Tips Membantu Anak-Anak Bersiap Menghadapi Ujian

Ujian merupakan bagian dari kehidupan hampir semua orang hari ini, dari anak-anak SD sampai para siswa SMA dan orang dewasa yang berusaha masuk ke berbagai perguruan tinggi dan program pendidikan.

2,633 views   |   4 shares
  • Ujian negara merupakan bagian dari kehidupan hampir semua orang di zaman sekarang, dari anak-anak SD sampai para siswa SMA dan orang dewasa yang berusaha masuk ke berbagai perguruan tinggi dan program pendidikan.

  • Bantulah anak Anda siap menghadapi ujian dan memperoleh hasil terbaik dengan mengikuti strategi berikut:

  • Atasi stres

  • Anak-anak terkadang merasa terlalu cemas menghadapi ujian. Bantulah mereka dengan mengingatkan bahwa salah satu tujuan utama ujian adalah untuk membantu sekolah mengetahui seberapa baik prestasi mereka. Beritahu mereka bahwa sangatlah penting untuk berusaha sebaik mungkin tetapi rasa cemas tidak akan membantu, malahan dapat merusak nilai mereka. Upaya terbaik setiap orang memang berbeda-beda, tetapi hanya itu saja yang diminta dari mereka.

  • Tidur yang cukup

  • Sebelum hari ujian, Anda dapat membantu anak Anda dengan memastikan mereka cukup tidur di malam hari, dan memberi mereka sarapan bergizi. Membahas seperti apa ujian itu nantinya – waktunya, bentuk ujiannya, dsb – untuk menghilangkan kegelisahan. Belajar kilat di malam sebelum ujian bukanlah ide bagus.

  • Menggunakan beberapa metoda belajar

  • Ketika belajar untuk ujian, menggunakan beberapa metode pembelajaran seringkali efektif. Misalnya, daripada hanya membaca dan menghafal dari buku cetak, temukan metode alternatif seperti membuat permainan kartu ingatan atau membaca bahan pelajaran dengan lantang.

  • Mengambil kelas persiapan ujian

  • Para siswa lulusan SMA dan orang dewasa dapat menerima keuntungan dari mengikuti kelas persiapan masuk perguruan tinggi. Nilai yang bagus sangat mempengaruhi perguruan tinggi mana yang dapat mereka masuki dan dapat mempengaruhi karir masa depan mereka. Oleh karena itu, pengorbanan biaya dan waktu untuk mengikuti kelas persiapan ini memang pantas dilakukan.

  • Berlatih mengerjakan ujian

  • Berlatih mengerjakan ujian dapat dilakukan untuk menghadapi segala jenis ujian dan dapat dilakukan baik dalam suasana santai maupun dalam suasana yang serupa dengan ujian sebenarnya. Berlatih mengerjakan ujian membantu para siswa mengetahui apa yang diharapkan dan menyoroti bidang-bidang yang membutuhkan bantuan tambahan. Pastikan latihan ujian ini mencakup ujian yang diberi batas waktu untuk meniru tekanan dan perasaan bekerja dalam batas waktu. Selain itu, periksa apakah dalam ujian nanti jawaban yang salah akan akan mengurangi nilainya. Kadang ada ujian yang demikian, kadang tidak. Jika tidak ada pengurangan nilai, anak-anak hendaknya didorong untuk membuat tebakan terbaik mereka dan mengisi semua pertanyaan pilihan ganda yang masih kosong ketika waktunya hampir habis. Banyak kelas persiapan ujian mengajarkan strategi untuk digunakan dalam menghadapi berbagai skenario ujian.

  • Advertisement
  • Berhasil dalam ujian negara dapat berdampak sangat besar pada siswa, baik sekarang maupun di masa depan sewaktu mereka memasuki perguruan tinggi atau universitas pilihan mereka. Jadikan persiapan ujian bagian dari kebiasaan belajar keluarga Anda sekarang, dan ketika ujian masuk perguruan tinggi yang sangat penting itu tiba, kebiasaan ini akan membantu anak Anda mengerjakannya sebaik mungkin.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Tips to help kids prepare for standardized tests" karya Margot Hovley.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Tips Membantu Anak-Anak Bersiap Menghadapi Ujian

Ujian merupakan bagian dari kehidupan hampir semua orang hari ini, dari anak-anak SD sampai para siswa SMA dan orang dewasa yang berusaha masuk ke berbagai perguruan tinggi dan program pendidikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr