Apa yang akan terjadi jika kita tidak lagi memiliki harapan?

Rasa optimis muncul ketika seseorang mampu melihat peluang, sehingga dia akan selalu memupuk harapannya dan bekerja keras hingga apa yang dicita-citakannya tercapai.

501 views   |   3 shares
  • Tuhan tidak pernah menjanjikan kehidupan akan berjalan mudah, apa pun bisa terjadi tapi jangan pernah biarkan harapan-harapan padam. Banyak perkara akan terjadi, banyak kesulitan harus dihadapi, hanya melalui harapan sajalah kita semua akan menemukan semangat untuk terus maju dan bertahan hidup.

  • Harapan merupakan salah satu sumber kehidupan manusia

  • Banyaknya kasus bunuh diri di sekitar kita merupakan contoh nyata bahwa harapan merupakan sumber kehidupan manusia. Sebuah penelitian (dalam dunia binatang) di Jepang baru-baru ini menemukan kaitan bahwa ketika seekor binatang ditempatkan dalam situasi terkurung dan tidak diberi kesempatan untuk hidup bebas, maka secara perlahan binatang tersebut akan mati mengenaskan. Sebaliknya, ketika ada seekor binatang terluka parah dan hampir mati, tetapi jika ia dirawat dengan penuh kasih, maka secara insting binatang tersebut akan berusaha bertahan hidup karena memiliki harapan untuk bisa kembali hidup dengan normal. Manusia tentunya lebih baik ketimbang binatang, dengan harapan-harapan yang dimiliki manusia hampir bisa mewujudkan segala hal yang dikehendakinya.

  • Tanpa harapan seseorang akan mudah berpikiran negatif

  • Sangat mudah mengenali seseorang apakah ia memiliki harapan atau tidak, contoh: Dalam sebuah perusahaan ketika ada seorang karyawan kerap berkeluh kesah dengan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya, maka bisa dipastikan karyawan tersebut tengah mengalami krisis harapan. Logikanya sangat mudah, orang yang optimis dan mampu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan, secara alami ia akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk menggapainya. Ia tidak akan mudah berkeluh kesah, ia juga tidak akan mudah tersinggung karena baginya setiap kesulitan merupakan langkah awal untuk bisa memiliki kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

  • Tanpa harapan seseorang akan sangat sulit untuk pulih dari suatu penyakit

  • Dr. Gifford Jones MD, merupakan wartawan medis asal Amerika, dalam catatannya beliau mengatakan "Harapan merupakan energi paling ampuh untuk pasien dengan penyakit kronis. Dalam kajiannya di tahun 1989, ia menemukan fakta bahwa pasien dengan dukungan emosional dari sanak saudara serta sahabat umumnya hidup lebih lama, penelitian selanjunya makin meneguhkan anggapan tersebut bahwa para pasien yang memperoleh dukungan emosi dari orang-orang tercinta cenderung mengalami depresi lebih ringan ketimbang mereka yang tidak menerimanya."

  • Tanpa harapan seseorang akan mudah terjerumus dalam kejahatan

  • Advertisement
  • Putus asa akibat hilangnya harapan sering menjadi alasan banyak orang nekad berbuat kejahatan, jadi orang jahat sebetulnya belum tentu ia jahat. Beberapa faktor pendukung seperti masalah ekonomi, rumah tangga hancur, orangtua bercerai atau sedang dalam tekanan pihak tertentu membuat seseorang makin mudah terjerumus dalam perbuatan jahat, sebab ia merasa tidak lagi memiliki harapan untuk memiliki kehidupan yang aman dan layak.

  • Tanpa harapan seseorang akan sulit menatap masa depan

  • Rasa optimis muncul ketika seseorang mampu melihat peluang, sehingga dia akan selalu memupuk harapannya dan bekerja keras hingga apa yang dicita-citakannya tercapai. Sebaliknya, seseorang yang pesimis justru merasa bahwa apa yang ada di hadapannya merupakan "jalan buntu", sehingga orang tersebut dengan sendirinya akan kesulitan untuk bangkit dan menatap masa depan.

  • Tanpa harapan hidup seseorang akan terasa hampa

  • Terakhir tapi bukan yang akhir, melalui harapan kehidupan seseorang akan lebih bermakna, meskipun dalam kondisi terpuruk ia akan selalu memiliki keyakinan kuat bahwa suatu hari nanti kesulitan yang tengah dihadapinya pasti akan berlalu. Harapan-harapan semacam inilah yang mampu memotivasi seseorang untuk terus berjuang dan tidak mudah menyerah, sebab takdir seseorang hanya bisa diubah ketika orang tersebut percaya dan bersedia untuk mengubahnya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak lagi memiliki harapan?

Rasa optimis muncul ketika seseorang mampu melihat peluang, sehingga dia akan selalu memupuk harapannya dan bekerja keras hingga apa yang dicita-citakannya tercapai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr