkan kata terima kasih kepada orang yang telah membantunya. Mengucapkan kata terima kasih merupakan salah satu ungkapan paling sederhana, tetapi memiliki dampak sangat besar, bahkan kadang-kadang tidak kita sadari secara langsung.

  • Latih anak-anak agar mau bersosialisasi dengan siapa pun

    Dalam hidup bermasyarakat anak-anak perlu melihat setiap orang sebagai saudara, jangan pernah mengajarkan kepada mereka cara hidup eksklusif, sehingga anak-anak tidak merasa lebih baik dari orang lain.

  • Latih anak-anak berempati dengan kesulitan orang lain

    Latih anak-anak agar selalu bersyukur dengan kondisi yang dimilikinya, jelaskan kepada mereka bahwa masih ada banyak orang hidup di bawah garis kemiskinan. Anak-anak juga perlu menyadari bahwa kasih sayang yang Anda berikan merupakan sebuah anugerah, sebab masih banyak anak-anak seusianya yang tidak beruntung didampingi oleh kedua orangtuanya.

  • Biasakan anak-anak agar tidak bergaya hidup mewah

    Sadari bahwa dorongan hidup konsumeristik dapat menghilangkan nilai-nilai kesederhanaan, gaya hidup semacam ini tidak hanya mampu melumpuhkan pemikiran nalar orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Maka dari tu, latih anak-anak agar tidak perlu merasa gengsi atau bahkan malu untuk menerapkan cara hidup sederhana, sebaliknya biarkan anak-anak menyadari bahwa kelebihan yang dimilikinya dapat berguna untuk membantu orang lain yang sedang menghadapi kesulitan.

  • Ceritakan kisah-kisah insipratif

    Sebagai orangtua Anda tidak perlu bersusah payah mengajarkan kepada anak-anak bagaimana supaya memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Melalui kisah-kisah sederhana nan inspiratif, mampu mengajak anak-anak supaya bersedia mengasihi semua orang tanpa melihat latarbelakangnya.

  • Latih anak-anak agar memiliki kebiasaan berbagi

    Beri tahu anak-anak bahwa memberikan kelebihan yang dia punya kepada orang lain yang membutuhkan sama sekali bukan kerugian. Anak-anak perlu memahami bahwa konsep saling berbagai akan mengajarkan kepada mereka kasih, kesabaran, kerendahan hati, rasa syukur dan toleransi kepada orang lain.

    Kepedulian terhadap sesama adalah dasar dari kebaikan hati, tanpanya mustahil seseorang mampu hidup berdampingan, satu sama lain dengan damai, dalam masyarakat. Semoga dengan selalu mengajarkan kepada anak kepedulian, kehidupan di muka bumi akan lebih damai dan bahagia hingga kapan pun.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

8 cara sederhana mengajar anak supaya memiliki kepedulian terhadap sesama

Dalam hidup bermasyarakat anak-anak perlu melihat setiap orang sebagai saudara, jangan pernah mengajarkan kepada mereka cara hidup eksklusif, sehingga anak-anak tidak merasa lebih baik dari orang lain.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr