Dengan memberi, Anda tidak pernah kekurangan. Benarkah?

Sudahkah Anda merasakan kekuatan dari memberi?

349 views   |   8 shares
  • Dalam suasana liburan akhir tahun seperti kemarin, seringkali rejeki telah ditambahkan bagi kita. Banyak di antara orang yang mulai mempersiapkan diri untuk berbagi dan memberi, menyisihkan sebagian bonus tahunannya untuk sesama yang membutuhkan. Hidup kita dikelilingi dengan nasihat serta kata-kata bijak, bahwa (mereka) yang memberi akan menerima kembali kebaikan itu (seperti apapun bentuknya). Secara ilmiah, beberapa riset yang telah dilakukan membuktikan bahwa mereka yang memberi dengan sukarela, memiliki tingkat stres yang rendah dan perasaan hati lebih tenang. Karenanya, dengan memberi sebagai bagian dari keseharian hidup seseorang tentulah akan membawa ketenangan dalam hidup mereka.

  • Mungkin Anda berpikir, saat mendengar kata 'memberi' yang dimaksud adalah segala hal berbentuk uang atau benda. Pada kenyataannya apapun bentuknya, memberi akan memberikan manfaat timbal-balik, bagi si penerima dan si pemberi.

  • Sebuah artikel berjudul 'The Science Beyond the Power of Giving' yang dimuat dalam livescience.commenuliskan beberapa dampak_ positif dari kebiasaan memberi:

  • 1. Menghasilkan rasa nyaman

  • Sebuah riset dilakukan kepada beberapa orang yang memberikan sumbangan pada organisasi kemanusian. Pada saat yang sama tiap-tiap pendonor dihubungkan dengan sebuah alat Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) untuk melihat reaksi otak saat kejadian berlangsung. FMRI merekam di mana bagian otak yang memberi sinyal 'rasa nyaman' menyala, bagian yang sama sewaktu seorang menikmati makanan lezat atau melakukan hubungan seksual.

  • 2. Altruisme

  • Altruisme adalah lawan kata dari egoisme, yaitu sifat yang suka memberi. Sikap ini ternyata telah menjadi 'obat mujarab' selama dua dekade ke belakang. Sebuah riset yang dilakukan oleh majalah _Psychologi Today_bagi 1700 relawan menunjukkan bahwa 50% merasakan adanya 'pemenuhan kenyamanan' dan 43% menyatakan lebih energik dan kuat.

  • 3. Menyembuhkan bahkan yang pernah sakit

  • Pada kondisi orang yang sedang sakit sekali pun, pada saat yang bersangkutan berbicara dengan sesama penderita keduanya bisa saling tersambung.Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pecandu minuman yang membantu rekannya sesama pecandu, dapat menurunkan kadar tingkat depresi keduanya dan membuahkan pikiran yang lebih tenang. Membantu sesama ternyata dapat dapat memberi manfaat ganda.

  • Advertisement
  • 4. Pengalaman Petra Nemcova

  • Petra Nemcova, seorang top model terkenal yang juga merupakan korban selamat dari Tragedi Tsunami tahun 2004, kini menjadi relawan bagi sesama penderita korban tersebut. Satu tahun pasca tragedi tersebut, ia pun telah pulih dari luka-luka fisiknya, Petra lalu kembali membawa bantuan untuk menolong pemulihan pasca tsunami di Thailand. Ia berkata, "Dengan memberi Anda dapat merasakan pemulihan trauma emosi dan fisik lebih cepat. Di saat Anda membuat orang senang, hati Anda akan lebih senang. Keputusan untuk menolong orang lain, manfaatnya justru untuk Anda karena akan memberi suka cita yang besar. Mereka yang hanya berpangku tangan, telah kehilangan kesempatan menerima 'kegembiraan sejati.'

  • Tidak semua dari kita dapat mengeluarkan usaha yang besar di samping kegiatan sehari-hari kita untuk khusus menolong dan membantu. Namun di waktu-waktu tertentu Anda dapat membantu lewat hal-hal yang dapat dilakukan seperti menyumbang darah di Palang Merah Indonesia, atau terdaftar sebagai pendonor organ. Jika hal tersebut masih juga sulit dilakukan, jangan menyerah! Ada hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu lewat senyuman, kata-kata manis dan empati bagi mereka yang membutuhkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Dengan memberi, Anda tidak pernah kekurangan. Benarkah?

Sudahkah Anda merasakan kekuatan dari memberi?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr