3 persiapan wajib sebelum menjadi orangtua

Setelah buah hati Anda lahir tantangan tidak serta merta berakhir, Anda berdua harus terus bahu-membahu merawat si kecil hingga ia mampu tumbuh menjadi anak yang sehat.

432 views   |   1 shares
  • Apakah Anda dan pasangan sudah siap memiliki momongan? Jika ya, mulailah membenahi kebiasaan-kebiasaan kurang baik dari sekarang. Adapun waktu paling tepat untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran si kecil adalah satu tahun sebelum kehamilan, tujuannya untuk memastikan supaya Anda dan pasangan betul-betul siap lahir batin menjadi ayah dan ibu.

    Lantas, hal-hal apa saja yang sekiranya perlu dipersiapkan dari sekarang?

  • Persiapan fisik

    Menjadi orangtua membutuhkan kondisi fisik yang prima, sebab Anda akan bertanggung jawab menjaga serta merawat seorang bayi hingga ia mampu mandiri. Beberapa persiapan fisik yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • 1. Hentikan kebiasaan merokok

    Nasihat ini berlaku bagi Anda calon ayah dan ibu. Asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Jangan pertaruhkan kesehatan Anda dan juga calon buah hati Anda, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

  • 2. Hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

    Dalam blognya, dr. Didi Kusmarjadi, SpOG mengatakan "Ibu hamil dilarang mengonsumsi minuman beralkohol memang betul, sebab alkohol bersifat feto-toxic alias dapat meracuni janin. Alkohol bukan untuk dikonsumsi oleh tubuh, fungsi alkohol hanya sebagai obat luar dan dalam penerapannya wajib mendapatkan resep dari dokter."

  • 3. Hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi natrium

    Dalam jumlah cukup natrium memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi mengonsumsi natrium dalam jumlah besar justru sangat membahayakan. Beberapa jenis makanan mengandung natrium tinggi yang sebaiknya dihindari antara lain: Makanan cepat saji, makanan ringan, penyedap rasa, sayur kalengan, kacang kalengan, sarden dan saos tomat.

  • 4. Lakukan tes kesehatan

    Sebelum memutuskan hamil cek terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh Anda, cek kesehatan dapat mencegah terjadinya komplikasi baik pada ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan. Manfaat lain melakukan tes kesehatan adalah untuk memastikan calon ibu hamil tidak mengidap virus berbahaya seperti Toksoplasma, Rubela dan HIV.

  • 5. Lakukan vaksinasi

    Agar selama kehamilan ibu dan bayi sehat, saat ini ada tiga jenis vaksinasi wajib diberikan kepada calon ibu hamil, yaitu: MMR (Measles, Mumps, Rubella), Tetanus toksoid dan Hepatitis.

  • Persiapan Psikis

    Proses menjadi orangtua adalah pengalaman yang tak akan pernah Anda lupakan, Anda berdua akan mengalami berbagai macam tantangan yang butuh dihadapi bersama secara dewasa. Kesiapan mental dan psikologis merupakan modal utama Anda. Anda perlu menyadari menjadi orangtua merupakan tanggung jawab seumur hidup dan tidak akan pernah dibebastugaskan.

    Untuk calon ibu, selama kehamilan sudah siapkah Anda ketika tubuh mengalami banyak perubahan? Tantangan lain, selama kehamilan umumnya wanita lebih peka dan cenderung minder atau tidak percaya diri terhadap perubahan yang terjadi pada dirinya.

    Bagi Anda para calon ayah, sudah siapkah Anda menghadapi perubahan sikap yang dialami oleh istri Anda? Pahami, selama kehamilan dukungan Anda sebagai seorang suami sangat dibutuhkannya. Anda harus menjadi pribadi yang lebih panjang sabar, emosi Anda tidak boleh mudah terprovokasi oleh hal-hal sepele yang mungkin tidak sengaja dilakukan oleh istri Anda.

  • Persiapan finansial

    Persiapan yang dimaksud adalah perencanaan keuangan yang matang untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Anda berdua juga harus membahas setiap pengeluaran yang dibutuhkan guna menyambut kedatangan si kecil. Pahami, setelah buah hati lahir pengeluaran Anda berdua pasti akan membengkak dan hal ini sudah harus diantisipasi jauh-jauh hari sebelum kelahiran.

  • Penutup

    Setelah buah hati Anda lahir tantangan tidak serta merta berakhir. Anda berdua harus terus bahu-membahu merawat si kecil hingga ia mampu tumbuh menjadi anak yang sehat. Anda berdua juga tidak perlu terlalu khawatir, yakinlah keterbukaan di antara Anda berdua akan mampu mengatasi setiap persoalan yang ada.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

3 persiapan wajib sebelum menjadi orangtua

Setelah buah hati Anda lahir tantangan tidak serta merta berakhir, Anda berdua harus terus bahu-membahu merawat si kecil hingga ia mampu tumbuh menjadi anak yang sehat.
Advertisement
Bergabung dengan jutaan lainnya di seluruh duniamenuju fondasi keluarga yang lebih kuat
-------------------------- atau --------------------------
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr