Inikah pemicu pertengkaran soal uang antara Anda dan pasangan?

Mungkin selama ini Anda tidak menyadarinya, sumber-sumber di bawah ini kerap menimbulkan pertengkaran soal uang dalam pernikahan Anda.

852 views   |   9 shares
  • Tidak dapat dipungkiri lagi 'uang' selalu menjadi alasan yang teratas sebagai penyebab pertengkaran dalam pernikahan. Padahal sebenarnya Anda dan pasangan bisa saja menghindari pertengkaran akibat 'uang' tersebut. Disadari maupun tidak, ujung-ujungnya uang dapat memicu pertengkaran skala kecil sampai besar hingga perpisahan loh. Karenanya, kenalilah sumber-sumber yang kerap menimbulkan keributan soal uang dalam pernikahan Anda di bawah ini:

  • 1. Tidak tuntas mendiskusikan masalah yang berhubungan dengan "uang"

  • Jangan pernah menggantung perbincangan saat Anda dan pasangan sedang membahas tentang uang. Hal ini dapat menimbulkan pertengkaran yang berkepanjangan di antara suami dan istri, bila tidak pernah disepakati dan diatasi secara tuntas.

  • Sampaikan poin-poin Anda secara jelas dan pastikan kalian mengetahui dengan pasti apa saja yang perlu dibahas. Misalnya saja, ketika Anda berdua membahas pengeluaran bulanan dan ternyata ada pengeluaran yang tak terduga yang perlu dibayar. Diskusikan hal ini berdua hingga mendapatkan solusi bersama. Jangan meninggalkan perbincangan atau menundanya, karena dapat memicu pertengkaran dan kesalahpahaman nantinya.

  • 2. Pinjaman tak terencana

  • Ada pinjaman yang memang menjadi kebutuhan dan disepakati setiap pasangan suami istri. Misalnya, pinjaman untuk membeli rumah atau kendaraan. Tetapi jika suami atau istri meminjam uang tanpa memberitahu pasangan, apalagi hal ini dilakukan untuk kebutuhan pribadi, tentu ini akan dapat menimbulkan pertengkaran. Tidak masalah jika Anda bisa membayarnya dengan tuntas, namun bagaimana jika di tengah jalan Anda kesulitan melunasi hutang Anda? Tentu pasangan dan keluarga Anda akan terlibat dalam masalah tersebut.

  • Sebelum meminjam sesuatu, baik untuk membeli keperluan pribadi maupun keluarga, sebaiknya Anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan pasangan. Walau dalam keadaan mendesak sekalipun, jangan abaikan pendapat pasangan Anda akan hal ini. Ingat pula untuk tidak meminjam uang tanpa merencanakan atau tahu cara untuk membayarnya.

  • Advertisement
  • 3. Tidak transparan

  • Transparansi keuangan dalam rumah tangga itu wajib. Semua pemasukan dan pengeluaran baik suami maupun istri harus dilaporkan kepada masing-masing pasangan. Bahkan ketika menerima bonus, komisi, hadiah dan sebagainya Anda tetap perlu memberitahukan kepada pasangan.

  • Akan timbul perasaan tidak nyaman, kecurigaan dan tidak dihargai ketika Anda tidak transparan dalam hal keuangan terhadap pasangan.

  • 4. Memisahkan "uang pribadi"

  • Jika ada pepatah, "uang suami adalah uang istri, dan uang istri adalah uang istri" maka ini adalah pemahaman yang tidak tepat dalam sebuah pernikahan. Ingat, ketika menikah apa yang Anda dan pasangan miliki adalah milik bersama-sama sebagai keluarga.

  • Ketika Anda mengatasnamakan 'uang Anda' misalnya, "Saya beli ini pakai uang sendiri" atau "Saya bisa pergi menggunakan uang saya", hal-hal seperti ini tentu dapat menyinggung dan menyakiti perasaan pasangan Anda. Meskipun Anda sebagai istri memiliki penghasilan lebih dari suami, jangan pernah menyakiti pasangan dengan menyombongkan uang pribadi yang Anda miliki.

  • Dalam pernikahan, Anda berdua adalah satu tim. Karenanya terbukalah, jujur, transparan dan rendah hati dalam mengatur keuangan bersama. Satu hal yang juga penting diingat, awalilah pembicaraan tentang keuangan ini dalam satu suasana santai tanpa adanya ketegangan ya! Jadikan diskusinya ringan namun serius, dengan tujuan untuk kepentingan dan kebahagiaan bersama.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya mahasiswa akhir di Institut Kesenian Jakarta, Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami yang saya cintai. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Inikah pemicu pertengkaran soal uang antara Anda dan pasangan?

Mungkin selama ini Anda tidak menyadarinya, sumber-sumber di bawah ini kerap menimbulkan pertengkaran soal uang dalam pernikahan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr