Kenali waktu terbaik sebelum memesan akomodasi liburan

Atur dengan cermat rencana perjalanan untuk mendapat 'best deal' dan memaksimalkan liburan Anda.

109 views   |   shares
  • Penghujung akhir tahun semakin dekat, itu artinya libur panjang untuk merayakan Natal dan menyambut datangnya Tahun Baru akan segera dimulai. Banyak orang tidak ingin menyia-nyiakan momen berharga ini. Jauh hari mereka telah memesan penginapan atau tiket perjalanan agar tidak kehabisan atau malah harganya melonjak.

  • Senada dengan hal tersebut, manajer agen perjalanan Skyscanner Indonesia, Tika Larasati, mengatakan bahwa menentukan waktu terbaik membeli tiket perjalanan dan akomodasi dapat membantu para pelancong memperoleh harga termurah baik untuk tujuan favorit domestik maupun mancanegara. Menurut Skyscanner, pada 2015 lalu data yang diperoleh melalui lebih dari 60 juta pencarian penerbangan dalam satu bulan, Hongkong merupakan tujuan favorit orang Indonesia selama musim liburan, sedangkan Paris dan Jeddah menempati posisi kedua dan ketiga. Pada tahun 2016 kali ini, diprediksi orang Indonesia cenderung memilih Australia, Thailand dan Singapura sebagai tujuan paling diminati untuk berlibur.

  • Jika Anda berencana mengisi liburan akhir tahun ini, berikut beberapa waktu tepat untuk memesan tiket perjalanan dan akomodasi agar Anda dapat berlibur murah, nyaman dan berkesan:

  • 1. Atur jadwal perjalanan dengan cermat

  • Jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan atur jadwal dengan cermat. Sebisa mungkin hindari membeli tiket pada peak season(Liburan sekolah, tanggal merah, dan hari raya keagamaan) supaya memperoleh harga penawaran termurah. Selain lebih murah, Anda juga dapat terhindar dari kepadatan yang mungkin terjadi di tempat tujuan berlibur.

  • 2. Pertimbangkan faktor cuaca

  • Faktor cuaca harus betul-betul Anda pertimbangkan dengan baik agar setibanya di tempat tujuan Anda tidak merasa kecewa akibat liburan yang kurang maksimal. Jika memilih berlibur di negara tropis 2 musim, maka antisipasi musim penghujan pada bulan Oktober hingga Februari. Jika mengunjungi negara dengan 4 musim, maka antisipasi datangnya musim dingin pada bulan-bulan Desember hingga Maret di negara belahan utara dan Juni hingga September di negara-negara belahan selatan.

  • 3. Cari tahu momen festival yang sedang diselenggarakan di tempat tujuan

  • Agar liburan semakin berkesan, cari tahu momen-momen festival apa saja yang biasa diselenggarakan di tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Sebagai contoh, jika Anda ingin berlibur ke pulau dewata Bali, bulan Mei hingga Oktober menjadi bulan-bulan yang paling diminati oleh para wisatawan karena diselenggarakan banyak festival menarik yang sayang untuk dilewatkan.

  • Advertisement
  • 4. Kenali siklus waktu booking tiket

  • Dilansir oleh detik Travel dari situs Cheap Air, pada dasarnya harga tiket perjalanan (udara, laut dan darat) sangat dipengaruhi oleh permintaan para pelancong terhadap tempat tujuan tertentu dan pada waktu tertentu. Gabungan dari komponen tersebut menjadi acuan bagi pihak penyedia layanan angkutan untuk menentukan harga. Menurut situs Cheap Air, mereka membagi waktu booking tiket menjadi lima siklus, yaitu: Siklus _First Dibs (6 - 11 bulan sebelum hari H), __Peace of Mind_ (3 - 6 bulan sebelum hari H), Prime Booking Window__ (3 minggu - 3 bulan sebelum hari H), _Push Your Luck (14 - 20 hari sebelum hari H), dan __Hail Mary___ (0 - 13 hari sebelum hari H).

  • Jadi sekarang, sudah tahukan kapan waktu terbaik untuk memesan tiket dan akomodasi? Perencanaan yang matang sebelum menikmati liburan sangat memengaruhi kepuasan Anda selama mengisi waktu liburan. Selamat mencoba, traveller!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kenali waktu terbaik sebelum memesan akomodasi liburan

Atur dengan cermat rencana perjalanan untuk mendapat 'best deal' dan memaksimalkan liburan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr