Menikah dengan pasangan yang usianya terpaut jauh? Kenapa tidak

Tidak semua orang beruntung menikah dengan pacarnya semasa SMA. Ada pasangan yang berbeda usia banyak namun tetap mampu mengayuh bahtera rumah tangganya di air yang tenang.

1,549 views   |   17 shares
  • Tidak semua orang beruntung menikah dengan pacarnya semasa SMA. Ada pasangan yang berbeda usia banyak namun tetap mampu mengayuh bahtera rumah tangganya di air yang tenang. Tidak jarang kita melihat pasutri yang usianya jauh berbeda namun mereka tampaknya bahagia-bahagia saja. Apa rahasia rumah tangga seperti itu?

  • Bagi istri yang jauh lebih muda mungkin mereka merasa aman dan lebih terayomi karena suaminya dapat membimbing dia. Dia jarang bertengkar dengan suaminya karena dia merasa hormat dan patuh. Dia tidak merasa harus bersaing dalam hal apa pun dengan suaminya. Biasanya pria yang lebih tua juga memiliki keuangan yang lebih stabil daripada yang masih muda sehingga tidak ada persoalan dalam bidang ini.

  • Tidak ada pasangan yang dapat dikatakan serasi bila usia mereka berbeda banyak. Itu menurut pandangan orang luar. Namun dalam kehidupan rumah tangga mereka segalanya biasa saja seperti rumah tangga lainnya. Penulis tidak pernah berpikir akan menikah dengan pria yang lebih muda, namun kenyataannya ketika bertemu calon suami, penulis tidak peduli tentang perbedaan usia kami. Kebetulan suami adalah anak pertama dalam keluarganya sehingga terbiasa mengatur adik-adiknya. Sedangkan penulis adalah anak bungsu dalam keluarga sehingga terbiasa "bersembunyi" di belakang kakak-kakak penulis. Paling tidak hal ini membuat kami cocok. Penulis bercita-cita menikah dengan pria yang lebih pandai, namun sesudah menikah penulis sadar bahwa setiap orang dikarunia bakat masing-masing. Dalam rumah tangga kami tidak ada perbedaan yang mencolok akibat usia kami.

  • Penulis juga mengenal seorang wanita yang masih kelihatan cantik di usianya yang paruh baya. Teman-temannya terkejut ketika dia memutuskan untuk menikahi pria berusia 90 tahun. Perkawinan ini berlangsung 8 tahun sampai si pria meninggal. Tidak ada kesan yang lebih mendalam menjelang akhir hayatnya, sewaktu pria itu mengucapkan terima kasih yang tiada henti-hentinya kepada istrinya. Bahkan anak-anak pria itu yang sudah dewasa yang semula tidak begitu menyukai ibu tirinya dan mencurigai motif pernikahannya, akhirnya mengakui bahwa hidup ayahnya bahagia didampingi istrinya itu. Pada awal pernikahan si suami mengajarkan istrinya mengemudikan mobil. Ketika sudah tidak diizinkan lagi mengendarai mobil sendiri, si istri membawanya ke mana dia ingin pergi. Dia merawat suaminya dengan kasih sayang dan jauh lebih baik daripada perawatan suster. Untuk itu anak-anaknya berterima kasih kepada ibu tirinya.

  • Tidak jarang perbedaan usia menimbulkan jurang yang dalam, namun semua itu tergantung kepada masing-masing pasangan. Dunia terkejut ketika Ashton Kutcher menikahi Demi Moore yang jauh lebih tua. Pasangan itu hidup bahagia sampai pernikahan mereka diguncang skandal percintaan Ashton dengan wanita lain. Namun ini hanyalah kisah Hollywood yang dapat saja terjadi pada pasangan mana pun. Di Indonesia bintang terkenal Suzanna menikah dengan Cliff Sangra yang jauh lebih muda. Dan pernikahan ini berjalan sampai Suzanna meninggal dunia.

  • Advertisement
  • Usia tidak menentukan kebahagiaan dalam perkawinan. Berapa pun perbedaan usia antara suami istri maupun tidak adanya perbedaan itu, yang penting adalah kemauan setiap pasangan untuk mempertahankan rumah tangganya. Kadang-kadang perceraian dilandaskan pada hal-hal kecil yang seharusnya dapat diatasi bila masing-masing pasangan mau bekerja keras mengatasi persoalan itu.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menikah dengan pasangan yang usianya terpaut jauh? Kenapa tidak

Tidak semua orang beruntung menikah dengan pacarnya semasa SMA. Ada pasangan yang berbeda usia banyak namun tetap mampu mengayuh bahtera rumah tangganya di air yang tenang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr