Ibu bekerja atau ibu rumah tangga ?

Yang manakah yang akan Anda pilih kelak ketika menjadi ibu?

500 views   |   5 shares
  • Apa yang ada di benak ibu bekerja melihat ibu-ibu lain yang memutuskan untuk tinggal di rumah saja dan menjadi ibu rumah tangga? Begitupun sebaliknya, apa yang dipikirkan ibu rumah tangga melihat ibu-ibu yang bekerja dengan tampilan yang menarik dan mempunyai penghasilan sendiri?

    Seorang wanita nantinya akan dihadapkan pada dua pilihan tersebut. Menjadi ibu yang bekerja atau ibu rumah tangga. Peran wanita akan menjadi kompleks ketika ia telah berumah tangga. Tidak mudah untuk memutuskan hal tersebut, apalagi bila anak-anak masih bayi dan masih membutuhkan perhatian ekstra dari ibu. Akan menjadi dilema tersendiri bagi semua ibu.

    Menjadi ibu bekerja maupun ibu rumah tangga adalah pekerjaan mulia. Dua-duanya membutuhkan pengorbanan. Dua-duanya memiliki beban dan tanggung jawabnya masing-masing. Dua-duanya ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi, ketika Anda mendengar ada orang lain yang mengatakan lebih enak ibu bekerja, punya penghasilan sendiri, bisa membantu keuangan keluarga, tetapi masih tetap bisa kok berkumpul dengan keluarga sepulangnya bekerja, Anda tidak bisa membenarkan anggapan seperti itu.

    Buktinya ada juga ibu bekerja yang merasa iri dengan ibu rumah tangga karena mereka bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga, bisa melihat perkembangan anak-anak dan mencurahkan kasih sayang lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh meremehkan setiap pekerjaan ibu.

    Yang membedakan hanya waktu dan tempat. Ibu bekerja, menghabiskan banyak waktu di luar rumah, waktu bekerja ditentukan oleh tempat dia bekerja, penampilan mereka harus rapi karena hampir semua pekerjaan yang ada berkorelasi langsung dengan klien atau pelanggan. Jerih payah mereka dibayar dengan gaji dan tunjangan. Tiap hari bergelut dengan tugas-tugas pekerjaan yang menumpuk.

    Sedangkan ibu rumah tangga, akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Jam kerjanya tidak terbatas, penampilannya seadanya bahkan kadang dasteran saja, tugas dan pekerjaan mengurusi keperluan anak-anak dan segala pekerjaan rumah, dan tentunya tidak mendapat gaji atau tunjangan.

    "Semua pekerjaan ada pro dan kontranya. Bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Bagi saya pekerjaan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia tanpa pamrih. Seorang wanita yang berani mengambil keputusan untuk menetapkan hatinya menjadi ibu rumah tangga harus diacungi jempol. Apalagi bila latar pendidikannya adalah seorang sarjana. Saya mengerti tidak mudah untuk mengambil keputusan tersebut. Tetapi saya yakin, keputusannya menjadi ibu rumah tangga sudah dipikirkan matang-matang. Terkadang saya merasa kesal, bila ada teman yang berkata "Gak sayang dengan ijazah sarjananya?". Namun, jangan salah, seorang ibu dituntut untuk cerdas terlepas dia ibu bekerja atau tidak. Ibu rumah tangga juga harus pintar agar menghasilkan anak-anak yang cerdas pula. Jangan pernah memandang rendah seorang ibu rumah tangga karena kelak ialah yang menciptakan anak-anak dan keluarga yang sukses." (Tesalonika, 29 tahun, IRT)

    "Penentuan dalam mengambil keputusan apakah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga disebabkan karena beberapa faktor. Semuanya harus dibicarakan terlebih dahulu dengan suami. Ibu bekerja baik, karena ia berarti memikirkan masa depan anak-anak, memikirkan kebutuhan dan keperluan keluarga. Ia merasa penghasilan yang nantinya dia dapatkan akan membantu meringankan beban suami. Ibu rumah tangga juga baik, karena ia berpikir tidak mau melewatkan setiap momen kebersamaan dengan keluarga yang mungkin tidak bisa dirasakan oleh ibu bekerja. Namun, jika passion-nya adalah berkarier dan membangun karier, mungkin itulah pilihannya dan harus dihargai." (Christy, 40 tahun, freelance)

    Hidup ini adalah pilihan, ketika Anda tahu apa yang menjadi prioritas Anda. Maka Anda akan mudah menetapkan keputusan. Pertimbangkan mana yang bisa membuat Anda nyaman dan bahagia menjalaninya. Maka itulah pilihan yang terbaik untuk Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ibu bekerja atau ibu rumah tangga ?

Yang manakah yang akan Anda pilih kelak ketika menjadi ibu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr