5 hal sederhana yang bisa dilakukan remaja agar tumbuh menjadi remaja yang baik

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya bertumbuh menjadi pribadi yang baik dan berguna. Hal apakah yang dapat orang tua lakukan bagi anak remajanya?

778 views   |   13 shares
  • Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sebagai manusia yang sudah dewasa, namun juga sudah tidak dapat disebutkan sebagai anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia di mana dari anak-anak menuju ke kedewasaan yang berjalan di antara usia 12 sampai 21 tahun.

    Sebagai makhluk sosial manusia tidak lepas dari orang lain, begitu pula dengan para remaja. Mereka memerlukan interaksi dengan orang lain untuk mencapai tingkat kedewasaannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah tentang bagaimana seorang remaja itu bergaul, dengan siapa, dan apa sajakah dampak yang didapatkan dari pergaulannya tersebut bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain dan lingkungannya.

    Jika ditinjau lebih dalam lagi pergaulan sebenarnya tidak akan menimbulkan dampak yang negatif jika standar yang dipakai dalam pergaulan memakai standar yang sesuai dengan budaya kita yang penuh dengan tata krama dan kesopanan. Meski begitu cukup banyak juga remaja yang menjadi salah jalan akibat dari pergaulan yang dijalani beserta kegiatan-kegiatan di dalamnya tidak membawa dampak yang positif bagi dirinya sendiri.

    Untuk mengubah sesuatu yang sudah mendarah daging atau kebiasaan yang sudah menjadi terlalu biasa bagi seorang remaja bukanlah perkara yang mudah. Hal ini membutuhkan proses panjang yang cukup memakan waktu. Oleh karenanya ada baiknya kita para orang tua mau membimbing anak-anak remajanya dan khusus nya remaja itu sendiri agar mau mengisi kegiatan sehari-harinya dengan hal yang berguna dan positif supaya pertumbuhan kedewasaan kelak dapat menjadi satu hal yang membanggakan.

    Apa sajakah hal-hal yang dapat membantu remaja agar dapat bertumbuh secara baik dan positif? Banyak sekali contoh sikap yang sangat baik yang dapat diikuti oleh para remaja untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya:

  • 1. Memilih teman

    Memilih tidak berarti membuat seseorang tidak memiliki teman, tetapi dengan memilih orang-orang yang dijadikan teman akan membuat perilaku dan sikap kita menjadi lebih terbatas dan tidak berlebihan. Pilihlah orang-orang yang memiliki sikap dan perilaku baik dan tidak menyimpang sehingga hal tersebut akan terbawa juga ke dalam kehidupan seorang remaja.

  • 2. Mengisi waktu dengan kegiatan positif

    Inilah yang menjadi tujuan mengapa remaja harus memilih dengan siapa ia harus berteman, pada masa ini banyak sekali waktu senggang yang dapat dimanfaatkan dengan energi seorang remaja yang sedang tinggi-tingginya. Seorang remaja tidak akan terbawa ke dalam perilaku yang buruk yang membuatnya menuai hasil negatif jika ia berada dalam sebuah komunitas pertemanan yang berisi orang-orang yang baik dan selalu mengerjakan hal-hal yang bermanfaat.

  • 3. Berlibur bersama keluarga

    Semakin dekat anak dengan orangtuanya maka akan semakin kecil pula kemungkinannya ia dapat terjerumus dalam hal-hal yang negatif apalagi jika dalam hubungan keluarga ini sudah terbangun komunikasi yang terbuka dan sehat, keuntungannya adalah orang tua dapat mengendalikan serta membimbing anak remajannya dengan dasar kejujuran dan keterbukaan tersebut.

  • 4. Ikut kegiatan pecinta alam

    Dari kegiatan ini selain dapat menyalurkan energi berlebih yang ada pada diri remaja, banyak dampak yang baik juga didapat olehnya dengan berhubungan langsung dengan alam yang menenangkan dan menginspirasi.

  • 5. Ibadah

    Rata-rata anak remaja sering mengacuhkan hal ini, meninggalkan ibadah karena hal lain yang lebih menarik. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini oleh orang tua agar apapun tantangan yang dihadapi seorang remaja, diharapkan ia selalu memiliki kepercayaan bahwa ia dapat melalui semuanya dengan baik.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

5 hal sederhana yang bisa dilakukan remaja agar tumbuh menjadi remaja yang baik

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya bertumbuh menjadi pribadi yang baik dan berguna. Hal apakah yang dapat orang tua lakukan bagi anak remajanya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr