Yuk, singkirkan masalah dengan meditasi

Selami pikiran dan pandang masalah dengan lebih tenang lewat meditasi

387 views   |   3 shares
  • Mendengar kata 'meditasi' seringkali terbayang sebuah aktivitas duduk, diam dengan mata terpejam. Mudah dibayangkan namun sulit dilakukan. Aktivitas ini memang seringkali terkesan sulit bagi seseorang yang awam atau baru pertama kali mencobanya. Seringkali untuk baru memulai tidak jarang seseorang memerlukan bantuan dari orang lain yang sudah berpengalaman sebelumnya. Namun tahukah Anda, meditasi memiliki sejumlah manfaat positif.

  • Dilansir dari laman Frobes, Sebuah studi dari UCLA mengemukakan bahwa seseorang yang secara rutin mempraktikkan meditasi memiliki otak yang lebih 'awet' saat usia lanjut, ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Meditasi juga seringkali dijadikan sebagai alternatif sebuah proses penyembuhan di mana di dalamnya terdiri dari rangkaian aktivitas yang bertujuan untuk pemusatan pikiran dan perasaan demi tercapainya suatu tujuan (kesembuhan jiwa raga). Kegiatan ini menyelaraskan antara tubuh, jiwa dan pikiran menjadi lebih seimbang.

  • Berbagai macam metode meditasi bisa dilakukan, tergantung apa yang cocok bagi Anda. Jangan terlalu muluk-muluk memikirkan meditasi seperti apa yang harus dilakukan, cukup ambil 5-10 menit setiap hari, sesudah bangun pagi atau sebelum tidur malam untuk melakukannya. Pada dasarnya meditasi adalah bagaimana kita memberi ruang dan waktu khusus untuk menyelami pikirkan dan perasaan dengan tujuan dan berbagai manfaat yang positif. Apa saja yang dapat kita peroleh dengan meditasi? Berikut di antaranya:

  • Pikiran menjadi ringan

  • Menjalankan meditasi ringan secara rutin, dapat membantu beban pikiran menjadi lebih ringan. Lewat meditasi, kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk rileks sejenak dari semua hal yang membebani pikiran. Bukan berarti mengabaikan semua permasalahan yang sedang kita hadapi, tetapi dengan meditasi justru pikiran menjadi lebih positif sehingga mudah melihat dengan jernih permasalahan yang sedang kita hadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya.

  • Hati menjadi lebih tenang

  • Proses meditasi dan latihan mengasah konsentrasi dengan baik juga dapat memberi manfaat, salah satunya menjadikan hati menjadi lebih tenang. Saat mampu berpikir positif, secara otomatis kita juga akan memunculkan emosi-emosi yang lebih positif.

  • Tubuh lebih segar

  • Dengan meditasi kita diajak untuk memusatkan pikiran dan perasaan demi tercapainya sesuatu. Salah satu tujuannya adalah kesehatan fisik. Karena dalam meditasi, penting dilakukan olah pernapasan dengan baik. Bagaimana cara menarik napas dan menghembuskannya secara teratur, dapat membantu lancarnya peredaran darah di dalam tubuh serta peredaran darah di otak sehingga tubuh menjadi lebih segar.

  • Advertisement
  • Konsentrasi lebih baik

  • Begitupula secara psikologis meditasi dapat membantu pikiran dan emosi kita menjadi lebih baik. Ketika fisik dan psikis bersinergi dengan baik, maka daya konsentrasi pun akan semakin meningkat. Seperti tujuan awalnya yaitu pemusatan pikiran dan perasaan, maka secara tidak langsung hal itu juga membantu kita untuk berkonsentrasi pada satu hal sehingga lebih mudah mencari solusinya.

  • Kreativitas meningkat

  • Manfaat meditasi yang terakhir adalah meningkatkan kinerja fisik dan kreativitas dalam berkarya. Ini adalah manfaat jangka panjang dari sebuah proses meditasi. Pikiran yang tenang, emosi yang baik, fisik yang lebih segar, disertai dengan konsentrasi yang meningkat. Tentu saja kinerja sehari-hari akan mengalami peningkatan dan menjadi lebih positif.

  • Nah, tertarik untuk mencoba?

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Yuk, singkirkan masalah dengan meditasi

Selami pikiran dan pandang masalah dengan lebih tenang lewat meditasi
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr