Tradisi Natal unik dari berbagai Negara

Setiap Negara memiliki tradisi Natal yang unik dan berbeda. Berikut beberapa di antaranya.

170 views   |   2 shares
  • Perayaan natal yang dirayakan di seluruh dunia, seringkali terlihat unik sesuai dengan budaya dan kepercayaan masyarakat setempat. Walau intinya sama, sebagai perayaan kelahiran Yesus Kristus bagi umat Kristiani, namun suasana Natal seringkali menarik untuk dinikmati oleh siapa saja.

  • Berikut adalah beberapa tradisi Natal unik yang dirayakan dari berbagai belahan dunia:

  • Jerman

  • Biasanya masyarakat Kristen di Jerman menyambut bulan Desember, mengisi kantong kelender berbentuk pohon cemara dengan hadiah-hadiah kecil dimulai dari tanggal 1 hingga puncaknya di tanggal 25. Satu hadiah pada satu hari, melambangkan kebaikan yang telah dilakukan di hari tersebut. Hal ini bertujuan agar seseorang terus melakukan kebaikan setiap harinya hingga hari Natal tiba. Santa Claus di Jerman dikenal dengan Weihnachtsmann. Lainnya menyebutnya sebagai Christkind,The Christ Child. Beberapa juga percaya karakter yang disebut Knecht Ruprecht atau Krampus yang menemani St. Nicholas (Santa Claus). Karakter raksasa bertanduk yang datang untuk menghukum anak-anak yang nakal.

  • Afrika Selatan

  • Penduduk Afrika Selatan memiliki cara untuk merayakan Natal di musim panas, yaitu menghabiskan liburan Natal dengan cara berkemah atau berenang. Orang Afrika Selatan juga memiliki kebiasaan melakukan 'caroling' atau pelayanan dengan bernyanyi dari rumah ke rumah bersama sebuah kelompok choir sambil membawa lilin. Afrika Selatan juga memiliki makanan khas di hari Natal seperti kalkun, bebek, daging sapi panggang, atau babi disajikan dengan sayuran, nasi kuning disertai kismis serta hidangan penutup tradisional yang disebut Malva atau Lekker.

  • Meksiko

  • Di Meksiko, perayaan Natal berlangsung dari tanggal 12 Desember hingga 6 Januari. Proses dimulai pada 16 Desember, anak-anak di Meksiko melakukan tradisi sembilan Las Posadas atau Penginapan di mana prosesi ini menirukan perjalanan Yusuf dan Maria saat mencari tempat tinggal sebelum kelahiran Yesus. Mereka berjalan dengan lilin menyanyikan sebuah lagu dan kemudian mengatakan "apakah ada ruang, apakah ada ruang", dari rumah ke rumah. Di rumah terakhir di hari Las Posadas berakhir, tepatnya pada malam Natal, anak-anak akan diberitahu bahwa "ada ruang" dan disambut untuk perayaan Natal dengan melakukan doa syukur dilanjutkan jamuan makan sambil bermain kembang api dan berpesta bersama.

  • Australia

  • Orang-orang Australia percaya, bahwa ketika Santa Claus mencapai Australia maka dia menggantikan rusa dengan kanguru yang dikenal sebagai Six White Boomers (lagu Natal lokal Australia yang populer). Dia juga melepaskan jaket pakaian dinginnya karena panas yang luar biasa di Australia yang memasuki musim panas saat Natal. Tradisi Natal lainnya yang sering dilakukan masyarakat Australia adalah memakan banyak makanan laut seperti udang atau lobster, dan perayaan ini biasanya dilakukan pada siang hari.

  • Advertisement
  • Kanada

  • Banyak masyarakat di Kanada percaya bahwa Santa Claus berasal dari Kanada, walau dipercaya sebenarnya berasal dari Finlandia. Meskipun begitu, Santa Claus merupakan icon utama dari perayaan Natal di negara itu. Sebuah parade tahunan di Toronto adalah salah satu yang terbesar dan tertua di dunia dan melibatkan lebih dari 2.000 peserta. Kebiasaan Natal favorit lain di Kanada adalah berpesta kue. Setiap keluarga membuat kue dengan resep masing-masing dan membagikannya pada keluarga, kerabat, tetangga dan orang lain di sekitarnya. Sehingga setiap keluarga dapat menikmati berbagai macam kue selama liburan.

  • Finlandia

  • Finlandia lama diyakini sebagai rumah dari Santa Claus. Ia dipercaya hidup di Korvatunturi, Lapland atau Kutub Utara. Banyak surat tak beralamat diberikan kepada Santa Claus dari seluruh dunia. Ada juga sebuah taman besar dinamakan "Christmas Land" di daerah tersebut. Karakter Natal penting lainnya adalah Joulupukki, yang merupakan karakter kambing menyeramkan yang meminta hadiah dari orang-orang tanpa memberikan apapun sebagai imbalan. Pada akhirnya, Joulupukki juga memberikan hadiah, namun tugas itu kemudian diambil oleh Santa.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Tradisi Natal unik dari berbagai Negara

Setiap Negara memiliki tradisi Natal yang unik dan berbeda. Berikut beberapa di antaranya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr