Lakukan ini ketika berat badan bayi Anda di bawah angka ideal

ASI tetap menjadi kunci utamanya

952 views   |   6 shares
  • Tidak semua bayi yang terlahir mungil berarti tidak sehat, pada beberapa kasus bayi yang terlahir dengan berat badan rendah dapat tumbuh sehat dan mengalami kenaikan berat yang baik. Namun Anda tentu akan merasa cemas dengan kesehatan si kecil, jika berat badan bayi Anda berada di bawah grafik pertumbuhan ideal, khususnya jika bayi Anda berusia 0-12 bulan. Ada beberapa penyebab bayi sulit menambah berat badan, hal ini perlu Anda ketahui apakah ada kelainan pada organ pencernaan, kesulitan menelan, pemberian ASI atau susu formula yang kurang baik, kesalahan pemberian makan dan lain sebagainya.

    Masalah kekurangan berat badan pada bayi sebenarnya dapat dicegah sejak masa kehamilan, dengan selalu menjaga kesehatan, mendapat asupan nutrisi dan gizi yang seimbang serta rajin memeriksakan kandungan ke dokter. Tetapi terlepas dari penyebab mengapa bayi Anda sulit menambah berat badan, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menunjang pertumbuhan si kecil:

  • 1. Berikan ASI setiap 2 jam

    Pada beberapa kasus bayi mungkin jarang untuk menangis ketika merasa lapar, jika hal ini terjadi pada bayi Anda, maka Andalah yang harus membuatkan jadwal pemberian ASI. Lakukan 2 jam sekali pada pagi siang dan sore dan minimal satu kali saat malam hari. Dengan memberikan ASI secara rutin akan efektif membantu menambah berat badan bayi.

  • 2. Air susu belakang

    Hindmilk (air susu belakang) sangat banyak mengandung lemak dan kalori yang tinggi, untuk itu sebaiknya bagi ibu yang menyusui dapat memerah terlebih dahulu selama 5 menit untuk mengeluarkan foremilk yang mengandung lebih banyak air.

  • 3. MPASI yang tepat

    Untuk bayi yang sudah dapat menerima asupan makanan pendamping selain ASI, Anda dapat memilih buah yang memiliki kandungan lemak sehat dan kalori yang padat seperti yang terdapat pada buah pisang dan alpukat. Pemberiannya dapat dalam bentuk bubur halus. Selain itu ubi manis juga baik untuk mendongkrak berat badan bayi karena memiiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.

  • 4. Pijat bayi secara teratur

    Pemijatan pada bayi diketahui sebagai salah satu cara menambah berat badan yang cukup efektif, karena dapat melancarkan sistem pencernaan pada bayi sehingga membantu penyerapan nutrisi dengan baik dan memacu nafsu makan.

  • 5. Tidur berdekatan

    Hal ini dapat meningkatkan hormon prolaktin atau keinginan untuk menyusui sehingga meningkatkan frekuensi bayi mengonsumsi ASI dan dapat menambah berat badannya.

  • 6. Jaga kualitas ASI

    Walaupun bayi Anda sudah mengonsumsi MPASI, Anda harus tetap menjaga kualitas ASI, pastikan Anda relaks dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi serta istirahat yang cukup.

  • 7. Pastikan bayi tidur cukup

    Bayi yang tidur cukup akan terjaga staminanya, aktivitas yang berlebihan pada bayi juga dapat menurunkan berat badannya. Selain itu tidur yang cukup sangat penting bagi bayi karena pertumbuhan bayi kebanyakan terjadi saat mereka sedang tidur.

    Itulah sejumlah cara yang dapat Anda terapkan untuk membantu menambah berat bayi Anda namun sebaiknya setiap upaya dilakukan disesuaikan dengan usia bayi dan bimbingan langsung dari dokter yang menangani kelahirannya serta selalu memonitor pertumbuhan yang terjadi seiring dengan usia dan berat badannya. Selamat mencoba!

Baca, hidupkan, bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr