8 aktivitas untuk mengisi waktu penerbangan yang panjang dan membosankan

Belasan jam berada ribuan kaki di atas permukaan laut, tentu bukan hal yang menyenangkan jika Anda tak punya rencana pengisi waktu. Lakukan 8 kegiatan ini sebagai pengisi waktu dan pemusnah kebosanan dalam penerbangan panjang Anda.

489 views   |   1 shares
  • Menempuh perjalanan antar negara, melintasi benua berbeda, perlu persiapan matang. Khususnya, jika Anda menggunakan pesawat terbang sebagai modal transportasi. Belasan jam berada ribuan kaki di atas permukaan laut, tentu bukan hal yang menyenangkan jika Anda tak punya rencana pengisi waktu. Belum lagi, Anda akan dibatasi oleh berbagai kondisi, yang membuat Anda tidak dapat seenaknya bersenang-senang.

  • Jika Anda berencana untuk melalui perjalanan panjang dalam penerbangan, inilah 8 kegiatan yang dapat Anda lakukan sebagai pengisi waktu dan pemusnah kebosanan:

  • 1. Membaca

  • Buku atau majalah favorit akan membuat Anda lupa waktu. Jika membawa koleksi novel atau komik terasa memberatkan bagasi, Anda dapat mengunduh versi elektroniknya. Dewasa ini, gadget pembaca elektronik menjadi krusial karena dapat menampung berbagai bacaan dalam satu genggaman. Pilihan lain, buku bertopik travel juga perlu Anda baca sebagai referensi apa yang akan Anda kerjakan dan kunjungi di tempat tujuan nanti. Daftar dari Oprah Winfrey ini dapat menjadi referensi Anda memilih bacaan menarik dalam perjalanan nanti.

  • 2. Menonton film

  • Anda tak sempat menonton sederet film blockbuster atau serial TV yang sedang hits? Inilah saat yang tepat untuk melakukan maraton menonton. Satu musim serial favorit Anda akan selesai bersamaan dengan waktunya pesawat Anda mendarat di bandara tujuan. Untuk film, jika Anda tidak ingin menonton film berbayar, berarti Anda perlu mengisi gadget Anda dengan unduhan yang Anda perlukan.

  • 3. Mendengarkan musik

  • Rileks, sebuah kondisi yang diharapkan Anda miliki untuk tetap tenang dalam menempuh perjalanan panjang ini. Sambil menenangkan diri, alunan melodi easy listening atau musik yang membuai Anda, sangat perlu Anda masukkan ke dalam playlist pemutar musik Anda. Tak melulu harus musik klasik, berbagai lagu populer, kini banyak diaransemen ulang menjadi bentuk instrumental yang begitu menghipnotis dan membantu Anda melupakan penat.

  • 4. Berbincang

  • Duduk berdampingan dengan seorang asing, mungkin membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika Anda berpergian sendirian, 'radar' Anda seolah menyala untuk selalu tetap waspada. Percayalah pada insting Anda, namun tak ada salahnya Anda berbasa-basi sejenak dengan rekan perjalanan Anda. Awali dengan percakapan umum seperti kondisi cuaca, tujuan perjalanan, maskapai, dan berita yang sedang populer. Apabila gayung bersambut dan percakapan mengalir natural tanpa Anda merasa risih, selamat, Anda baru saja memperluas jejaring Anda ribuan kaki dari daratan.

  • Advertisement
  • 5. Tidur

  • Apakah berhibernasi seperti beruang di musim dingin dapat dilakukan oleh Anda pada penerbangan panjang? Jawabnya, nyaris tidak mungkin. Kemungkinan besar, Anda hanya akanterlelap 2-3 jam seperti tidur siang atau "tidur-tidur ayam". Perbedaan situasi dan kondisi akan mengurangi kenyamanan tidur Anda. Untuk mengantisipasi Anda terjaga selalu dan memperburuk kondisi jet lag Anda nantinya, kenakan masker penutup mata, penyumbat telinga, dan bantal leher. Setidaknya, Anda mendapatkan tidur berkualitas, meskipun hanya terlelap beberapa jam. Hindari mengonsumsi obat tidur atau minuman beralkohol untuk membuat Anda tertidur. Minuman beralkohol akan membuat Anda lebih cepat haus dan berisiko membuat Anda dehidrasi. Sedangkan, efek samping obat tidur dapat membuat Anda tidak segar dan limbung, jika digunakan secara sembarangan. Menyesap secangkir teh chamomile akan membantu Anda lebih nyaman untuk beristirahat.

  • 6. Menulis

  • Menuangkan ide dan buah pikiran Anda dapat menjadi sarana pengisi waktu. Selain itu, jemari Anda pun ikut bergerak, tak hanya sibuk menekan layar sentuh gadget saja. Bawalah sebuah buku agenda dan pulpen. Tuliskan jurnal harian perjalanan, rencana-rencana, to-do-list, atau kumpulan ide untuk cerita karya Anda. Setelah tiba di tempat tujuan, Anda dapat membuatnya lebih rapi dengan mengetiknya di laman blog atau akun media sosial Anda.

  • 7. Bermain

  • Kegiatan ini sebenarnya akan lebih mengasyikkan dan menghibur jika dilakukan bersama kawan-kawan. Anda dapat board games sederhana seperti scrabble, monopoli, atau bermain kartu. Lain halnya, jika Anda terbang solo, Anda dapat memilih permainan tunggal dalam gadget Anda atau mengisi teka-teki silang, sudoku, dan word search.

  • 8. Berolahraga

  • Duduk dalam waktu yang lama akan membuat fisik dan mental Anda sama-sama melemah. Tubuh terasa pegal, otot-otot tegang, bahkan kegelisahan pun meningkat. Anda perlu rutin melakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot dan membuat tubuh lebih rileks. Berjalan-jalan di kabin secara berkala juga dapat membantu Anda tetap fit. Anda dapat melakukan simple plane exercises mulai dari kursi penumpang. Gerakan-gerakannya sederhana, melibatkan kaki, leher, lutut, dan punggung Anda. Alternatif lain adalah melakukan airplane yoga. Melakukan 18 gerakan yang dikombinasikan dengan teknik pernapasan yang khas, Anda akan merasakan bahwa Anda selalu tenang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

  • Advertisement
  • Petualangan baru menanti Anda. Jadi, mulailah perjalanan dengan penerbangan yang nyaman dan persiapkan diri sebaik mungkin, dimulai dari langkah pertama Anda meninggalkan tempat asal Anda.

Bantu kami menyebarkan

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

8 aktivitas untuk mengisi waktu penerbangan yang panjang dan membosankan

Belasan jam berada ribuan kaki di atas permukaan laut, tentu bukan hal yang menyenangkan jika Anda tak punya rencana pengisi waktu. Lakukan 8 kegiatan ini sebagai pengisi waktu dan pemusnah kebosanan dalam penerbangan panjang Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr