Ini syarat-syarat yang perlu Anda tahu sebelum menyusun resolusi 2017

Ini dia tips untuk membuat resolusi tahun baru yang antigagal

273 views   |   shares
  • Tanpa terasa kita sudah memasuki akhir dari bulan terakhir di tahun 2016. Ini bearti kita akan segera memasuki tahun yang baru. Sudahkah Anda membuat resolusi untuk tahun yang baru ini? Atau Anda termasuk tipe yang semangat di awal tahun namun akhirnya melupakan resolusi yang telah dibuat. Program untuk menurunkan badan di tahun 2016 tak kunjung terlaksana, resolusi untuk menabung dan menyisihkan gaji berakhir menghabiskan gaji untuk midnight sale. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda membuat resolusi dan melaksanakannya:

    1. Spesifik
  • Buatlah resolusi tahun baru Anda secara spesifik, jangan mengawang-awang dan berandai-andai. Misalkan Anda membuat resolusi untuk menurunkan berat badan, buatlah resolusi yang spesifik untuk mencapainya. Misalnya: jalan pagi setiap pagi pada pukul 05.30 selama 30 menit. Buatlah sespesifik mungkin untuk membantu Anda mencapai resolusinya. Dengan Anda membuatnya secara spesifik itu akan menolong Anda mendisiplinkan diri Anda.

    1. Terukur
  • Resolusi tahun baru yang Anda buat haruslah terukur dalam artian bukan sesuatu yang muluk-muluk. Sesuatu yang Anda dapat ukur keberhasilannya.

    1. Tercapai
  • Kesalahan dalam membuat resolusi adalah membuat sesuatu yang sangat ambisius namun akhirnya berakhir pada tulisan di kertas yang terselip di lemari Anda tanpa Anda merealisasikannya. Sesuaikan resolusi tahun baru Anda sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan meniru resolusi orang lain. Karena setiap orang memiliki kemampuan, tekad, disiplin yang berbeda-beda. Buatlah resolusi yang Anda yakin Anda dapat mencapainya. Misalkan seperti contoh Anda ingin menurunkan berat badan dengan berolahraga. Jika Anda tahu Anda bukan tipe yang suka bangun subuh dan tidak menyukai olahraga jogging, maka buatlah misalnya jalan keliling kompleks setiap sore selama 30 menit. Atau misalkan Anda ingin membuat resolusi menabung di tahun baru. Lalu Anda membuat resolusi memiliki tabungan 1 milyar di akhir tahun 2017 padahal penghasilan Anda perbulan adalah 5 juta. Ini tentu tidak akan tercapai tanpa ada penghasilan lain atau ada mujijat dari Tuhan. Namun, buatlah resolusi yang terukur seperti memiliki tabungan 10 juta di akhir tahun 2017. Dengan gaji 5 juta perbulan tentu ini terukur sesuai kemampuan Anda.

  • Dengan Anda mengukur kemampuan diri Anda, dan ketika Anda berhasil melakukannya selama 1 bulan dan mulai menunjukkan hasil berupa penurunan berat badan itu akan membuat Anda tetap bersemangat melakukannya sehingga di akhir tahun Anda akan tersenyum puas karena telah berhasil melakukan resolusi Anda.

  • Advertisement
    1. Relevan
  • Resolusi Anda tentu haruslah relevan dengan permasalahan Anda. Misalkan Anda ingin menabung karena sering boros, buatlah resolusi yang relevan seperti pergi ke mal sebulan 2 kali untuk mengurangi boros. Atau membuat budget pengeluaran perhari.

    1. Memiliki batas waktu
  • Kalau ini jelas Anda harus membuat batas waktu untuk resolusi Anda. Ini akan melatih Anda untuk mendisiplinkan diri Anda. misalkan Anda berkeinginan untuk bisa bermain alat musik biola di tahun 2017. Maka buatlah batas waktu untuk itu. Misalkan Anda akan mulai berlatih di Januari. Februari Anda akan mengikuti kursus. Bulan Juni sudah bisa memainkan sebuah lagu. Dengan membuat batas waktu yang jelas, mau tidak mau Anda akan memicu diri Anda. Namun, bila Anda tidak memiliki batas waktu dan hanya menuliskan untuk bisa bermain biola di tahun 2017, sampai bulan Desember 2017 mungkin biola yang telah Anda beli hanya akan berada di pojokan kamar.

  • Goal di atas dikenal dengan SMART goals. Specific, Measureable, Achieveable, Relevant, Time based.

  • Setelah Anda membuat SMART goals, yang paling penting adalah Anda harus menuliskan resolusi Anda di jurnal, di smart phone atau dimanapun yang Anda dapat membacanya. Penelitian membuktikan orang yang menuliskan resolusinya lebih besar kemungkinannya untuk mencapai resolusinya.

  • Lalu carilah teman untuk mendukung Anda mencapai goal Anda.

  • Dalam menuliskan resolusi Anda hindari kata jangan. Karena dengan menggunakan kata positif akan membantu ANda mencapai target lebih baik. Daripada menulis "Jangan boros" menjadi "hidup hemat atau sisihkan uang jajan"

  • Kemudian, tidak kalah penting adalah disiplin. Taatilah resolusi yang telah Anda buat berdasarkan SMART goal di atas.

  • Nah, demikian tips untuk membuat resolusi anti gagal. Semoga apapun resolusi Anda di tahun baru nanti akan tercapai dengan bantuan SMART goal dan disiplin diri.

  • Selamat tahun baru!

Bagikan pada teman dan keluarga..

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Ini syarat-syarat yang perlu Anda tahu sebelum menyusun resolusi 2017

Ini dia tips untuk membuat resolusi tahun baru yang antigagal
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr