5 motivasi diri ketika masa-masa terasa sangat berat

Tidak ada seorang pun yang suka merasa tertekan, namun Anda pun harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus berada pada titik tersebut.

1,847 views   |   30 shares
  • Perasaan-perasaan negatif seperti kesedihan, kekhawatiran, dan mungkin frustasi merupakan perasaan-perasaan yang umum dirasakan oleh semua orang, hanya orang yang sudah mati sajalah yang tidak lagi merasakan hal-hal ini. Perasaan-perasaan tersebut timbul biasanya selalu berkaitan langsung dengan hidup seseorang, ketika masalah muncul bertubi-tubi, atau musibah yang tidak disangkakan terjadi dapat memicu terjadinya tekanan yang disebut depresi.

  • Depresi sangat membawa dampak negatif dalam kehidupan seseorang, namun melalui pengalaman tersebut jugalah seseorang mendapatkan keberanian serta kemauan yang baru untuk mengubah hidup bahkan kekuatan untuk menangani tekanan yang muncul di masa yang akan datang. Untuk itulah sekali lagi, perasaan-perasaan yang muncul di saat masa-masa berat menimpa kehidupan seseorang bukanlah sesuatu yang tidak wajar, dalam banyak kasus justru hal ini menjadi keuntungan yang tidak terkira di masa depan.

  • Meski bukan hal yang mudah untuk keluar dari keadaan semacam itu, tetapi setiap orang diharuskan menang dari tekanan-tekanan berat tersebut. Berikut beberapa cara yang mungkin dapat memotivasi Anda jika hari ini Anda sedang mengalami masa-masa berat:

  • 1. Terima keadaan dan kelemahan Anda

  • Cara utama untuk mengatasi tekanan adalah dengan menerima keadaan yang sedang terjadi, jangan paksakan merubah keadaan yang justru akan menambah beban mental Anda saat itu. Terima saja dan konsentrasikan pada hal yang mampu Anda lakukan.

  • 2. Belajar dari kesalahan

  • Dalam hidup ini semua orang pasti pernah berbuat salah, bahkan beberapa orang memiliki lebih banyak kesalahan daripada Anda. Dari pada hanya menyesali berkepanjangan sesuatu yang sudah terjadi sebaiknya ambil hikmah dari suatu keadaan dan kejadian agar tidak terulang di kemudian hari.

  • 3. Bangun kepercayaan diri

  • Orang-orang yang berada pada masa berat tentu akan mengalami penurunan tingkat kepercayaan diri mereka, hal ini wajar saja, namun ingatlah tidak ada orang yang sempurna di dunia ini dan semua orang harus melakukan kewajibannya masing-masing dengan sebaik mungkin. Jangan menjadi terpuruk, namun sebaliknya bangkit dan bangun kepercayaan diri Anda sehingga dapat mengerjakan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

  • 4. Berpikir positif

  • Ketakutan untuk memulai hal baru seringkali menjadi kendala dalam menentukan langkah awal untuk keluar dari kondisi tertekan. Berpikirlah positif bahwa apa yang akan Anda lakukan kali ini akan membuahkan hasil karena Anda yang sekarang adalah Anda yang belajar dari kesalahan di hari yang kemarin.

  • Advertisement
  • 5. Hilangkan keraguan dan lakukan saja

  • Kebanyakan orang yang berada pada situasi berat dalam hidupnya menjadi sulit melangkah karena terlalu banyaknya pertimbangan. Namun pada tahap ini jika Anda telah berhasil untuk menghilangkan ketakutan Anda di masa lalu lakukan saja rencana Anda berikutnya. Anda dapat meminta masukan dari sahabat terbaik atau orang tua untuk mendapatkan hidup Anda kembali.

  • Itulah beberapa motivasi yang dapat membantu Anda keluar dari masa-masa berat Anda saat ini. Pada prinsipnya terimalah fakta yang ada dan hiduplah secara harmonis sampai Anda berhasil melewati keadaan tersebut dan Anda berhasil mengatasinya. Tidak ada seorang pun yang suka merasa tertekan, namun Anda pun harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus berada pada titik tersebut.

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 motivasi diri ketika masa-masa terasa sangat berat

Tidak ada seorang pun yang suka merasa tertekan, namun Anda pun harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus berada pada titik tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr