Reaksi Anda ketika si kecil berbicara tidak sopan

Bagaimanakah sebaiknya orangtua bereaksi ketika si kecil berkata kurang pantas?

471 views   |   2 shares
  • Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata upik mempunyai arti sebutan untuk anak perempuan sedangkan kata buyung adalah sebutan untuk anak laki-laki. Masa anak-anak adalah masa penuh kejutan bagi mereka, di mana rasa keingintahuan mereka sedang membara. Banyak hal yang mereka belum ketahui tentang kehidupan. Mereka terkadang tidak tahu apa yang mereka lakukan itu baik atau buruk, apa boleh dilakukan atau tidak. Terlebih lagi, bila si Upik atau si Buyung Anda masih tergolong anak-anak, mereka jarang ataupun sama sekali tidak memikirkan konsekuensi dari apa yang mereka lakukan. Yang penting mereka senang, mereka lakukan.

  • Sebagai orangtua, tugas Anda lah untuk mendidik, mengajar dan membimbing mereka untuk menjadi anak yang baik. Termasuk mengajar mengenai tata cara berbicara kepada orang lain. Sejak kecil, si upik atau si buyung harus Anda beri pemahaman tentang bagaimana cara berbicara yang sopan, kata-kata apa yang tidak boleh diucapkan dan menjelaskan batasan-batasan berbicara kepada orang lain terlebih lagi kepada orang yang lebih tua.

  • Anda tentunya mempunyai aturan dan cara sendiri untuk mengajarkan si upik atau si buyung Anda agar selalu berbicara sopan di mana pun mereka berada dan dengan siapa lawan bicara mereka. Lalu, bagaimana bila kenyataannya mereka berbicara tidak sopan? Apa reaksi Anda?

  • "Bila kata-kata yang tidak sopan tersebut baru pertama kali saya dengar keluar dari mulutnya, yang pasti kagetlah. Namun, saya tidak akan langsung memarahinya, mungkin saja mereka tidak mengerti bahwa kata-kata tersebut tidak boleh diucapkan. Yang pertama yang akan saya lakukan yaitu pendekatan, dan menanyakan langsung dari mana dia mendengar kata-kata tersebut. Mungkin di lingkungan keluarga saya tidak pernah mengucapkan kata-kata seperti itu, tetapi saya tidak tahu bagaimana lingkungan di luar. Bisa jadi mereka berani mengucapkan kata-kata tidak sopan itu karena meniru teman-temannya atau kata-kata tersebut pernah didengarnya di TV. Anak-anak kan cenderung mencontoh apa yang dilihat dan didengarnya." (Ester, Kediri, IRT)

  • "Berapa pun usia anak kita, ketika ia berbuat salah dalam hal saat ia berani berbicara tidak sopan misalnya ia berkata jorok, berbicara kasar, berteriak atau mengucapkan kata-kata yang tidak sepantasnya diucapkan, sebagai orangtua kita harus tegas. Bila kita tidak tegas, nantinya hal tersebut menjadi kebiasaan buruknya. Bersikap tegas berarti belajar mendidik anak agar tidak mengulangi kebiasaan berbicara tidak sopan. Ada aturan dan konsekuensi yang harus kita terapkan sehingga anak punya rambu-rambu juga yang harus mereka taati. Jika perlu kita dapat memberi hukuman ringan yang dapat membuat anak jera." (Ayub, Pegawai swasta, Kediri)

  • Advertisement
  • "Ketika si upik/buyung berbicara tidak sopan, sebaiknya tidak usah bereaksi yang berlebihan. Tidak perlu panik meski Anda merasa marah. Tidak perlu sampai membentaknya, mencubitnya apa lagi sampai memukulnya. Apa lagi kejadiaannya ketika banyak orang di sekelilingnya. Reaksi yang berlebihan hanya akan membuat si upik/si buyung malu dan berusaha mencoba mencari perhatian Anda dengan hal konyol lainnya. Lebih baik diamkan saja dulu. Lalu menyuruhnya untuk meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Cara demikian sepertinya lebih efektif daripada harus menyakitinya dengan nada yang tinggi atau memarahinya." (Ima, 28 tahun, Pegawai BUMN)

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Reaksi Anda ketika si kecil berbicara tidak sopan

Bagaimanakah sebaiknya orangtua bereaksi ketika si kecil berkata kurang pantas?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr