Apa yang akan terjadi pada anak saya jika suatu hari saya tutup usia?

Setiap orangtua memiliki keresahan yang serupa tentang masa depan anak-anaknya. Mereka khawatir bagaimana anak-anak itu dapat bertahan tanpa mereka.

815 views   |   10 shares
  • Setiap orangtua memiliki keresahan yang serupa tentang masa depan anak-anaknya. Mereka khawatir bagaimana anak-anak itu dapat bertahan tanpa mereka. Jika anak-anak itu sudah dewasa dan hidup sendiri mungkin kekhawatiran mereka tidak akan sebesar seperti bila anak-anak itu masih kecil. Orangtua yang sakit berat dan tahu umurnya tidak lama lagi pasti memikirkan hal-hal seperti ini. Apa yang harus mereka lakukan dalam keadaan ini?

  • Keluarga

    Beruntunglah mereka yang mempunyai keluarga dekat dan bersedia menampung anak-anak mereka. Mereka dapat meninggalkan dunia ini dengan perasaan tenteram. Penulis mendengar dari berita televisi tentang persahabatan dua orang wanita yang mengesankan. Salah satunya menderita penyakit lupus dan keadaannya sudah sampai pada tahap di mana syaraf pernapasannya sudah tidak bekerja lagi sehingga untuk bernapas dia harus dibantu oleh alat pernapasan.

    Sahabatnya seorang ibu lajang yang mempunyai seorang anak, tetapi dengan murah hati dia berjanji kepada sahabatnya untuk mengurus ke 3 anak sahabatnya yang masih kecil-kecil itu. Betapa mulia hati ibu ini, dia sadar kekhawatiran yang ditanggung sahabatnya menjelang akhir hayatnya karena itu janjinya meringankan bebannya. Sahabatnya hanya dapat bercanda bahwa sekali dia mengambil anak-anak itu, mereka tidak dapat dikembalikan. Tetapi sesungguhnya dia sangat bersyukur memiliki sahabat setulus itu.

  • Warisan

    Bagi mereka yang beruntung memiliki harta cukup dapat mengatur harta itu melalui seorang pengacara sehingga anak-anaknya mendapat uang bulanan secukupnya sampai mereka mencapai usia dewasa. Hal itu lebih aman daripada meninggalkan warisan itu kepada kerabat yang dapat saja menipu anak-anak itu. Tetapi tentu saja warisan paling berharga bagi anak-anak itu ialah didikan yang benar untuk bekerja keras dan hidup jujur.

  • Pendidikan

    Betapapun kecilnya anak-anak mereka, anak-anak ini perlu mendapat pendidikan yang benar. Dalam hal agama, agar mereka patuh kepada Tuhannya dan memiliki iman dalam segala hal, bahkan ketika keadaan tidak menguntungkan. Dalam hal bekerja, agar mereka terbiasa untuk bekerja dan tidak bermalas-malasan. Dalam hal budi pekerti, agar mereka menjadi orang yang baik dan mengasihi sesamanya.

    Hidup ini tidak dapat ditentukan, sebentar Anda sehat, tapi mendadak bisa saja diserang penyakit ganas yang tidak memberi Anda waktu banyak untuk mengatur rencana. Tidak itu saja, kecelakaan dapat merampas Anda dari anak-anak Anda kapan saja. Karena itu mulailah hari Anda dengan mempersiapkan anak-anak Anda untuk keadaan yang tidak terduga. Berilah mereka pendidikan yang benar supaya kehidupan mereka tidak terlalu sulit jika Anda harus meninggalkan mereka. Betapa perlunya membimbing anak-anak yang masih kecil itu sejak dini.

    Anda tidak dapat berpikir bahwa Anda masih akan hidup seribu tahun lagi dan melewatkan hari-hari tanpa rencana yang matang demi masa depan anak-anak Anda. Anda tidak pernah terlalu dini untuk membuat surat warisan Anda sehingga ketika Anda meninggal kerabat Anda tahu apa yang Anda inginkan, termasuk keinginan bagi anak-anak yang Anda tinggalkan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apa yang akan terjadi pada anak saya jika suatu hari saya tutup usia?

Setiap orangtua memiliki keresahan yang serupa tentang masa depan anak-anaknya. Mereka khawatir bagaimana anak-anak itu dapat bertahan tanpa mereka.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr